Cara Efektif Budidaya Jahe Merah dalam Karung

Budidaya jahe merah – Menanam jahe dengan sistem bag culture telah lazim ditangani oleh para petani. Karena beberapa alasan yang menyebutkan bahwa kurangnya ketersedian tempat atau area yang cocok untuk budidaya jahe.

Kami menjual jahe gajah. Bagi Anda yang berminat bisa hubungi nomor di bawah ini.

081297417222 A/n Andika

jual jahe gajah

Doc Pribadi

doc pribadi

doc pribadi

jual hasil panen jahe gajah

doc pribadi

Jika setiap individu memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami apotik hidup hal ini akan memudahkan siapa saja untuk mendapatkan obat alami.

Menggunakan ruang atau lahan kosong di lingkungan tempat tinggal Anda tidaklah sulit, kita bisa memakai polybag atau pot untuk ditanami sampai menjadi bibit. Sekitar beberapa minggu tanaman yang Anda tanam sudah bisa dipindahkan di lahan yang sudah disediakan.

Satu diantara tanaman obat yang bisa kita tanam yaitu jahe merah. Selain ada unsur kesehatan jahe juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan disaat sekarang ini.

A. Budidaya Jahe Merah Dalam Karung

Cara budidaya jahe merah

Youtube.com

Proses budidaya atau menanam jahe merah tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyandingkan jahe dibagian sela-sela tanaman diantaranya, batang kopi, coklat, jagung, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk media tanam jahe itu sendiri Anda bisa menggunakan karung, polybag, yang telah diisi dengan tanah atau bokashi.

Kemudian tindakan lain yang dibutuhkan adalah perawatan sederhana yaitu dengan cara pemupukan rutin. Jenis pupuk yang digunakan adalah bokashi dan SOT HCS yang nantinya Anda siram dibagian bibit yang sudah ditanam.

Untuk penyiraman menggunakan SOT HCS hanya butuh penanganan dalam dua minggu sekali. sedangkan untuk pengisian bokashi dilakukan seiring pertumbuhan tunas bibit jahe sampai polybag terisi dengan ketinggian sekitar 80%.

Setelah polybag terisi penuh dengan bokashi dan tanah, tindakan Anda selanjutnya adalah memberikan perawatan tanam jahe sampai waktu panen tiba. Pada biasanya lama waktu panen hingga 10 sampai 12 bln. Jika tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, kita bisa ikuti sebagian langkah menanam jahe merah dalam karung berikut ini.

B. Cara Pembibitan Jahe

cara pembibitan jahe

www.tokopedia.com

Sebenarnya dari sekian banyak tanaman kesehatan yang paling mudah adalah budidaya jahe dan budidaya mengkudu.

Bagi Anda yang punya masalah pada bagian intim jualcrystalxasli.net menjual cristal x asli dari PT Natural Indonesia.

Anda bisa beli bibit jahe yang sudah siap tanam atau yang telah bertunas sekitar 5 – 10 cm. Apabila Anda kesulitan mendapatkan bibit tunas jahe kita bisa juga menyemai bibit ini sendiri di halaman rumah. Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menyemai bibit jahe salah satunya adalah penyemaian dalam kotak kayu.

Langkah pembibitan jahe bisa ditangani dengan memilah rimpang jahe yang baru dipanen lalu dijemur sebentar dan disimpan sekurang-kurangnya sepanjang satu sampai dua bulan. Patahkan rimpang jahe menggunakan tangan

Kemudian masing – masing potongan mempunyai tiga sampai lima tunas lalu dijemur di bawah matahari kurang lebih selama satu hari.

Sebelum bibit jahe disemai, Anda perlu membersihkan bibit sampai benar-benar steril untuk menghindari virus penyakit tanaman. Pembersihan virus bisa juga ditangani dengan mencelupkan bakal bibit yang sudah dikemas dalam karung tadi kedalam PHEFOC HCS kurang lebih selama lima menit kemudian keringkan.

Setelah bakal bibit kering, rendam kembali menggunakan zat pengatur SOT HCS kurang lebih selama empat jam. Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan bibit jahe yang akan ditanam. Setelah selesai direndam tiriskan bakal bibit hingga kering.

Setelah proses ini telah Anda lakukan kemungkinan besar bibit sudah siap untuk disemaikan.

C. Cara Menanam Jahe Merah

bibit jahe merah

www.klikcara.com

Ambil bakal bibit yang telah disemaikan, kemudian Anda patahkan rimpang jahe tersebut menggunakan tangan hingga menjadi 2 – 3 ruas.

Dimana masing-masing ruas mempunyai minimal dua mata tunas. Lalu, buat gabungan tanah dengan bokashi dengan perbandingan tiga banding satu.

Input gabungan tanah dan bokashi tersebut kedalam polybag atau karung dengan ketinggian 15 cm.

Apabila Anda menggunakan karung, cocokkan tinggi karung melalui langkah melipat segi atas karung agar peroleh ketinggian yang sama.

Lantas input tunas bibit jahe dalam polybag atau karung yang telah di isi gabungan tanah dan bokashi. Dalam satu karung cukup di isi sekitaran 2-3 titik tanam supaya hasil yang didapat maksimal.

D. Cara Merawat Jahe Merah

cara merawat jahe merah

mohiyosrosyid.wordpress.com

Proses perawatan dan pemupukan jahe merah ini tergolong cukup mudah. Anda hanya butuh menyiram tanaman jahe merah paling sedikit satu kali dalam sehari. Tetapi ini dilakukan ketika suhu dibawah 28 derajat selsius.

Apabila suhu mencapai 28 derajat selsius sebaiknya Anda melakukan perawatan yaitu dengan menyiramkan jahe paling sedikitnya 2x sehari.

Ketika jahe berusia sudah mencapai 2 – 4 minggu lakukan pengocoran dengan menggunakan fermentasi SOT HCS.

Lakukan kembali pengurukan karung atau polybag secara gabungan menggunakan tanah dan bokashi dengan perbedaan tiga dibanding satu.

Apabila jahe berada diusia 2 – 3 bulan terlihat rimpang itu berarti jahe mulai mengembul keluar. Lakukan system pengurukan ini berkali-kali.

Kemudian perhatikan juga perubahan jahe dalam usia 8 bulan atau sampai polybag dan karung terisi penuh.

Dengan teknik sederhana ini Anda akan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Karung atau polybag yang kita gunakan untuk bubidaya jahe akan terisi penuh dengan rimpang jahe.

Bahkan ada sebagian petani yang memanen jahe perkarungnya adalah 20 kg. Apabila tutorial di atas sudah Anda lalui selama 8 – 10 bulan, sudah saatnya Anda menikmati hasil panen dari budidaya jahe merah.

Bahkan dari sekian banyak petani yang sudah menggeluti tanaman lain. Kemudian mencoba untuk beralih kepada jahe merah.

Sekian penjelasan tentang budidaya jahe merah yang dirangkum oleh hidupmulia. Semoga menambah pengetahuan kita. Terimakasih.

Leave a Reply