Contoh Laporan Kegiatan Sekolah yang Baik dan benar

Contoh Laporan kegiatan Sekolah – Sekolah adalah tempat menaruh mimpi. Belajar besama teman yang lain dalam 1 ruangan yang seadanya, dibimbing seorang guru yang baik dan berpengalaman dalam mengajar.

Selama di sekolah biasanya banyak program acara yang dibentuk setiap tahunnya. Setelah acara tersebut selesai, tindakan berikutnya adalah membuat laporan kegiatan sekolah.

Membuat laporan sekoalh bukan hal yang sulit sehingga membuat orang lain untuk mengatur semuanya.

Hal penting dalam membuat laporan kegiatan sekolah adalah memahami terlebih dahulu apa saja yang terdapat di dalamnya dan yang terpenting adalah sistematika penulisannya. Jika hal ini sudah dapat dipahami, maka semua akan menjadi mudah tanpa ada hambatan dalam meyusun laporan kegiatan sekolah.

Membuat Laporan Kegiatan Sekolah

contoh membuat laporan kegiatan

wisegeek.com

Cara membuat laporan kegiatan sekolah masih sama dengan laporan lainnya, biasanya kegiatan sekolah terdiri dari tiga bab seperti ; Pendahuluan, bab isi dan bab penutup. Pada bab isi atau bab kedua adalah tempat di mana Anda menjelaskan laporan dengan lengkap.

Namun masih ada yang menulis laporan secara berurutan tanpa menggunakan format Bab. Dan hal ini tidak masalah karena yang perlu Anda pahami adalah jelas tidak harus merangkumnya secara berlebihan, tapi tetap berusaha menggunakan bahasa yang singkat sehingga dapat menggambarkan seluruh kegiatan sekolah yang dilaksanakan.

Baca : Contoh Karangan Bunga Terbaik 2017

Tidak sedikit yang bertanya tentang, mengapa laporan kegiatan penting untuk dibuat? Hal inilah yang perlu untuk Anda ketahui karena membuat laporan kegiatan sekolah akan mendatangkan banyak manfaat seperti berikut ini :

  1. Manfaat yang pertama adalah berguna sebagai tanda bukti bahwa kegiatan tersebut sudah berlangsung. Bukti ini berkaitan dengan pertanggungjawaban kepada pihak yang terlibat dalam aktifitas sekolah misalnya pihak pemberi dana.
  2. Manfaat kedua adalah berfungsi sebagai arsip sebuah organisasi. Arsip ini bisa dimasukkan ke dalam program kerja, baik yang sedang berjalan atau rencana kerja di masa yang akan datang.
  3. Manfaat yang ketiga adalah berguna untuk bahan evaluasi dalam acara sekolah yang sedang berlangsung. Pada biasanya akan datang keadaan yang tidak direncanakan, dengan adanya laporan yang telah disusun akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi kegiatan sekolah pada masa berikutnya.

Ketiga manfaat di atas sangatlah penting untuk Anda lakukan agar dapat memudahkan sekolah dalam melakukan acara. Berikut ini contoh dalam membuat laporan kegiatan sekolah yang benar.

Contoh Laporan Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS)

SMA NEGERI 1 MUTIARA

TAHUN AJARAN 2016 / 2017

1. Pendahuluan

Masa orientasi siswa (MOS) adalah kegiatan yang mulia dengan tujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah baru bagi siswa siswi baru. Para siswa siswi baru akan mengikuti program belajar mengajar yang telah disusun oleh pihak sekolah.

Mengingat pentingnya adaptasi para proses tersebut maka dibutuhkan bimbingan dan arahan untuk mengenali lingkungan sekolah tersebut.

MOS bukan hanya sekedar mengenal lingkungan yang baru saja, tapi juga bisa memberikan ilmu dan nilai lainnya yang menyangkut di dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi mengingat usia para calon peserta MOS yang masih tergolong muda dan lebih mudah terpengaruh pada hal yang buruk.

Dengan adanya program MOS kali ini diharapkan bisa mengurangi pengaruh buruh yang terjadi pada siswa siswi SMA 1 Mutiara.

2. Dasar

Penerimaan siswa siswi baru SMA Negri 1 Mutiara yang telah sukses menyaring kurang lebih 100 anak dari sistem ujian. Banyaknya jumlah tersebut membuat para guru kewalahan jika harus memperkenalkan lingkungan sekolah secara pribadi.

3. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari dilaksanakannya MOS SMA NEGRI 1 MUTIARA yaitu :

  • Mengenalkan siswa siswi baru pada lingkungan sekolah
  • Menanamkan jiwa kebersamaan dan saling menghargai satu sama lainnya sebagai siswa siswi SMA NEGERI 1 MUTIARA
  • Memberikan materi dan ilmu yang berkaitan dengan problematika anak muda agar bisa dijadikan pegangan untuk masa muda mereka

4.  Kepanitiaan

Susunan Panitia dalam Kegiatan MOS adalah sebagai berikut :

Jawab: Hardyandra Ramadan

Ketua Panitia : Muhammad Abdurrahman Kholis

Ketua Panitia : Adam Aljawiyu

Sekretaris : Teh Nahla Wahyuni

Bendahara : Andika Perdana

Anggota : 1. Anggota 1

  1. Anggota 2, 3 Anggota 3 dan seterusnya

5. Peserta

Jumlah peserta yang ditemukan dari jumlah siswa baru adalah

Laki-laki : 50 orang

Perempuan : 45 orang

Jumlah 95 orang

6. Jadwal Kegiatan

Kegiatan MOS SMA NEGERI 1 MUTIARA akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 4 dan 5 Februari 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negri 1 Mutiara. Berikut rincian jadwal yang tertulis.

Hari Pertama

Pembukaan MOS             : 07.30 – 08.00

Istirahat                               : 08.00 – 08.30

PBB                                        : 08.30 – 09.30

Materi MOS Pertama     : 10.00 – 12.00

Sedikit: 12,00-13,00

Materi MOS Kedua         : 13.00 – 14.30

Hari Kedua

PBB                                        : 07.30 – 08.30

Istirahat                               : 08.30 – 09.00

Materi MOS Ketiga          : 03.00 – 11.30

Sedikit: 11,30-14,00

Materi MOS Keempat    : 13.00 – 14.00

Perpisahan MOS              : 14.00 s/d selesai

7. Hasil Akhir

Dari sekian banyak program yang telah dibuat hasil positif yang didapatkan adalah :

  • Menambah jiwa kepemimpinan daripada masing-masing siswa baru
  • Meningkatkan nilai etika dan agama yang dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang individu
  • Mengenali lingkungan sekolah terdapat siswa dan memiliki visi serta misi SMA NEGERI 1 MUTIARA
  • Meningkatkan kesadaran atas kedisiplinan serta ketertiban yang telah dibuat pihak sekolah
  • Menyalurkan minat serta bakat dari setiap individu dari semua siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang sudah ada pada SMA NEGERI 1 MUTIARA

8. Saran

Melihat hasil dari kegiatan MOS di atas maka kami menyarankan agar

  • Kegiatan MOS ini akan diselenggarakan setiap tahunnya di SMA Negeri 1 Mutiara
  • Semakin didukungnya kegiatan MOS ini kami akan menghadirkan pemberi materi yang lebih profesional di bidangnya
  • Semua guru bisa mengambil dari pelaksanaan kegiatan MOS

9. Penutup

Demikian laporan kegiatan MOS SMA Negeri 1 Mutiara tahun ajaran 2016 / 2017 ini dibuat. Dengan mengucap Alhamdulillah kegiatan MOS ini bisa berjalan dengan lancar.

Tanggal

Kepala Sekolah                                                                 Ketua Panitia

Nama Lengkap                                                                  Nama Lengkap

Demikianlah contoh cara membuat laporan kegiatan yang ada di sekolah. Semoga contoh ini bisa menambah pengetahuan dan memudahkan langkah Anda dalam membuat laporan kegiatan sekolah MOS.

Leave a Reply