Cara Merajut dengan Teknik Chrochet

Kamu ingin bisa merajut layaknya profesional? yuk, ikuti langkah sederhana berikut ini untuk belajar cara merajut dengan teknik chrochet dalam waktu singkat layaknya seorang profesional. Cekidot.

#1 Mengenal Hakpen dan Benang Rajut

Kenali Jenis Benang Rajut

cara merajut dengan teknik chrochet

konveksidistro.net

Ada banyak jenis benang rajut yang bisa kamu gunakan. kamu harus mengerti dab bisa menentukan jenis benangnya. Jika ini merupakan pertama kali kamu merajut, jadi pilihlah benang yang jenisnya halus. Seperti benang rajut biasa dari bahan katun atau benang rajut berbahan akrilik lembut (lihat gambar di atas).

Lihat Label Benang untuk Menentukan Ukuran Hakpen

cara merajut

theworldofaisha.com

setelah kamu mengenal jenis benang. perhatikan juga hakpen yang akan kamu gunakan. sesuaikan dengan jenis benang yang akan digunakan. yang terpenting adalah semakin tebal hakpen semakin tebal pula ukuran benang yang dibutuhkan.

Pegang Hakpen Senyaman Mungkin

cara merajut

rarasrajutku.com

Memegang hakpen dalam merajut merupakan hal yang utama. Karena, dengan rasa nyaman kamu memegang hakpen akan memberikan hasil yang rapi.

Peganglah hakpen  sehingga gagangnya berada dalam genggaman, sama halnya memegang pensil. Ibu jari harus berada di atas hakpen, sementara jari telunjuk dan jari yang tersisa tetap dalam posisi menggenggam.

#2 Mempelajari Berbagai Pola Dasar Rajutan

cara merajut

www.teropongbisnis.com

Buatlah Beberapa Contoh

Selama kamu belajar sebaiknya membuat beberapa contoh agar terbiasa menusuk dan sekaligus mencari tahu seketat atau selonggar apa jahitan yang kamu inginkan.

Membuat Rantai

belajar merajut

fanelisia.blogspot.com

Setiap proyek rajutan dimulai dengan sebuah tusuk rantai (chain stitch). Berlatihlah membuat tusuk rantai kira-kira 10 sampai 15 menit per hari sampai kamu mampu menahan benang, hingga tidak terlalu longgar ataupun rapat.

Membuat Tusuk Selip

belajar merajut

stepbystepdasarmerajut.blogspot.com

Tusuk selip ini dipakai untuk menghubungkan dua pekerjaan, mengikat tusukan dan memperkuat bagian tepi atau membawa benang ke posisi berbeda tanpa memberi tambahan panjang. Lilitkan benang pada hakpen dari belakang kedepan pada waktu yang sama.

Kemudian putarlah hakpen sehingga ujung kait hakpen itu mengarah ke kamu. Lalu tarik benang dan hakpen ke belakang melewati tusukan itu dan kemudian melewati lubang pada hakpen.

Membuat Tusuk Tunggal

belajar merajut

id wikihow.com

Tusuk tunggal (single crochet) adalah jenis tusuk yang relatif rapat dan akan menghasilkan material rajutan yang lebih erat.

Buatlah lubang baru melewati rantai (tetapi tidak melewati lubang yang ada pada hakpen). Jadi, saat ini kamu memiliki dua lubang pada hakpen. Tarik sebuah lubang baru dari benang melalui dua lubang tersebut sehingga menghasilkan satu lubang tunggal.

Tusuk ganda

belaJar merajut

www.craftlotus.com

Tusuk ganda sangat cocok digunakan untuk membuat sweter dan syal karena jenis tusuk ini sedikit membuat longgar dibandingkan jenis tusuk yang lain.

Buatlah rantai yang saling terhubung sebanyak 15 buah. Ambil benang kait hakpen dari depan ke belakang. Kemudian geser hakpen yang berisi dua lubang pertama, masukkan ke rantai 4 dan ambil lagi benang dengan kait hakpen.

Tarik dengan lembut benang yang melilit tersebut melalui tusuk rantai. Bawa hakpen melewati ranta. Hasilnya kamu akan mempunyai tiga lubang pada hakpen. Kemudian ambil benang dengan kait Hakpen dan tarik melewati dua lubang pertama pada hakpen.

Kemudian ambil lagi benang kemudian tarik hakpen melewati dua lubang terakhir yang ada pada hakpen. Maka lengkaplah double chrochet yang  kamu buat. lakukan cara ini secara berulang agar terbiasa dengan langkah ini. Demikian ulasan tentang cara merajut dengan teknik chrochet. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply