Sedekahkanlah Hartamu di Jalan yang Benar, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

Sedekah dalam bahasa Arab yaitu shodaqoh. Apa yang dimaksud dengan Shodaqoh? Shodaqoh adalah memberi kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat ataupun infak.

Di dalam ilmu agama Islam bersedekah tidak harus mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Akan tetapi, sedekah juga mencakup segala amal perbuatan yang baik. Tertulis dalam sebuah hadist tentang hal ini, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Allah berfirman dalam surat An-Nisaa ayat 114 yang artinya:

”Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS An Nisaa [4]: 114).

Dengan senyum saja di dalam ajaran Islam sudah dianggap sedekah. Begitulah yang diajarkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam.

sedekah di jalan Allah

www.afs.org

Kembali kepada pokok pembahasan tentang bersedekah. Ada contoh kasus tentang kotak amal ilegal. Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai hal ini?

Tentu hal ini sangat mengecewakan. Dalam contoh kasus yang sudah ada sampai saat ini, ternyata mafia kotak amal sudah beredar dimana-mana.

Penting bagi umat beragama muslim untuk menyedekahkan sebagian hartanya di jalan Allah. Namun dengan adanya hal ini sebagian dari umat muslim pun ikut enggan untuk melakukan sedekah.

Sebenarnya sangat prihatin dengan hal ini, mafia kotak amal ini benar-benar sudah berkeliaran di setiap wilayah. Tindakan yang mereka lakukan yaitu dengan cara membuat kotak amal yang kemudian disebarkan setiap tempat seperti toko-toko dan warung makan.

Setelah di selidiki lebih dalam ternyata hal ini benar adanya. Kotak amal tersebut ternyata memang ada pemiliknya, sedangkan pemiliknya tidak dikenali siapa sebenarnya. Hal semacam ini tentu membuat kita kecewa. Telah diketahui bahwa, hal seperti ini adalah ciri atau modus seseorang untuk mendapatkan hasil yang tidak lazim. Na’uzubillahiminzalik.

Apa tindakan kita sebagai korban dalam menanggapi hal ini?

Secara personal, hal ini tidak semestinya diberantas. Bersedekah dimanapun dan kapanpun itu sudah memenuhi syariat Islam. Jangan hanya karena hal semacam ini hingga akhirnya kita sebagai umat beragama Islam jadi enggan untuk bersedekah.

Ada beberapa tempat yang seharusnya dijadikan sebagai tempat bersedekah yaitu:

  • Fakir Miskin
  • Anak Yatim atau Piatu
  • Masjid

Marilah kita terapkan di dalam diri masing-masing untuk dapat mengamalkan sedekah. Niat adalah pokok utama dalam bersedekah.

 

Hanya saja, akan lebih baik lagi kalau kita menyedekahkan sebagian harta kita kepada yang bersangkutan secara langsung. Tindakan semacam ini adalah akhlak yang mulia tentunya. Melakukan tindakan semacam ini tentu disertai dengan niat yang sudah ditanam di dalam hati.

Sekali lagi yang harus diperhatikan adalah berhati-hati dalam perkara ini. Sudah tidak sedikit tindakan kriminal semacam ini disekitar tempat tinggal kita. Marilah kita sama-sama berdoa agar mafia kotak amal ini dapat diselesaikan.

Untuk itu berhati-hatilah dalam bersedekah. Karena, hal ini sudah kerap kali terjadi. Bersedekahlah dengan niat dan disertai dengan hati yang tulus. Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’ala maha tahu apa yang apa yang ada di dalam hati manusia.

Mungkin cukup sampai di sini dulu terkait sedekah. Semoga dengan yang sedikit ini bisa bermanfaat. Sesungguhnya yang benar datangnya dari Allah Subhanahu Wata’ala dan yang salah datang nya dari saya. Akhirul Qalam, Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

One Response

  1. purnomo August 9, 2016

Leave a Reply