Cara Membuat Bunga Cantik dari Kertas Krep Warna

Bunga merupakan tumbuhan hidup yang cenderung difungsikan untuk tanaman hias. Tak jarang kalau bunga jug menjadi tanda sebagai rasa seseorang seperti duka cita, jatuh cinta dan lain sebagainya.

Di dalam bunga juga menjadi pilihan hewan berupa kumbang sebagai makanan sehari-hari karena bunga menyimpan manisan yang bisa mengundang hewan lain untuk dinikmati. Selain itu, manisan ini juga bisa digunakan untuk perawatan wajah

Logo bunga juga dijadikan sebagai lambang negara dan pastinya sering difungsikan untuk undangan pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Nah, kesempatan kali ini kami akan menyajikan untuk Anda yang luar biasa tentang cara membuat bunga dari kertas.

Bunga dari kertas adalah sebuah kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha modern sepanjanga masa.

Untuk bahan yang biasa dijadikan bunga ada bermacam-macam jenis diataranya yakni sedotan, kertas, kain flanel, kertas krep warna, pita dan kulit jagung. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat bunga dari kertas krep warna.

Baca : 15 Daftar Bunga Angrek Langka yang harus Dilindungi Sepanjang Waktu

Berikut ini yang harus Anda siapkan untuk membuat bunga dari kertas krep :

Lihat juga video berikut ini, jika sudah, Anda dapat melanjutkan ke artikel dibawah.

Alat dan Bahan

  • Kertas krep warna, kertas karton atau bisa juga menggunakan tisu warna
  • Gunting
  • Benang besi, yang akan digunakan untuk tangkai bunga
  • Kertas untuk membungkus tangkai bunga
  • Selotip, stapler dan atau lem
  • Foto atau manik-manik dengan ukuran kecil sebagai bahan tambahan
  • Setelah semua peralatan dan bahan yang diperlukan sudah tersedia, selamat mencoba

Langkah-langkah

Untuk Langkah Awal buat Kelopak Bunga Terlebih Dahulu

Tutorial Membuat Kelopak Bunga

eskipaper.com

Siapkan kertas krep warna satu atau dua lembar agar  kelopak bunga terlihat lebih besar. Tentukan warna yang sesuai dengan bunga yang akan Anda kerjakan. Hal ini bertujuan untuk menjadikan bunga terlihat seperti hidup. Proses membuat kelopak bunga yaitu potong kertas warna dengan ukuran panjang 2,5 cm, Gunting bagian-bagian tertentu sehingga membentuk seperti kelopak bunga. Buat kelopak bunga dengan jumlah minimal 6 – 8 buah.

Agar dapat memudahkan Anda dalam membuat kelopak bunga yang baik, buatlah pola terlebih dahulu pada kertas krep warna, kemudian gunting mengikuti bentuk pola yang ada. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, Anda dapat membuat 6 kelopak bunga dengan ukuran yang berbeda, jika itu mempersulit, boleh untuk menyesuaikan ukurannya

Setelah kelopak bunga selesai, gulung dengan menggunakan alat tulis berupa pensil atau pulpen di awali dari ujung kertas kemudian ke bagian tengah. Dengan menggunakan alat bantu pulpen akan menjadikan karya Anda akan terlihat hidup sama seperti aslinya.

Baca : 15 Daftar Bunga Hias Terlaris Sepanjang Tahun

Membuat Bagian Tengah Bunga

Tutorial Membuat Bagian Tengah Bunga

novicejournal.wordpress.com

Pada tahap ini, Anda bisa menghias bagian tengah bunga. Gunakan bahan apa saja untuk menghias bagian tengah bunga supaya lebih berwarna dan hidup. Anda juga bisa menambahkan putik bunga agar serupa dengan bunga asli.

Mungkin Anda juga bisa menambahkan yang lainnya menuruti kreativitas masing-masing. Ini akan jauh lebih unik dibandingkan dengan yang pernah orang lain buat.

Setelah bagian tengah bunga selesai, susun kelopak yang sudah jadi sehingga membentuk sebuah bunga. Lalu gunakan lem untuk menempelkan kelopak bunga ke bagian tengah. Tunggu hingga kering, Anda akan melihat hasil karya yang sedang dibuat.

Membuat Tangkai Bunga

Teknik Membuat Tangkai Bunga

sites.psu.edu

Setelah bagian atas bunga selesai, tentu Anda tidak ingin kerja setengah-setengah. Sehingga melanjutkan langkah berikutnya.

Untuk bisa membuat tangkai bunga Anda bisa memanfaatkan alat yang ada seperti sumpit, benang besi, ranting kecil atau tangkai pohon buatan. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan alat-alat ini dirumah, di beberapa toko juga menyediakan berbagai macam jenis tangkai bunga yang dapat membantu karya Anda tadi.

Baca : Inilah Jenis Tanaman Bunga Terbesar di Dunia

Menempelkan Bunga pada Tangkai

Teknik Menempelkan Tangkai Bunga

freetwitterheaders.net

Pada tahap ini, sudah hampir selesai hasil karya yang akan Anda buat. Jika kelopak bunga dan tangkai sudah selesai, langkah selanjutnya adalah menyatukan tangkai dan bunganya agar menjadi lengkap. Untuk bisa merekatkan tangkai pada bunga Anda bisa memakai selotip, lem, atau menggunakan stepler.

Agar bunga dan tangkainya tidak mudah lepas, lem terlebih dahulu bagian tangkai yang akan diselipkan ke bagian bunga yang tersedia. Kemudian kita tekan tekan dan tahan tangkai untuk memperkuat. Diamkan hingga lem mengering.

Setelah itu, balut bagian ujung tangkai yang menyatu dengan bunga dengan menggunakan selotip sehingga keduanya menyatu dengan sempurna. Anda bisa mewarnai selotip dengan warna yang sesuai dengan bunga .

Tambahkan Daun pada Tangkai

Membuat daun bunga dari kertas

www.etsy.com

Untuk mendapatkan tampilan yang unik, tambahkan daun sebagai pelengkap tumbuhan bunga yang sedang kamu buat.

Tahap membuat daun adalah siapkan kertas warna lalu gunting hingga membentuk seperti daun yang ada pada bunga yang sudah Anda kerjakan di awal. Lalu, gambarkan rusuk pada daun kertas dengan menggunakan pensil.

Apabila pada tahap ini kamu merasa kesulitan, tiap-tiap toko juga menyediakan daun yang sudah siap pakai. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan karya yang sedang di buat. Setelah karya yang Anda buat tadi selesai, jangan pernah berhenti sampai disana. Lanjutkan untuk berusaha membuat yang jauh lebih baik dari hasil semula.

Keterampilan bunga dari kertas ini juga bisa dijadikan peluang usaha modal kecil. Bahkan bunga dari kertas ini menjadi trend karena keunikan dan variasi bentuk bunga yang luar biasa unik. Umumnya, bunga dari kertas ini ramai dipasarkan dihari-hari besar keagamaan seperti Natal, Idul Fitri dan acara besar lainnya.

Cukup mudah bukan? Semoga artikel ini memudahkan Anda dalam berkarya. Kembangkan kreativitas yang Anda miliki jika bunga dari kertas ini bisa membangunkan kehidupan Anda. Sekian dan terima kasih.

2 Comments

  1. gaya modern June 6, 2016
  2. Novita Rahma August 10, 2016

Leave a Reply