6 Jenis Bunga Melati Favorit di Dunia

Bunga melati – Bagi pecinta bunga sejati  akan terasa kurang jika tanpa bunga melati “Tak ada bunga melati tandanya tak cinta”.

Bunga melati merupakan salah satu spesies tanaman bunga hias berbatang tegak yang hidup menahun. Bunga melati terdiri dari beberapa jenis yang telah ditemukan.

Tahukah Anda jenis bunga melati apa saja yang memiliki keistimewaan sehingga menjadi bunga favorit di dunia? Nah berikut ini saya akan mengulas 6 jenis bunga melati favorit di dunia.

1. Melati Bintang

jenis bunga melati favorit

pixabay.com

Tanaman ini disebut melati bintang karena bunga mahkotanya berbentuk bintang. Bintang dilangit juga berwarna putih sama halnya dengan melati bintang sehingga wajar kalau tanaman ini menjadi bunga melati favorit di dunia.

Pada umumnya bunga melati bintang hanya menjadi bunga hiasan rumah sehingga sangat tepat jika disebut sebagai bunga favorit. Melati bintang juga tumbuh dengan batang yang cukup kuat sehingga perkembangannya cukup besar.

Baca : 15 Daftar Nama Bunga Terlaris Di Dunia

2. Melati Gambir

jenis bunga melati favorit

www.satujam.com

Kalau dilihat sekilas melati gambir sangat mirip dengan tanaman kamboja putih. Tapi itu dilihat sekilas pada bagian bunganya walau sebenarnya jauh berbeda karena pohonnya saja beda begitu juga dengan daunnya. Tapi kalau dilihat bunganya emang seperti bunga kamboja putih.

Melati gambir adalah tanaman berbau harum dan pohonnya pun cukup besar dan kuat. Setiap pucuk yang tumbuh bunga juga dengan ukuran yang cukup besar.

Biasanya jenis bunga melati gambir dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah. Jika Anda ingin mencoba untuk menanam melati gambir sebaiknya hindarkan dari pot karena melati gambir dapat tumbuh besar yang menimbulkan pot menjadi rusak.

3. Melati Jepang

jenis bunga melati

alamendah.com

Diantara spesies Melati di dunia melati Jepang juga menjadi bunga favorit. Melati Jepang memiliki pohon yang cukup kecil namun istimewanya bunga hampir menyerupai melati putih.

Hanya saja pada bagian tengah bunga terdapat warna ungu dan kelopak bunga yang berwarna putih. Dua warna berbeda inilah yang membuat melati Jepang menjadi bunga Favorit.

Perbedaan melati Jepang dengan melati lainnya adalah baunya. Kalau melati Jepang sudah pernah ada di pekarangan rumah Anda, kamu akan dapat membedakan melati Jepang dengan melati lain. Kalau melati putih selalu menimbulkan aroma wangi setiap waktu sedangkan bunga melati Jepang Jarang sekali mengeluarkan bau harum.

Baca : 35 Makanan Khas Jepang yang Bikin Lidah Kamu Bergoyang

Bagi Anda pecinta bunga biasanya melati Jepang hanya ditanam di dalam ruangan yang terkena cahaya.

4. Melati Putih

jenis bunga melati

labsayablogspot.com

Nah, inilah dia bunga favoris di dunia melati putih. Jenis melati putih memiliki penggemar cukup tinggi dari kalangan pecinta bunga. Mengapa? Karena dari segi ukurannya yang kecil melati putih juga mendatangkan bau yang sangat harum.

Istimewanya, bunga melati putih juga menjadi bahan olahan teh. Jadi kalau Anda memang pecinta teh, bunga melati adalah salah satu campurannya.

Bunga melati putih mempunyai pohon yang menjalar dan pohon cukup rendah. Sehingga pertumbuhan dan perkembang biakan melati putih cukup dengan metode tanam menunduk. Selain itu melati putih juga dapat mekar dalam satu musim yaitu musim hujan.

5. Melati Raja

jenis bunga melati

jeqweb.com

Melati raja merupakan salah satu spesies bunga melati terbesar. Bunga melati raja dapat tumbuh dalam ukuran yang besar dan dipenuhi dengan mahkota bunga yang cantik. Sehingga pantas diberi nama mahkota bunga yang lebat inilah menjadikan melati ini disebut sebagan melati raja.

Tanaman yang satu ini dapat ditanam di lahan yang luas karena akan tumbuh besar merimbun. Ukuran pohon yang cukup besar juga dapat menimbulkan bau harum ditambah dengan warna bunga yang indah.

Bagi Anda pecinta bunga akan sayang jika tidak mencoba menanam bunga melati raja di pekarangan rumah.

Baca : Jenis Pisang Terlaris Sepanjang Masa

6. Melati Kuning

jenis bunga melati

pixabay.com

Dari beberapa spesies bunga melati hampir seluruhnya kelopak dilingkari dengan warna putih. Berbeda dengan bunga melati kuning.

Melati kuning memiliki karakter yang berbeda dari melati lainnya. Adapun melati lain mengeluarkan bau harum sedangkan bunga melati kuning tidak hanya saja warnanya bunga cukup eksotis.

Khusus untuk bunga melati kuning ini Anda bisa menanam di lahan yang luar dengan menggunakan pot agar dapat dipindah kemana saja. Yang terpenting adalah dekatkan dengan cahaya matahari agar dapat berfotosintesis.

One Response

Leave a Reply