Pengertian dan Cara Membuat Origami Kupu-kupu Kertas

Cara membuat origami – Siapa yang tidak mengenal keterampilan asal Jepang ini? Di Jepang, membuat origami disebut dengan kesenian lipat kertas. Tak jarang kita temui bahwa kesenian Jepang yang satu ini menjadi kesenian yang begitu banyak diminati di Asia khusunya di Indonesia.

Nah, sekilas tentang Origami. Kesenian Jepang ini menjadi keinforagaman tersendiri karena, di Jepang khususnya origami menjadi keterampilan yang hidup juga berwarna bagi penduduk Jepang.

Lain halnya dengan negara Asia lainnya, di Indonesia sendiri khusunya origami dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan. Tampilan yang di ciptakan juga sangat terlihat berbeda dari yang biasanya kita lihat.

Ini menjadi salah satunya yaitu origami kupu-kupu. Proses yang dilakukan untuk menghasilkan origami kupu-kupu yang baik tentu membutuhkan skil dan keterampilan yang baik. Untuk itu, kita akan menyajikan cara membuat origami kupu-kupu yang mudah untuk pemula. Berikut ulasannya :

Baca : Cara Membuat Gelang Cantik Dari Tali Kur

Alat dan Bahan yang Harus Disediakan

Membuat Origami kupu-kupu

jendelakertas.com

1. Langkah pertama dalam membuat origami kupu-kupu yaitu kertas dan lem. Pada warna kertas, Anda bebas memilih warna apa yang sesuai dengan kupu-kupu yang sesungguhnya. Perlu untuk kita ketahui, warna kertas yang kita tentukan akan membuat origami kupu-kupu akan seperti terlihat hidup.

Membuat Origami

jendelakertas.com

2. Rapikan sisi bawah dan atas hingga sama rata dengan menggunakan tangan atau alat lainnya. Langkah ini dapat dimulai pada bagian tengah hingga ke bagian sisi yang akan di rapikan. Lalu, Anda dapat mulai dengan melipat sisi diagonalnya hingga menyerupai bentuk segitiga, setelah itu, buka buka kembali lipatannya. Sehingga terdapat bekas lipatan pada kertas (Perhatikan gambar).

Baca : Panduan Cara Merajut Dengan Teknik Chrochet

Cara Membuat Origami-Kupu-kupu-3

jendelakertas.com

3. Lipat kertas kebagian atas dan dorong kertas dari kedua belas sisi (kiri dan kanan) dengang menggunakan telunjuk ditambah dengan ibu jari sehingga membentuk seperti gambar di atas (Perhatikan gambar).

Membuat Origami

jendelakertas.com

4. Perlu bagi kita untuk mennyesuaikan letak tekukan ke arah sudut kertas agar kertas lebih menyerupai bentuk segitiga mutlak (perhatikan gambar).

Membuat Origami

jendelakertas.com

5. lipat kembali kertas di mulai dari bawah ke atas sama seperti tadi yang di awali dari sisi kiri dan kanan, sehingga membentuk seperti gambar yang tertera di bagian atas (perhatikan gambar).

Membuat Origami

jendelakertas.com

6. Kemudian kita balik lipatan tadi, lalu lipat ujungnya melewati titik tengah pada bagian atasnya (perhatikan gambar di atas).

Baca : Cara Membuat Gelang Cantik Dari Tali Kur

Membuat Origami

jendelakertas.com

7. Setelah itu kita perlu menekan bagian belakang kertas. Agar lipatan yang di awal tidak lepas dan pastinya akan merepotkan.

Membuat Origami

jendelakertas.com

8. Kita arahkan agar tetap sejajar dengan sisinya. Namun perlu untuk sedikit paksaan supaya kertas yang kita lipat tidak lepas dan tetap terlipat, setelah itu lakukan juga hal yang sama pada bagian sisi sebelahnya.

Membuat Origami

jendelakertas.com

9. Pada tahap ini, kita harus melipat bagian atasnya. Hal ini bertujuan untuk membentuk bagian badan dan kepala kupu-kupu yang akan di bentuk (perhatikan gambar).

Membuat Origami

jendelakertas.com

10. Kemudian kita perlu untuk melipatnya kembali dan membentuk bagian lain dari kupu-kupu tersebut.(perhatikan gambar).

Membuat Origami

Jendelakertas.com

11. Pada garis kiri dan kanan tersebut kita perlu untuk melipat bagian kepala menuju kebagian sisi tengah garis.

Membuat Origami

Jendelakertas.com

12. Kemudian patahkan bagian kiri dan kanan kertas untuk membentuk sayap. Dimulai dari bagian kiri dan kanan, lakukan secara bersamaan.

Membuat Origami

Jendelakertas.com

13. Lalu rapikan lipatan sehingga membentuk hasil yang sama.

Membuat Origami

Jendelakertas.com

14. Sampai pada tahap ini, kita lipat kertas yang sudah hampir jadi kupu-kupu sama rata dengan badannya. Ini akan membentuk sempurna bagian sayapnya. Untuk itu, kita perlu melipat hingga sama dan sejajar.

Membuat Origami

Jendelaertas.com

15. Kita Tahan sisi sebelahnya agar lipatan yang akan dibentuk menjadi sayap semakin jelas.

Membuat Origami

Jendelakertas.com

16. Langkah berikutnya kita tahan kedua sisi yang sudah di lipat (Perhatikan gambar).

Membuat Origami

Jendelakertas.com

17. Untuk tahap ini, mulai untuk menggunakan lem.  Pasangkan lem pada bagian yang dapat melepas lipatan. Hal ini bertujuan untuk memperjelas hasil Origami kupu-kupu yang sudah kita ciptakan.

Sekian panduan tentang cara membuat origami kupu-kupu kertas. Semoga bisa membantu teman-teman. Selamat mencoba.

2 Comments

  1. beautyasti1 May 8, 2016
  2. NLP Semarang August 8, 2016

Leave a Reply