Cara Membuat Gelang Cantik Menggunakan Bahan Dasar Tali Sepatu

Cara membuat gelang – Gelang adalah sebuah perhiasan melingkar yang dilekatkan di bagian pergelangan. Sebagian orang yang menyukai aksesoris gelang biasanya mengenakan di tangan dan pergelangan kaki sehingga disebut gelang tangan dan gelang kaki.

Wikipedia menyebutkan fungsi gelang sebagai perhiasan untuk menandakan status seseorang yang digunakan sejak dahulu kala.

Gelang pada umumnya dibuat menggunakan bahan yang cenderung awet dan berharga yaitu diantaranya adalah emas, mutiara, perak dan logam. Sehingga gelang menjadi sebuah kebanggaan bagi si penggunanya.

Pada saat ini gelang dibuat menjadi bermacam-macam variasi diantaranya menggunakan tanda label, tag, atau nama yang bertuliskan identitas seseorang yang menggunakannya.

Namun bagaimana jika gelang yang terbuat dari bahan dasar tali sepatu? Nah, dikesempatan kali ini saya selaku penulis akan menguraikan satu persatu tentang cara simpel membuat gelang dari bahan tali sepatu bekas.

Eksistensi gelang ini bukanlah hal baru di Indonesia melainkan banyak peminat terutama remaja dan anak-anak.

Baca : Cara Membuat Bunga Cantik dari Kertas Krep Warna

A. Gelang Tali Sepatu Biasa

cara membuat gelang

Youtube.com

1. Alat dan Bahan

Alat yang diperlukan untuk membuat gelang tali sepatu bekas adalah:

  • Tali sepatu
  • Lem super
  • Gunting
  • Korek api

2.Langkah-langkah Pembuatan Gelang

Mula-mula ukurlah panjang tali sepatu menyesuaikan lingkar pergelangan tangan kamu. Kalau sudah, potong tali sepatu yang telah diukur menggunakan alat seperti gunting atau korek api.

Agar tali sepatu tidak terlihat membekas, nyalakan lilin yang tadi kamu siapkan, lalu bakarlah bekas guntingan secara perlahan agar potongan tali tersebut terlihat rapih.

Apabila tali telah dipotong rapih, lilitkan tali sepatu tadi mengikuti lingkar pergelangan tangan kamu kemudian lekatkan ujung tali tersebut menggunakan lem. Diamkan hingga kering, apabila lem di ujun tali mengering gelang siap digunakan sebagai penghias tangan dan kaki kamu.

Baca : Cara Merajut dengan Teknik Chrochet

Video Cara Membuat Gelang

 

B. Gelang Tali Mutiara

cara membuat gelang

wolfesndq.soup.io

Tali sepatu mutiara jika diperhatikan mungkin akan sedikit sulit, karena memang gelang ini bentuknya lebih cantik dibandingkan dengan gelang lainnya.

Kamu juga dapat membuatnya sendiri dirumah, jadi tidak perlu khawatir dengan gelang cantik yang satu ini. Langkah-langkah serta alat yang harus kamu sediakan adalah:

Baca : Cara Membuat Gelang Cantik Dari Tali Kur

1. Alat dan Bahan

Membuat gelang cantik mutiara ini memang membutuhkan skil yang cukup baik, serta dibutuhkan ke hati-hatian dalam membuat gelang tersebut. Alat dan bahan yang perlu kamu siapkan yaitu:

  • Tali sepatu warna (terserah mengikuti warna yang kamu inginkan)
  • Mutiara
  • Jarum dan benang (Mengikuti warna tali yang sebelumnya kamu siapkan di awal)
  • Korek api
  • Gunting

2. Langkah-langkah

Apabila semua alat-alat sudah tersedia dengan baik, langkah berikutnya adalah cara pembuatan gelang mutiara, yuk simak.

Pertama-tama yang perlu kamu kerjakan adalah alat jarum dan benang. Sematkan benang dengan jarum terlebih dahulu, apabila jarum dan benang telah menyatu, sematkan mutiara dengan jarum jahit yang sudah menyatu dengan tali tadi ke bagian tali sepatu.

Kemudian ikat dan jahit melingkari mutiara yang sudah menempel. Kamu bisa menambahkan bentuk yang bervariasi dengan cara membentuk tali hal ini menjadikan gelang yang kamu buat menjadi terlihat unik cantik.

Apabila semua mutiara telah menempel dengan tali sepatu tersebut guntinglah bagian ujung tali sepatu dengan menggunakan api lilin. Hal ini akan membuat bekas potongan gelang tidak terlihat membekas dan berbulu.

Kemudian ikatlah ujung tali dengan rapih dan sekarang gelang mutiara cantik siap membuat tangan menjadi tampil beda.

Video Cara Membuat Gelang Tali Mutiara

C. Gelang Tali Sepatu Kepang

cara membuat gelang

www.cutoutandkeep.net

Mengikuti penjelasan dan contoh di atas, gelang tali sepatu juga bisa membentuk ikatan kepang. Seperti yang telah kita ketahui bersama kepang memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadikan gelang tali kepang tersebut tidak kalah cantiknya dibandingkan dengan gelang lain.

Nah, berikut ini yang harus kamu siapkan dalam membuat gelang sepatu kepang.

Baca : Sejarah dan Keindahan Tempat Wisata Danau Toba

1. Alat-alat dan Bahan

  • Tali sepatu warna sesuai keinginan kamu masing-masing, sediakan paling sedikitnya tiga buah
  • Cincin penutup (alat ini bisa kamu temukan dibeberapa toko terdekat)
  • Gunting

2. Langkah-Langkah

Ambil tali sepatu sebanyak tiga buah, kemudian lakukan ikat simpul

kepanglah tali sepatu kira-kira mencapai 5 cm, kemudian selipkan cincin penutup pada bagian pinggir tali untuk dikepang. Lekatkan tali bagian pinggir yang telah diberi cincin hingga menutupi tali bagian tengah.

Masukkan cincin penutup berikutnya ke bagian pinggir yang lain, letakkan lagi ke tengah.

Hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah mengepang dengan menutup cincin yang sudah kamu selipkan di bagian tali tesebut. Lakukan langkah ini hingga kepangan selesai.

Apabila semua selesai mengepang cincin, kamu dapat mengepang tali berikutnya sampai ke ujung tali. Ikat dengan kuat pada bagian ujung kepangan. Apabila ditahap ini selesai, gelang tali kepang siap mengubah penampilan tangan kamu.

Video Cara Membuat Gelang Kepang

Demikianlah cara simpel membuat gelang dari tali sepatu. Semoga bisa menambah wawasan dan bakat kerajinan tangan Anda.

2 Comments

  1. Aul Howler April 12, 2016
  2. Fatimah Azzahra June 3, 2016

Leave a Reply