Mengenal Lebih Dalam Tentang Bawang Hitam dan Manfaatnya

Bawang Hitam (black Garlic)  – Bawang hitam adalah bawang yang diolah dalam fermentasi dengan waktu yang cukup lama dan suhu yang cukup tinggi sehingga bawang berubah menjadi hitam hingga akhirnya disebut bawang hitam.

Bawang hitam bukanlah hal yang baru untuk kita kenal. Bawang hitam juga tidak didapat dari bahan-bahan alami. Akan tetapi bawang hitam diolah menggunakan tangan manusia sehingga bawang berubah menjadi bawang hitam.

Mengenal lebih dalam apa itu bawang hitam

Mungkin selama ini bawang yang biasa Anda kenal adalah bawang merah dan bawang putih, sedangkan bawang hitam terbilang jarang untuk Anda konsumsi. Kecuali bagi yang pernah mengonsumsi bawang hitam.

Memang bawang hitam (black garlic) merupakan tanaman yang tergolong langka sampai saat ini. Popularitas bawang hitam sudah mulai di eksport ke luar negeri terutama Amerika Serikat. Karena penikmat makanan di Amerika Serikat dengan adanya bawang hitam membuat makanan menjadi lebih gurih dan enak.

Sebenarnya bawang hitam dikenal sudah sejak ribuan tahun yang lalu khusunya China, Korea dan Jepang yang digunakan sebagai herbal atau suplemen kesehatan. Telah dipercaya bawang hitam memiliki khasiat 20 kali lebih ampuh dibandingkan dengan herbal lainnya.

Selain itu keunggulan bawang hitam terbukti lebih cepat dibandingkan dengan bawang-bawang pada biasanya. Bahkan dipertegas lagi reaksi yang diberikan bawang hitam 4 kali lebih unggul dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Perbedaan Bawang Hitam dan Bawang Putih

perbedaan bawang hitam

bawanghitam.co.id

Bawang putih sudah dikenal lama sejak ribuan tahun. Bahkan bawang putih juga terkenal ampuh mengobati kanker dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan dengan bawang putih dan bawang hitam, bawang hitam lebih ampuh 10 kali lipat dibandingkan dengan bawang putih mengatasi kanker dan penyakit lain sebagainya.

Didalam bawang hitam mengandung Antioksidan yang berperan membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Selain itu kandungan antioksidan di dalam bawang putih lebih sedikit dibandingkan dengan bawang hitam bahkan 2 kali lebih besar.

Di Indonesia khususnya Jakarta, restoran-restoran kelas menengah keatas sudah mulai memanfaatkan bawang hitam sebagai bahan olahan makanan. Dan terbukti rasanya pun jauh lebih menggiurkan dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Cara Membuat Bawang Hitam

cara membuat bawang hitam

bawanghitam.org

Bawang hitam dibuat menggunakan proses penyimpanan bawang putih yang utuh ditempatkan diruangan fermentasi dengan suhu kelembapan mencapai 60-70 derajat celcius.

Selama proses fermentasi berlanjut, Anda tidak perlu menambahkan-bahan-bahan lainnya. Bawang putih yang sudah difermentasi akan teroksidasi dan berubah warna menjadi hitam.

Dibutuhkan masa fermentasi kurang lebih selama 40 –  50 hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hal ini agar menjadikan tekstur bawang hitam berubah menjadi lembut.

Sedangkan rasanya pun berubah menjadi sedikit asam kecut.

Perubahan yang terjadi bukanlah disebabkan karena mikroba akan tetapi sebuah reaksi percoklatan yang disebabkan oleh enzim.

Menurut salah seorang dari Universitas Cina dan Jepang dengan hasil penelitiannya mengatakan bawang hitam merupakan herbal yang sangat berpotensi sebagai anti tumor. Hasil tes menggunakan hewan tikus sengaja dibuat sampai mengalami tumor dan setelah diberi asupan bawang hitam setengahnya berhasil sembuh dari penyakit tumor tersebut.

Hal ini kemudian dipublis kedalam jurnal yang ditulis seseorang yang bernama Wang, et al pada tahun 2010 lalu yang isinya adalah bawang hitam adalah obat herbal yang sangat berpotensi sebagai anti tumor.

Penelitian lain juga menggambarkan bahwa mengonsumsi bawang hitam juga berfungsi baik untuk mencegah penuaan dini. Hasil fermentasi bawang putih terbukti menambah kadar polifenol dan flavonoid setelah menjadi bawang hitam.

Polifenol dan flavonoid akan berkerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan penuaan dini. Disebabkan karena adanya sumber antioksidan yang mengikat radikal bebas yang menimbulkan kerusakan dalam tubuh.

Manfaat Bawang Hitam

manfaat bawang hitam untuk kesehatan

www.agemarker.com

  • Mengonsumsi bawang hitam dengan rutin dapat mencegah dan mengobati kolesterol, hipertensi, tumor dan kanker.
  • Mengonsumsi bawang hitam juga dapat mencegah keriput di bagian kulit terutama wajah. Sehingga membuat kulit terutama dibagian wajah menjadi semakin kencang.
  • Mengonsumsi bawang putih dapat membantu membersihkan atau mencuci darah kotor yang ada dalam tubuh.
  • Bawang hitam juga berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti paru-paru, asma dan batuk.
  • Mengonsumsi bawang hitam dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan membuang racun yang ada dalam tubuh.
  • Mengonsumsi bawang hitam juga berfungsi membantu mencegah terjadinya penyakit diabetes yang bekerja dengan cara mengkawal glukosa dalam darah sehingga meningkatkan hormon insulin.
  • Mengonsumsi bawang hitam dapat membantu mengurangi gejala parkinson.
  • Mengonsumsi bawang hitam dapat membantu mengeluarkan merkuri yang ada dalam tubuh.
  • Mengonsumsi bawang hitam dapat membantu memperbaiki sel jantung.

Sangat besar sekali manfaatnya jika Anda mulai mengonsumsi bawang hitam secara rutin. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi bawang hitam.

  • Bagi Anda yang memiliki sifat alergi pada bawang putih sebaiknya tidak mengonsumsi bawang hitam.
  • Bagi Anda yang ingin melakukan pembedahan dalam waktu yang singkat sebaiknya untuk tidak mengonsumsi bawang hitam.
  • bagi Anda yang sering merasa pusing karena migran ada baiknya untuk tidak mengonsumsi bawang hitam.

3 hal ini yang seharusnya Anda perhatikan dalam mengonsumsi bawang hitam. Apabila salah satu diantara 3 tersebut, Anda termasuk di dalamnya sebaiknya untuk tidak mencoba mengonsumsinya.

Cara Menjaga Kualitas Bawang Hitam

Mungkin sebagian banyak orang sudah mulai mengonsumsi bawang hitam, ada hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas bawang hitam (black garlic).

  • Jauhkan bawang hitam dari cahaya matahari. Tindakan ini berguna untuk menjaga rasa bawang hitam.
  • Simpan bawang hitam di suhu dingin (lemari es)
  • Pastikan bawang hitam tidak berada dalam tempat yang lembab.

Penting untuk menempatkan bawang hitam ditempat yang sudah disebutkan di atas. Hal ini bertujuan untuk menjaga semua rasa terhadap bawang hitam. Karena bawang hitam juga bisa dinikmati secara langsung.

Jika digambarkan secara jelas, bawang hitam menyamai dengan buah jelly dengan rasa manis hanya saja akan terasa sedikit asam.

“Keunggulan lainnya adalah bawang hitam tidak menimbulkan bau jika dimakan langsung lain halnya dengan bawang putih”.

Seiring berjalannya waktu, bawang hitam (black garlic) menjadi trend pasar tradisional.

Karena hampir seluruhnya diseluruh dunia makanan restoran khususnya restoran luar negeri yang rutin mengonsumsi bawang hitam untuk dijadikan resep makanan.

Sehingga masyarakat umumnya menjadikan bawang hitam untuk dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Bawang hitam sangat diminati banyak orang teutama kalangan menengah ke atas. Bahkan di negara asia seperti China dan Jepang menjadikan bawang hitam sebagai makanan cemilan kesehatan.

Di zaman yang serba ada seperti saat ini bawang hitam bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Karena bawang hitam ini begitu berpotensi sekali.

Terutama ada kaitannya dengan ilmu kesehatan.

One Response

  1. hendra September 15, 2016

Leave a Reply