Mengilik Keunikan dan Keindahan dari 7 Jenis Bunga Terompet Luar Negri

Dari tujuh spesies tanaman bunga salah satunya adalah Brugmansia yang menjadi salah satu genus yang masuk dalam keluarga solananceac.

Keluarga Brugmansia adalah tanaman semak dengan bentuk postur bunga yang berbentuk menjuntai dan buah tidak berduri.

Jenis bunga yang satu ini dinamakan dengan Angle’s trumpet (terompet malaikat) atau lebih dikenal dalam bahasa Indonesia dengan bunga terompet (kecubung).

Bunga terompet mempunyai kaitan dengan tanaman genus erat Datura. Walau sebenarnya genus Datura terlihat berbeda dengan Brugmansia. Perbedaannya terlihat pada bunga yang tegak lurus dan terdapat duri pada buah.

Brugmania merupakan tanaman semak beracun. Racun bisa ditemukan disetiap bagian diantaranya adalah batang.

Hingga kini telah ditemukan tujuh spesies bunga terompot yang mana ketujuh spesies tersebut terdaftar dalam Extinct in the Wild oleh IUCN Red List, meskipun dalam kenyataannya bunga terompet lebih mudah ditemukan di hutan liar.

Baca : 15 Tanaman Anggrek Langka yang Perlu Dilindungi

Ciri-ciri Bunga Terompet

Bunga terompet sama halnya dengan tanaman semak lainnya yang mana tanaman beracun ini juga memiliki ranting kecil, semi kayu dan terdapat banyak cabang dalam satu batang.

Ukuran bunga terompet bisa mencapai ketinggian hingga 3-11 m. Sedangkan daun kecubung bisa tumbuh hingga 10-30 cm , masing-masing mempunyai lebar antara 4-18 cm.

Bagian ujung daun terlihat seperti bergigi dan kasar, selain itu daun kecubung juga disertai dengan bulu-bulu halus. Jika mengenai kulit, maka akan menimbulkan gatal-gatal.

Nama terompet malaikat (Angel trumpet) diambil dari bentuknya yang menjuntai seperti terompet. Panjang bunga kecubung ini bisa mencapai hingga 14-50 cm.

Begitu juga halnya dengan tanaman hias lainnya, bunga terompet mempunyai jenis warna yang bervariasi diantaranya adalah kuning, putih, pink, oranye, merah dan hijau.

Jika tanaman mulai tumbuh dewasa, bunga akan mengeluarkan bau yang super kuat hingga menjelang malam. Pertumbuhan bunga bisa berupa tunggal, ganda atau bahkan lebih.

Asal Ditemukannya Bunga Terompet

Bunga terompet merupakan tanman asli yang tumbuh bebas di daerah tropis Amerika Selatan. Diketahui bahwa pertumbuhan bunga terompet sepanjang pegunungan Andes, mulai dari Venezuela hingga Chile Utara. Sebagian kecilnya bisa ditemukan didaerah terpencil Brazil.

Tanaman terompet atau kecubung akan berkembang menjadi tanaman hias yang menyebar luas ke seluruh alam jagad raya mulai dari Australia, Asia, Afrika dan Amerika Utara baik dengan cara alami maupun melewati tangan manusia.

Di alam bebas bunga terompet sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup kupu-kupu, terutama tanaman jenis Placidula Euryanassa. Setiap kupu-kupu akan menggunakan bunga terompet (Brugmansia Suaveolens) sebagai sumber makanan bagi larva kupu-kupu.

Selain itu kandungan alkolodi tropane pada bunga terompet sangat berfungsi untuk melindungai larva dari serangan predator lainnya.

Baca : Inilah Keindahan yang Terselubuh dari Bunga Melati

Jenis Bunga Terompet

Berikut ulasan tentang jenis bunga terompet yang perlu dilindungi :

Brugmansia Sanguinea

Brugmansia Sanguinea atau dikenal Angel red terompet (terompet merah) yang merupakan tanaman jenis bunga terompet asli endemik milik Amerika Selatan.

Brugmansia Sanguinea mempunyai karakter yaitu bunga berwarna merah. Bunga kecubung merah ini tumbuh mencapai ketinggian hingga 10 meter. Bunga akan merunduk sesuai kombinasi warna yang menarik yaitu dimulai dengan warna hijau di ujung bunga lalu kuning disertai orange dan merah dibagian ujung bunga.

Brugmansia Insignis

Brugmansia Insignis adalah tanaman spesies bunga terompet (kecubung). Spesies yang satu ini merupakan tanaman endimik yang hidupnya di daerah pegunungan Andez Amazon lebih tepatnya bagian Timur perbatasan Peru.

Jenis bunga kecubung mempunyai ukuran yang cukup besar yang disertai dengan bau harum. IUCN  Bunga Kecubung telah terdaftar menjadi tanaman spesies jenis Extrict in the Wild.

Bunga terompet dapat tumbuh dengan ketinggian 3-4 m, bunga berukuran sedang, merunduk, dan menyerupai terompet.

Pada bagian bunga terompet jenis Extrict in the Wild ini juga memiliki ciri berwarna putih di bagian pangkal dan merah yang terletak pada bagian ujung bunga.

Brugmansia Arborea

Jenis bunga kecubung (Brugman Arborea merupakan salah satu spesies bunga terompet yang hidup dengan ketinggian mencapai 7 meter. Bunga terompet yang satu ini adalah tanaman yang dilindungi oleh pihak IUCN karena Brugmansia Arborea tercatat sebagai tanaman Extinct in the Wild.

Jenis bunga terompet (Brugmansia Arborea) diperkirakan mencapai ketinggian 12-17 cm sehingga digolongkan menjadi bunga terompet terkecil. Karakter bunga kecubung (Brugmansia Arborea yaitu bunga berwarna krem atau putih gading.

Bunga kecubung (Brugmansia Arborea) sama halnya dengan bunga terompet lainnya karena bunga ini merupakan tanaman endemik pegunungan Andes di ketinggian 2000-3000 mdpl, tepatnya di negara Ecuador, Peru, Bolivia Barat dan Utara Chili dengan curah hujan yang cukup tinigg.

Brugmansia Aurea

Jenis bunga terompet  (Brugman Aurera) merupakans alah satu spesies bunga terompet yang ikut menjadi tanaman endemik hutan Ekuador.

Sejak tahun 2014 lalu, bunga terompet emas ini tergolong tanaman spesies Extinct in the Wild s yang harus dilindungi oleh IUCN.

Jenis bunga terompet (Brugmansia Aurera) ini akan mudah ditemukan di pemukiman-pemukina rumah warga karena tanaman ini merupakan tanaman semak subtropis besar yang dapat hidup mencapai ketinggian hingga 20 kaki.

Brugmansia Vulcanicola

Jenis bunga terompet (Brugmansia Vulcanicola) merupakan spesies tanaman bunga kecubunga yang hanya bisa ditemukan di Benua Amerika Serikat bagian Selatan tepatnya di pegunungan Andes terutama dataran tinggi di wilayah Ekuador dan Kolumbia yang mencapai ketinggian hingga 2.800-3.300 mdpl.

Tanaman ini tumbuh menjadi pohon semak yang mempunyai karakter bunga yang cantik untuk dilihat.

Karakter spesies tanaman Brugmansia Vulcanicola ini bisa mencapai ketinggian hingga 4 meter. Panjang bunga mencapai 15-22 cm dengan perpaduan warna merah, merah muda dan kuning di bagian ujung bunga.

Brugmansia Versicolor

Jenis bunga terompet (Brugmansia Versicolor) merupakan salah satu tanaman kecubung yang berasal dari Amerika Selatan lebih tepatnya di wilayah Ekuador. Bunga kecubung ini disebut sebagai bunga Sangkakala.

Sejak beberapa tahun silam tepatny bulan Maret 2014, IUCN mencatat spesies ini ke dalam Exitinc in the Wild sebagai tanaman yang harus dilindungi.

Jenis tanaman kecubung (Brugmansia Versicolor) dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 3-4,9 m, sedangkan bunga mempunyai ukuran cukup panjang mencapai 30- 50 cm, sama seperti bunga terompet lainnya.

Bunga ini mempunyai warna yang varian pada saat masih muda, namun biasanya jenis bunga kecubung Brugmansia Versicolor cenderung berwarna putih peach, orange pucat, merah jambu atau aprikot.

Spesies tanaman ini mudah ditemukan di dataran tinngi mencapai 790 mdpl Ekuador mulai dari Guayaquil Basin hinnga Selatan Teluk Guayaquil.

Leave a Reply