Jenis Bunga Anggrek Terbaik dan Terindah di Dunia

Jenis Bunga Anggrek – Bunga anggrek adalah bunga yang indah sehingga tak heran kalau peminat bunga anggrek juga memburu tanaman ini. Bunga anggrek memiliki jumlah spesies terbanyak dibandingan lainnya sehingga jenis dan warna bunga juga bervariasi diantaranya bunga anggrek merah muda, ungu dan lain sebagainya.

Masing-masing jenis memiliki nama ilmiah sehingga bunga anggrek menjadi idola setiap wanita untuk dijadikan tanaman hias.

Bunga anggrek merupakan tanaman genus, terdapat 736 genus, namun 4 genus yang mendominasi diantaranya yaitu Bulbophyllum, Epidendrum, Dendrobium, Pleurothallis.

Baca : 6 Jenis Bunga Melati Tercantik di Dunia

Ciri-ciri Bunga Anggrek

1# Batang Anggrek

jenis bunga anggrek

Flora dan Fauna Indonesia

Keistimewaan anggrek adalah bentuk batang yang becabang-cabang. Adapun jenis anggrek yang hidup di tanah bentuk batang lebih rendah seperti umbi-umbian.

Sedangkan jenis anggrek epifit bentuk batang terlihat sempurna karena biasanya pokok terlihat lebih tebal sehingga lapisan lilin bisa menjaga dan mencegah penguapan yang berlebihan.

Pertumbuhan batang anggrek pun berbeda-beda, bisa tumbuh panjang (monopodial) dan melebar (simpodial) tergantung genusnya.

2# Bunga

jenis bunga anggrek

sarungpreneur.com

Bunga menjadi alasan setiap orang untuk dijadikan tanaman hias. Sama halnya dengan tanaman bunga anggrek.

Bunga anggrek meiliki ciri yang cantik. Bentuk bunga simetri bilateral dengan helaian kelopak bunga (sepal) berwarna mirip dengan mahkota bunga (tepal)

Bunga anggrek merupakan tanaman yang muncul dari bagian tangkai bunga, bagian tangkai memanjang keluar dari ketiak daun.

Satu helai mahkota bunga dibentuk menjadi seperti lidah yang menjaga bagian aksesoris yang mempunyai putik dan benang sari. Bagian benang sari terdapat tangkai yang kecil dengan dua kepala sari yang mirip cakram kecil (pollina).

Pada bagian ini dilindungi oleh struktur kecil yang dibutuhkan seekor serangga untuk membantu penyerbukan.

Tanpa adanya serangga penyerbukan tidak akan terjadi sehingga putik bunga akan layu.

Baca : Cara Efektif Budidaya Bunga Mawar di Halaman Rumah

3# Akar

jenis bunga anggrek

blogspot.com

Tanaman bunga anggrek terdapat organ di bagian-bagian yang sukulen atau tanaman dengan daging yang mempunyai kandungan air yang cukup tinggi.

Hal ini yang menjadikan naggrek dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan dengan kadar air yang rendah. Tanaman anggrek bisa menghasilkan asupan air dari air hujan,uap air di udara dan tetesan embun.

Walau demikian anggrek tidak dapat tumbuh di daerah gurun karena bentuk akar yang tidak intensif. Tanaman ini membutuhkan matahari tapi tidak langsung sehingga tanaman ini hanya dapat ditemukan di hutan tepatnya di bawah naungan. Dengan demikian tanaman anggrek sangat pantas dijadikan tanaman hias

Berdasarkan cara hidup yang demikian anggrek terbagi menjadi tiga bagian yaitu anggrek saprofit, anggrek terrestrial dan anggrek epifit.

Anggrek terrestial dapat tumbuh di tanah dengan akar yang menjalar ke pohon dan tanah, sedangkan anggrek saprofit hanya tumbuh di kayu dan daun-daun kering yang telah lapuk.

4# Buah

jenis bunga angrek

blogspot.com

Anggrek mempunyai keistimewaan lainnya yaitu tanaman ini akan berbuah berbentuk kapsul berwarna hijau dan pada saat mengering buah akan terbuka dari samping sebagai tanda regenerasi tanaman anggrek.

Biji anggrek bentuknya kecil, sehingga bisa diterbangkan angin. Biji anggrek juga mempunyai jaringan penyimpanan cadangan makanan.

Proses perkecambahan baru akan terjadi kalau biji jatuh dan melanjutkan perkembangannya hingga saatnya datang.

Baca : 6 Jenis Bunga Melati yang Kaya Manfaat

Jenis Bunga Anggrek Menurut Tipe Pertumbuhan

1. simpodial

Jenis tanaman bunga anggrek simpodial mempunyai lebih dari satu titik tumbuh. Tunas akan tumbuh diantara pokok batang. Bunga bisa kembang di pucuk atau sisi batang, bahkan ada juga yang tumbuh di akar tunggal

Anggrek jenis simpodial menyimpan air sebagai cadangan makanan sehingga dapat dibudidayakan dengan cara split dan biji diantaranya anggrek dendrobium SP, vanda SP dan anggrek bulan.

2. Monopodial

Monopodial adalah jenis anggrek yang hanya mempunyai satu batang dan tumbuh di satu titik. Bagian bunga akan tumbuh di bagian ujung batang.

Anggrek jenis monopodial bisa dibudidayakan dengan cara stek batang dan biji, contohnya anggrek dendrobium dan anggrek cattleya SP.

Jenis Bunga Anggrek Berdasarkan Lahan

A. Anggrek Epifit

jenis bunga anggrek

titiorchids.com

Jenis bunga anggrek epifit merupakan tanaman yang tumbuh  menumpang di pohon lain tanpa merugikan tanaman induk dan membutuhkan naungan dari cahaya matahari langsung.

Sistem operational akar anggrek bekerja menyerap makanan dari hujan yang turun, tetesan embun disekitar contohnya seperti anggrek cattleya sp, anggrek dendrobium sp, Vanda sp dan Phalaenopsis sp.

B. Anggrek Terestrial

jenis bunga anggrek

google.com

Jenis bunga anggrek terestial basanya tumbuh menjalar di tanah sehingga membutuhkan cahaya matahari langsung. Akar anggrek terestial mengambil makanan langsung dari tanah. Contohnya seperti anggrek Phaius sp.

C. Anggrek Saprofit

jenis bunga anggrek

muhtalifun.files.wordpress.com

Jenis bunga anggrek saprofit tumbuh pada tumbuhan yang mengandung humus atau daun-daun kering sehingga membutuhkan naungan agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Jenis bunga anggrek ini tidak mempunyai daun dan klorofil contohnya seperti anggrek goodyera sp.

D. Anggrek Litofit

jenis bunga anggrek

google.com

Jenis bunga angrek litofit mampu hidup di bebatuan atau tanah kering, anggrek ini tergolong tanaman yang mampu bertahan terhadap cahaya matahari langsung.

Anggrek litofit yang satu ini menyerap makanan langsung dari hujan, udara,dan humus, contohnya seperti anggrek paphiopedilum sp.

Baca : Contoh Karangan Bunga Duka Cita Terbaru 2017

Jenis Bunga Anggrek Langka Dan Harus Dilindungi

Tanaman bunga anggrek tergolong tumbuhan yang mempunyai banyak spesies sebagian diantaranya masuk dalam kategori hampir punah atau langka. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Anggrek Stuberi (Dendrobium Lasianthera)

jenis bunga anggrek

Aneka Tanaman Hias (ATH)

Dendrobium lasianthera adalah nama ilmiah dari jenis bunga anggrek stuberi. Anggrek ini mempunyai paduan warna antara ungu, kuning dan putih.

Kelopak bunga mempunyai bentuk yang istimewa sehingga sanagat berbeda dari yang lainnya yaitu berbentuk spiral.

2. Jenis Bunga Anggrek Larat (Dendrobium Phalaenopsis)

jenis bunga anggrek

google.com

Dendrobium phalaenopsis merupakan nama ilmiah dari jenis bunga anggrek larat. Bunga anggrek ini mempunyai ciri khas berupa warna yang sangat mencolok, ungu tua.

3. Jenis Bunga Anggrek Ki Aksara (Macodes Petola)

jenis bunga anggrek

google.com

Jenis bunga anggrek ki aksara mempunyai nama latin Macodes petolaTanaman anggrek yang satu ini terdapat keindahan pada bagian daunnya. Daun berwarna hijau dan ditambah dengan motif seperti kilatan petir.

Jenis anggrek ki aksara sangat berbeda dengan jenis lainnya. Adapun bunga mempunyai ukuran yang kecil mungil juga cantik.

4. Jenis Bunga Anggrek Jingga (Renanthera Mautina)

jenis bunga anggrek

tokopedia.com

Jenis bunga anggrek jingga juga mempunyai nama ilmiah yaitu Renanthera matutina. Karakter tanaman anggrek ini adalah terdapat warna jingga dan juga terdapat motif titik-titik seperti kulit macan tutul.

5. Jenis Bunga Anggrek Hartinah (Cymbidium Hartinahianum)

jenis bunga anggrek

alamendah.com

Nama ilmiah dari tanaman jenis anggrek hartinah yaitu Cymbidium hartinahianum. Jika dilihat nama anggrek ini menyerupai nama orang.

Anggrek hartinah mempunyai ciri bunga berwarna ungu ditambah dengan adanya perpaduan warna krem. Anggrek hartini menjadi langka karena pertumbuhannya yang cukup lama sehingga lebih dulu tanaman lain.

6. Jenis Bunga Anggrek Jamrud (Dendrobium Macrophyllum)

jenis bunga anggrek

trihartini.com

Anggrek jamrud merupakan tanaman anggrek yang berbulu layaknya buah rambutan, nama ilmiah anggrek ini adalah Dendrobium macrophyllum.

7. Jenis Bunga Anggrek Bulan Bintang (Paraphalaenopsis Denevei)

jenis bunga anggrek

jualanggrekmurah.wordpress.com

Jenis bunga anggrek yang satu ini justru menjadi bunga idaman setiap orang karena bentuknya sangat unik. Pecinta anggrek biasa menyebutnya dengan bunga anggrek bulan bintang.

Nama latin anggrek bulan bintang yaitu Paraphalaenopsis denevei. Mereka menyebut anggrek ini bulan bintang karena bentuk bunga hampir menyerupai bintang aslinya. Dalam satu bunga terdapat lima kelopak yang menyerupai bulan di bagian tengahnya.

8. Jenis Bunga Anggrek Sendok (Spathoglottis Zurea)

jenis bunga anggrek

bibitbunga.com

Jenis bunga anggrek sendok juga masuk dalam katergori bunga langka tercantik. Nama latin Anggrek cantik ini adalah spathoglottis zurea. Bunga anggrek sendok mempunyai keindahan bunga dengan warna kuning cerah walau sedikit corak putih dan merah di bagian tengahnya.

9. Jenis Bunga Anggrek Kebutan (Ascocentrum Miniatum)

jenis bunga anggrek

yasbintarakanblogspot.com

Nama ilmiah dari jenis bunga anggrek kebutan dikenal dengan ascocentrum miniatum yang menjadi bunga langka yang pernah ada saat ini. Bunga anggrek yang satu ini dilindungi dengan tipe warna bunga seperti orange serta dikerumuni oleh beberapa bunga dalam satu tangkai.

10. Jenis Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amablis)

jenis bunga anggrek

bibitbunga.com

Phalaenopsis amabilis merupakan nama latin dari jenis bunga anggrek bulan. Bunga ini memiliki ciri khas yang unik yaitu kelopak bunga melebar dan berwarna putih.

Daun anggrek bulan cukup panjang berwarna hijau sedangkan pada bagian akar terdapat warna putih dengan bentuk bulat memanjang.

11. Jenis Bunga Anggrek Hitam

jenis bunga anggrek

Foto Gambar Terbaru

Nama latin dari tanaman jenis anggrek hitam adalah Coelogyne pandurata. Merupakan tanaman yang menjadi mascot provinsi Kalimantan Timur.

Ciri utama anggrek hitam yaitu pada bunganya terdapat warna hitam yang dibarenngi dengan garis-garis hijau juga berbulu. Pada setiap tandan terdapat 1 – 14 kuntum bunga bahkan bisa lebih.

12. Jenis Bunga Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek kantung kolopaking terdiri dari salah satu dari sekian banyak bunga anggrek yang langka. Bunga ini berasal di daerah Kalimantan Tengah.

Anggrek kantung kolopaking dapat hidup di bebatuan yang berlumut. Anggrek ini mempunyai naman latin yaitu Paphinopedilum kolopakingii.

Jenis bunga anggrek ini mempunyai warna daun hijau tua yang menyerupai pita dengan ujung bulat yang panjangnya mencapai 20 hingga 80 cm.

13. Jenis Bunga Anggrek Kasut Kumis

Jenis bunga anggrek kumis atau nama ilmiahnya Paphiopedium chamberlainianum ini mempunyai bentuk bunga seperti kantung semar yang berbulu. Pada bunga terdapat warna yang menyatu antara hijau dan ungu.

14. Jenis Bunga Anggrek Tebu

Jenis bunga anggrek tebu merupakan tanaman spesies anggrek terbesar di dunia karena bisa mencapai berat hingga 1 ton dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Nama latin anggrek tebu yaitu Grammatophyllum speciosum, cirri khas atau keistimewaan dari anggerk tebu yaitu warna kuning yang dienuhi bintik-bintin berwarna coklat merah kehitam-hitaman.

Salah satu kelebihan lainnya adalah bunga tidak mudah layu meskipun batang dipotong dengan arti batang dan bunga terpisah hal ini akan dapat bertahan selama kurang lebih 2 bulan.

15. Jenis Bunga Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek bulan kalimantan yang mempunyai nama latin Paraphalaenopsis serpentilingu. Anggrek ini memiliki ciri khas berwarna putih. Selain itu bagian bunga juga terdapat warna yang corak kuning dan merah.

Bunga anggrek bulan Kalimantan masuk dalam kategori bunga anggrek terlangka di dunia yang harus dilestarikan dan dilindungi.

Sekian ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga menjadi lebih bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang bunga anggrek. Sampai jumpa lagi. Terimakasih.

One Response

  1. Toko Bunga Papan di surabaya - 0812.4912.3012 February 13, 2017

Leave a Reply