Belajar Cara Menggambar Wajah dengan Teknik Sederhana

Wajah adalah bagian dasar dari anatomi manusia dalam memperlihatkan berbagai macam emosi. Sebenarnya menggambar wajah dengan menggunakan pensil itu susah-susah mudah namun, ada trik agar bisa melakukan hal itu.

Nah di sini kita akan mengulas lengkap cara menggambar wajah dengan teknik sederhana.

1. Menggambar Wajah Wanita Menggunakan Gambar Dasar Oval

1

wikihow.com

Wajah tidak sepenuhnya bulat. Maka dari itu, buatlah sketsa awal dengan berbentuk oval, hanya saja bagian bawahnya kamu buat lebih kecil dibandingkan bagian atas (cek gambar di Bawah).

Baca : Cara Praktis Budidaya Pisang Agar Panen Berlimpah
2

Untuk mempermudah langkah ini gunakan garis pemisah untuk memetakan bagian-bagian wajah. Yang pertama yang kamu lakukan adalah memberi garis dibagian tengah lingkaran oval yang sudah kamu buat (seperti gambar di bawah ini).
3

Untuk tahap ketiga buatlah 2 garis di bawahnya sebagai garis bantu untuk menentukan bagian hidung dan mulutnya (seperti gambar di bawah ini).
3

Setelah selesai menggambar hidung dan mulut, beri lingkaran dibagian kanan atas dan kiri atas untuk membuat matanya (seperti gambar di bawah ini).
4

Setelah bagian atas diberi dua buah lingkaran, gambarlah alis pada bagian kelopak di atas lingkaran mata.
Pastikan ukuran mata yang kamu buat sama besar , atau bisa menggunakan gambar bantu (seperti gambar di bawah ini).

Baca : Cara Membuat Gelang Cantik dari Tali Kur
5

Jika merasa ukuran kedua mata sudah sama besarnya, sekarang saatnya untuk membuat bagian bola mata.
Setelah bagian bola mata sudah dibuat, saatnya menambahkan satu bua lingkaran lagi. Lingkaran ini digunakan sebagai kelopak mata (seperti gambar di bawah ini).
6

Pastikan ada batas antara hidung dan rongga mata, kemudian tambahkan bayangan hitam agar gambar terlihat lebih hidup (seperti gambar di bawah ini).
rongga mata

Kemudian, kita membuat daun telinga. Pastikan juga bahwa daun telinga sejajar dengan hidung (seperti gambar di bawah ini).
daun telinga

Gambar sudah terlihat hidup, kemudian kita tambahkan rambut di bagian atas terkulai kebagian luar (seperti gambar di bawah ini).

Baca :
rambut

Ketika hendak membuat bagian leher, jangan membuat leher terlalu kecil, karena akan membuat bagian atasnya terlihat jelek nantinya. Untuk membuat leher yang sempurna, kamu harus menyamakan titik pertemuan dibagian pipi (seperti gambar di bawah ini).
setelah rambut

Nah, gambar sudah terlihat seperti lebih hidup. Kemudian saatnya untuk mempertegas bentuk gambar. Tapi sebelumnya berikan bayangan dibagian bibir, hidung juga mata (seperti gambar di bawah ini).
bibir

Untuk bagian pakaian Kamu bisa juga menambahkan dress sesuai yang kamu inginkan.
pakaian

Jika semua sudah selesai, hapus garis bantu yang sudah kita buat di awal tadi agar gambar tidak terlihat seperti masih sedang diperbaharui (seperti gambar di bawah ini).
hapus

Untuk bagian mewarnai, kamu bisa menggunakan warna yang menurut selera yang diinginkan (seperti gambar di bawah ini).
warna

2. Menggambar Wajah Pria Menggunakan Gambar Dasar Bulat.

bulat

Langkah pertama, buat lingkaran seperti gambar di atas. Bisa juga dengan menggunakan alat bantu berupa uang logam agar lingkaran terlihat rapi.

Selanjutnya, buatlah gambar garis vertikal mulai dari atas sampai bawah, garis ini berfungsi untuk menegaskan bahwa gambar yang dibuat tersebut menghadap kedepan (seperti gambar di bawah ini).
garis

Setelah itu buat garis agar bisa menentukan bentuk pipi, dagu dan rahang (seperti gambar di bawah ini).
rahang

Setelah itu, buat sketsa untuk menentukan panjang dan lebar untuk menentukan bagian mata, hidung dan mulut.
Tambahkan juga sketsa tampilan dibagian mata, hidung telinga dan juga mulut (seperti gambar di bawah ini).
telinga

Jika sudah selesai, waktunya untuk membuat sketsa rambut dan garis leher (seperti gambar di bawah ini).
rambut pria

Setelah membuat sketsa rambut dan leher. Saatnya membuat garis halus di sekitar area wajah dengan mengunakan pensil. Tindakan ini bertujuan untuk mempertegas bentuk gambar (seperti gambar di bawah ini).
wajah pria

Setelah itu, kita perlu memperjelas lagi bagian-bagian yang penting, misalkan alis, mata, hidung, telinga dan mulut dengan menggunakan pensil yang ujungnya agak tebal. Kamu bisa juga menggunakan pensil ukuran 0,8 di tahap ini (seperti gambar di bawah ini).
alis pria

Setelah semua bentuk wajah dan bagian lainnya sudah selesai, waktunya untuk menghapus garis bantu yang tadi kita gunakan di awal (seperti gambar di bawah ini).
hapus garis bantu

Jika gambar sudah bersih dari garis dasar, kamu bisa memulai tahap mewarnai sesuai yang kamu inginkan (seperti gambar di bawah ini).
warnai pria

Atau kamu ingin menjadikan gambar agar terlihat lebih hidup, kamu juga bisa menambahkan bayangan. Seperti gambar di atas (seperti gambar di bawah ini).

Sumber Gambar Wikihow.com

2 Comments

  1. sari widiarti April 7, 2016
  2. Ahmad February 23, 2017

Leave a Reply