Cara Membuat Gambar Doodle Art Penuh Makna dengan Berbagai Tema

Cara Membuat Doodle Art – Sebagian orang masih ada yang belum kenal doodle art begitu juga dengan cara pembuatannya. Satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa siapa aja bisa membuat doodle salah satunya adalah kamu?

Mengapa demikian? Karena, doodle art adalah gambar sederhana dalam bentuk abstrak. Biasanya, setiap orang telah membuat doodle tanpa ia sadari, mungkin hal ini dilakukannya pada saat dihampiri sebuah kejenuhan karena pada dasarnya membuat doodle art dapat mengusir kejenuhan.

Membuat Doodle art dapat meningkatkan keterampilan artistik. Bagaimana cara membuat doodle art? Pastinya bisa kamu pelajari dengan mudah, sebelum itu simak dulu penjelasan tentang doodle art.

Apa sih Doodle Art itu?

cara membuat doodle art

Blog Prihutama

Sebelumnya kita sudah menyinggung tentang doodle bahwa setiap orang sudah membuat doodle art tanpa ia sadari sebelumnya. Kata doodle berasal dari bahasa Inggris, sedangkan dalam bahasa Indonesia adalah mencoret, jadi secara penggabungan kata adalah doodled yang berarti “mencoret-coret”

Nah, baru sadar nih kalau kamu juga pernah membuat doodle hehe.

Membuat doodle juga bisa bermacam-macam, mulai dari gambar binatang, huruf atau hanya coretan abstrak aja.

Cara paling praktis membuat doodle art yaitu mengandalkan sebuah buku untuk di corat-coret. Biasanya hal ini cenderung dilakukan oleh seorang pelajar dalam keadaan bosan sehingga buku pelajaran menjadi pelampiasan untuk membuat doodle art.

Gak jarang juga kalau membuat doodle art bisa dilakukan dalam keadaan menelpon dalam waktu lama.

Saat ini banyak seniman yang mengembangkan cara membuat doodle art. Sehingga coretan biasa menjadi doodle art yang luar biasa. Doodle art juga dikembangkan menjadi gambar yang mempunyai makna dan penuh arti.

Baca : Cara Membuat Gelang Cantik dari Tali Kur

Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Doodle Art

Membuat karya seni doodle art tidak membutuhkan peralatan yang banyak, cukup seadanya. Peralatan utama yang dibutuhkan yaitu pensil dan kertas, dengan modal ini kamu sudah bisa membuat doodle art.

Namun akan lebih lengkap jika peralatan yang tersedia lebih banyak agar karya seni yang kamu tampilkan lebih hidup karena membuat doodle art adalah kebanggan tersendiri.

Membuat karya seni doodle art agar mampu menarik perhatian orang dibutuhkan peralatan yang lengkap. Berikut ini alat yang harus kamu siapkan sebelum memulai kesenian doodle art :

  • Buku Sketsa
  • Tinta Pena
  • Pensil
  • Spidol marker
  • Stabilo
  • Pulpen
  • Arang
  • Kapur
  • Pensil Warna
  • Cat
  • Dan kebutuhan lainnya

Kalau semua peralatan ini udah tersedia lengkap, saatnya untuk mempraktikkan langsung. Dalam membuat doodle art dibutuhkan skil jam terbang dan yang utama adalah praktik.

Baca : Cara Membuat Bunga Cantik dari Kertas Krep Warna

Langkah Awal Membuat Doodle Art

Kalau semua perlengkapan sudah tersedia, waktunya untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk bisa membuat doodle art yang menarik.

  1. Temukan Sebuah Inspirasi

Bagi seorang pemula, langkah awal dalam membuat doodle art yaitu Inspirasi. Inspirasi sangat dibutuhkan karena seni coret (doodle) berawal dari akal pikirian.

Menemukan inspirasi untuk membuat doodle art juga tidak rumit seperti seorang pelukis profesional yang ingin membuat sebuah mahakarya seni lukis.

Ide atau inspirasi bisa kamu dapatkan dari sebuah tindakan perasaan, peristiwa, orang, tempat, lagu favorit, lingkungan sekitar atau mungkin dimulai dari nama kamu sendiri yang nanti bias diaplikasikan ke dalam doodle art.

Sedangkan bagi orang yang memiliki sifat seni lukis dalam dirinya ide dan inspirasi akan mudah muncul seketika.

  1. Ekspresikan Diri Mu

Membuat doodle art tidak memaksakan sebuah gambar yang serupa dalam satu sketsa, sehingga kamu dapat mencoret banyak hal yang terlintas di pikiran kamu.

Contoh, pada saat terlintas di pikiran kamu tentang bunga, maka gambarlah bunga, kemudian di susul dengan rumah disertai dengan orang yang sedang menyiram tanaman di halaman rumah tersebut.

Kolaborasikan semua imajinasi yang kamu miliki kemudian limpahkan dalam sebuah konsep untuk dijadikan doodle art. Kembangkan imajinasi yang kamu miliki sehingga doodle art terlihat seperti hidup.

Artikel Terkait : Cara Membuat Gelang Cantik Dari Tali Sepatu

Membuat Doodle Art dengan Tema

Bagi siapa saja yang ingin belajar cara membuat doodle art, lengkapi terlebih dahulu peralatan di atas. Begitu juga dengan kamu yang ingin serius mendalami seni doodle art, perlengkapan di atas harus segera dipersiapkan.

Sebelum mendapatkan ide, tentukan tema yang akan kamu buat terlebih dahulu. Dengan berbagai tema, semua ide (inspirasi) akan mengalir dengan sendirinya.

Agar lebih memudahkan kamu, sebaiknya pilih tema gambar yang diminati kalangan umum seperti doodle bunga, hewan dan nama.

Nah, berikut ini contoh tema yang bisa kamu jadikan bahan inspirasi dalam membuat doodle art :

Membuat Doodle Art Bunga

Doodle art tema bunga sangat diminati banyak orang terutama wanita. Keindahan bunga mampu memukau siapa saja, kalau kamu ingin tahu alasan kenapa orang menyukai bunga silahkan baca di sini. Link

Berikut ini sejumlah ide yang dapat kamu kembangkan dalam membuat doodle art dengan tema bunga :

  • Gambarlah sebuah taman yang dilengkapi dengan bunga-bunga cantik
  • Gambarlah sebuah pot, tambahkan jenis bunga favorit kamu ke dalam pot tersebut
  • Gambarlah bunga matahari yang mengarah kearah langit
  • Gambarkan jenis bunga seperti mawar,anggrek yang menyatu antara keduanya
  • Gambarlah bunga yang memiliki nilai penjualan yang sangat tinggi seperti bunga mawar

Membuat Doodle Art Nama

Doodle nama biasanya dimulai dari tahap awal. Sebagai pemula cocoknya membuat doodle art nama karena sangat mudah tanpa harus berkolaborasi dengan objek lainnya.

Gambar doodle art nama bisa kamu mulai dengan nama kamu sendiri.

Berikut ini beberapa inspirasi atau ide yang bisa memotivasi kamu dalam membuat doodle art nama :

  • Membuat doodle nama dengan jenis font yang berbeda
  • Membuat doodle nama mulai dari ukuran kecil ataupun besar
  • Membuat doodle nama dalam bentuk ukuran yang besar, kemudian setiap huruf didesain sesuai ide yang kamu miliki
  • Membuat doodle nama dengan berbagai variasi singkatan contoh, Hardyandra Ramadhan Spd, Fathur Rohman SE, Muhammad Hafidz, SAi.

Membuat Doodle Art Hewan

Membuat doodle art tidak sesulit membuat lukisan. Ada banyak inspirasi yang bisa dikembangkan dalam membuat doodle. Hewan juga bagian dari inspirasi corat-coret doodle art.

Berikut ini inspirasi yang bisa kamu kembangkan dalam membuat doodle dengan tema hewan :

  • Gambarlah semua jenis hewan yang hidup di hutan seperti singa, monyet, ular, macan, dan lain sebagainya dan tambahkan pohon-pohon besar di dalamnya
  • Gambarlah Hewan yang hidup di air seperti paus, hiu, ubur-ubur, pari, lele dan dan lain sebagainya kemudian tambahkan batu-batu karang di air tersebut
  • Gambarlah hewan kecil kesayangan seperti kucing, anjing, hamster, dan lain sebagainya dan tambahkan rumah beserta rumput-rumput hijau disekelilingnya.

 

One Response

  1. pokoknya January 26, 2017

Leave a Reply