20 Jenis Pisang Terbaik yang Pernah Ada di Indonesia

Jenis-jenis pisang – Pisang merupakan nama tren dari salah satu jenis buah yang dikenali orang banyak. Buah pisang mempunyai karakter yang berbeda dengan jenis buah lain. Kalau di lihat jenis buah lain yaitu berbentuk bulat dan lonjong, sedangkan buah pisang melengkung panjang.

Yang membuat orang memburu pisang tersebut adalah rasanya yang manis sehingga membuat orang menyukainya buah yang satu ini.

Pisang seringkali disajikan setelah selesai makan atau biasa disebut dengan makanan penutup. Bahkan, tidak hanya menjadi makanan penutup, pisang juga dimanfaatkan untuk dijadikan makanan tambahan berupa (camilan).

Nah, penjelasan di atas merupakan salah satu keunggulan pisang, selain rasanya yang enak pisang juga mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Tapi dikesempatan kali ini saya sebagai penulis tidak membahas tentang khasiat buah pisang, melainkan jenis pisang yang belum diketahui orang pada umumnya.

Maka dari itu, yuk bersama kita kenali jenis pisang apa saja yang belum dikenali banyak orang dan masih adakah pisang tersebut?

Jenis-jenis pisang

1. Pisang Raja

ciri-ciri pisang raja

www.wikihow.com

Pisang raja jika diperhatikan dengan jelas, pisang ini mempunyai ciri-ciri buah yang menjuntai ke langit. sedangkan ciri kulit pisang raja tergolong cukup tebal dan sedikit rada kasar. Buah pisang raja akan berubah warna menjadi kuning keemasan ketika buah sudah mulai matang.

Selama buah pisang matang, pisang raja akan menimbulkan bau harum yang dapat menggoda selera.

Bau harus tersebut merupakan salah satu keunggulan yang terdapat pada pisang rasa. Bau yang menyengat sedap tersebut tidak ditemukan pada jenis pisang lain, melainkan pisang raja itu sendiri. Bahkan tidak hanya itu, keunggulan lain yang dimiliki pisang raja ini adalah ukurannya sempurna.

Pada umumnya pisang ini aktif dikonsumsi secara langsung ataupun tidak langsung. Ketika menikmati pisang rasa secara langsung biasanya disajikan ketika setelah makan.

Sedangkan secara tidak langsungnya adalah pisang ini cenderung di olah menjadi makanan camilan seperti keripik pisang dan pisang sale.

Pisang yang diolah menjadi makanan camilan tersebut harus pisang yang masih hijau (muda). Karena, akan lebih nikmat dibandingkan dengan buah yang sudah kuning keemasan (matang).

2. Pisang Barangan

jenis pisang barangan

wpengine.net

Bentuk dan ciri dari pisang barangan ini adalah pisang barangan mempunyai tekstur buah yang tegak lurus dan panjang.

Diperkirakan panjang buah pisang barangan tersebut mencapai 11 cm dengan diameter 30 mm.

Ketika kulit pisang ini dikupas, maka daging pisang akan terlihat putih sedikit menguning.

Pisang barangan memiliki rasa manis yang begitu melekat sehingga membuat masyarakat ketika belanja di pasar supermarket mengincar jenis pisang ini.

Bahkan tidak hanya rasa manis saja, dapat dipastikan bahwa pisang barangan tidak menyimpan biji. lain halnya dengan pisang lainnya.

Pisang ini cenderung menjadi makanan istimewa di dalam sebuah acara acara pesta pernikahan.

Pisang barangan ini dapat kamu temukan di beberapa daerah diantaranya Sumatera Utara. Karena, di Sumatra Utara pisang barangan menjadi komoditi unggulan. Namun saat ini, pisang ini tidak hanya ada di Sumatera Utara, melainkan di beberapa pulau lainnya seperti daerah Jawa dan sekitarnya mulai menyuplai jenis pisang barangan.

Pisang barangan mengandung gizi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram pisang barangan menyimpan 110 kal energi, 25,8 gr karbohidrat, 1,2 gr protein dan 3 gr vitamin C. Wow!

3. Pisang Mas

ciri-ciri pisang mas

www.keyword-suggestions.com

Pisang mas merupakan nama tren yang sudah dikenal banyak orang pada umumnya. Selain namanya yang unik, pisang ini juga mempunyai warna yang tak kalah unik dibandingkan namanya yaitu kuning keemasan.

Perubahan warna hijau ke kuning setelah pisang sudah mulai berusia kurang lebih tiga bulan matang.

Selain nama dan warnanya yang unik, pisang mas tersebut mempunyai tekstur buah cukup padat dan hanya dilapisi dengan kulit yang tipis.

Ketika jenis pisang mas ini mulai matang dan menguning, pisang akan menimbulkan aroma yang membuat perut lapar. Adapaun karakter buah pisang mas adalah tekstur buah tidak terlalu besar

Menurut orang-orang Indonesia, biasanya pisang mas tersebut lebih tepat jika menjadi makanan penutup di sebuah acara pernikahan. Selain menjadi makanan pencuci mulut pisang mas juga baik dikonsumsi untuk anak-anak guna untuk memperlancar pencernaan anak.

4. Pisang Ambon Lumut

Ciri-ciri pisang ambon lumut

radjapisang.com

Masuk kepada pembahasan yang ke empat pisang ambon. Bentuk pisang ambon ini mempunyai tiga jenis diantaranya pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning.

Adapun karakter dari pisang ambon lumut yaitu buahnya yang lurus dan panjang. Diperkirakan panjang pisang ini kurang lebih 15 sampai 17 cm dengan diameter 42 mm. Pisang ambon lumut ditutupi menggunakan kulit yang tebal.

Pisang ambon lumut mempunyai nilai tersendiri yaitu warna kulit buah tidak berubah seperti biasanya. Mungkin di beberapa jenis pisang akan menguning ketika buah mulai matang, tetapi pisang ini akan tetap berwarna hijau sama sampai berubah menjadi matang.

Pisang ini juga mempunyai ciri khas yang mengeluarkan aroma sedap setelah buah berubah menjadi matang. Di dalam buah pisang ambon lumut tidak menyimpan biji sehingga orang pada biasanya membolehkan pisang raja lumut untuk dikonsumsi anak-anak.

5. Pisang Raja Sereh

Ciri-ciri pisang raja sereh

www.flickr.com

Masuk kepada jenis pisang yang kelima yaitu pisang raja sereh. Pisang raja sereh ini mempunyai gaya dan karakter tersendiri, perbedaan pisang sereh dengan pisang lainnya adalah buah berwarna kuning kecoklatan.

Ketika pisang serah mulai matang, bentuk fisik pisang ini akan berubah menjadi coklat yang dipenuhi dengan bintik-bintik gelap.

Perbedaan lainnya adalah ketika akan memakan pisang ini yang pertama adalah warna daging buah berwarna putih, sedangkan ketika mulai dimakan buah akan terasa lunak dan rasa agak sedikit kecut.

Rasa kecut yang ada pada pisang raja sereh menyimpan banyak nutrisi yaitu: Di dalam satu buah pisang sereh mengandung 110 kkal energi, 1,2 gr protein, 31,1 gr karbohidrat, 0,2 gr lemak, 7 mg kalsium dan 29 mg fosfor. Selain itu pisang sereh juga menyimpan banyak vitamin A, B10 dan vitamin C.

6. Pisang Raja Molo

ciri-ciri pisang molo

pisangrajamonyet.blogspot.com

Jika dilihat dari gambar diatas pisang molo terlihat cukup besar. Ya, buah pisang molo ukurannya memang besar dan cukup panjang. Panjang pisang raja molo kurang lebih mencapai 12 cm dengan diameter 2,4 cm. Beberapa pendapat telah menjelaskan terkait hal ini.

Berat pisang molo sendiri adalah dalam satu buah nya pisang molo 100 gr perbuahnya.

Sedangkan dalam satu sisir pisang raja molo terhitung hingga 10 hingga 13 buah per sisirnya.

Uniknya pisang raja molo adalah pisang akan berubah menjadi warna dengan kuning kemerahan-merahan. Pisang raja molo adalah jenis pisang tanpa biji. Jadi pisang raja molo baik dikonsumsi oleh semua umur.

7. Pisang Kluai Hong Thong

Ciri-ciri buah pisang kluay hong thong

en.phuket.thai-sale.com

Pisang kluai hong thong ini adalah salah satu buah dengan nilai yang cukup tinggi di negara Thailand. Jenis pisang yang satu ini hampir serupa dengan pisang gian cavendish. Hanya saja ukuran pisang kluai hong thong agak sedikit kecil dibandingkan dengan cavendish.

Selain itu pelepah pisang ini berwarna merah jambu dan agak pucat, hal ini yang membedakan pisang kluai hong thong dengan pisang gian cavendish.

Ciri-ciri buah pisang kluai hong thong adalah fisik luar pisang atau kulit pisang agak sedikit tebal dan ketika buah mulai matang pisang tersebut akan berubah menjadi warna kuning. Selain itu pisang kluai hong thong juga mengeluarkan aroma buah yang harum dan menggoda.

Dalam satu buah pisang kluai hong thong yaitu dengan panjang mencapai 15 hingga 22 cm berdiameter 3 – 4 cm. Hanya saja, dalam satu tandan pisang ini berisikan 4 – 6 sisir saja dengan berat 10 – 12 kg.

8. Pisang Giant Cavendish

ciri-ciri pisang giant cavendish

carylsue1.rssing.com

Jenis pisang yang satu ini merupakan komoditas ekspor utama di negara Filipina. Beberapa negara ASEAN juga ikut mengembangkan pisang cavendish untuk ekspor. Namun masih belum bisa menyaingi kesuksesan negara Filipina.

Karakter buah pisang cavendish ini cukup besar karena dilapisi dengan kulitnya yang tebal. Ukuran satu buah cevendish 15  –  22 cm dan berdiameter 3,5 – 4 cm.

Ketika pisang ini matang, kulit pisang cavendish akan berubah menjadi kuning kecerahan dengan daging yang cukup lembut. Rasa buah pisang cavendish tersebut juga sangat luar biasa manis.

Dalam satu tandan terdapat 14  hingga 20 sisir yang setiap sisirnya terdiri dari 16  –  20 buah. Suhu penyimpanan pisang cavendish optimum 13 derajat selsius. pisang cavendish ini jika disimpan akan tahan selama 21 hingga 28 hari.

9. Pisang Kepok

ciri-ciri pisang kepok

aneka-keripik-pisang.blogspot.com

Pisang kepok berkulit cukup tebal. Ketika buah sudah mulai matang daging buah berwarna krem dari warna asalnya yaitu putih.

Pisang kepok memiliki keunikan tersendiri yaitu pisang selalu berwarna hijau disaat muda dan matangnya.

Hanya saja, pada saat matang pisang ini baru bisa diolah menjadi makanan, seperti biasanya pisang kepok ini bisa rebus dan bisa juga digoreng. Selain itu Pisang kepok juga bisa diolah menjadi bahan utama dalam pembuatan kue dan juga bolu.

Keunggulan pisang kepok ini adalah pisang tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya adalah mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.

10. Pisang Nangka

ciri-ciri pisang nangka

www.polowijotemanggung.com

Jenis pisang nangka yang paling banyak peminatnya terutama untuk wilayah Malaysia dan Indonesia. Jika di lihat secara jelas, pisang nangka dengan tekstur buah yang cukup tebal.

Yang menjadi keunggulan pada pisang ini adalah ketika buah tersebut disimpan secara terus menertus di sebuah ruangan tanpa cahaya, kulit pisang nangka akan berubah menjadi warna kuning. Namun jika disentuh buah akan terasa lembek.

Pisang nangka rasanya juga manis sama halnya dengan pisang yang lainnya. Namun, pisang ini akan berasa kecut walau aroma pisang ini cukup wangi.

Dalam satu tandan buah pisang ini terdiri dari 14-24 buah. Jangka panen pisang nangka tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Diperkirakan pisang akan panen setelah berumur 138 hari.

11. Pisang Tanduk

ciri-ciri pisang tanduk

pesara1957.blogspot.com

Pisang tanduk memiliki nama panggilan yang berbeda-beda di negara ASEAN. Di Thailand pisang tanduk dipanggil dengan nama Kluai Nga Chang, lain halnya di Philiphina, warga philiphina biasa menyebutnya dengan nama Tindok.

Sebagian negara di dunia mengutamakan pisang tanduk sebagai sajian makanan yang utama diantaranya, India sebelah utara timur dan tengah.

Pisang tanduk mempunyai ukuran panjang hingga 25-35 cm dan berdiameter 6-7 cm. Pada tiap sikatnya terdiri dari 10-15 buah mencapai berat hingga 7-10 kg. Jenis pisang tanduk ini kurang nikmat jika dinikmati langsung. Akan tetapi akan lebih enak jika dimakan setelah diolah.

12. Pisang Ambon Kuning

ciri-ciri pisang ambon kuning

kuesoes.wordpress.com

Pisang ambon kuning mempunyai ukuran yang cukup besar dan bentuk buah membengkok keatas. Kulitnya berukuran sedang (tidak terlalu tebal dan tipis) dan dagingnya berubah menjadi warna kuning putih sedikit kemerahan setelah matang.

Rasa pada buah pisang ambon kuning cukup manis dan aroma wangi membuat pisang  ini disajikan untuk makanan penutup. Pada tiap sisirnya pisang ini dapat menghasilkan 129 buah.

13. Pisang Lampung

ciri-ciri pisang lampung

pleisbilongtumi.wordpress.com

Pisang lampung tidak jauh beda dengan pisang mas. Yang membedakan pisang lampung dengan pisang mas adalah ekor buah. Namun apabila dilihat secara teliti entah itu dengan ekor pisang lampung tajam sedangkan pisang mas mampal.

Pada tiap tangkainya pisang ini terdapat 6-8 sikat. Pada tiap sikat menghasilkan hingga 18-20 buah. Jenis pisang lampung biasa disajikan untuk makanan penutup (pencuci mulut), karena pisang ini sangat manis jika dinikmati setelah makan.

14. Pisang Awak

ciri-ciri pisang awak

infosahabat.com

Pisang awak pada tiap tangkainya terdiri dari 18 sikat. Pada tiap sikatnya menghasilkan hingga 11 buah. Ukuran pisang ini mencapai 15 cm berdiameter hingga 4 cm. Setelah matang, pisang ini akan berubah warna menjadi putih kekuning-kuningan dengan berat 67,5 gr.

Pisang awak baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Pisang ini dapat memenuhi kebutuhan janin untuk masa pertumbuhannya.

15. Pisang Kapas

ciri-ciri pisang kapas

dipertanaknunukan.blogspot.com

Pisang kapas lebih cenderung dijadikan sebagai olahan makanan, karena rasa dan baunya kurang cukup nikmat untuk dikonsumsi secara langsung.

Pada tiap satu sisir berjumlah 15 buah dengan ukuran mencapai 6 cm. Bentuk kulit pada buah pisang kapas tidak tipis dan buah akan berwarna kuning dengan bintik hitam setelah matang.

16. Pisang Tongkat Langit

ciri-ciri pisang tongkat langit

mamawilda.blogspot.com

Pisang tongkat langit dapat Anda temukan di daerah Maluku. Salah satu keunikan pisang ini yaitu tangkainya yang mencakar langit. Setelah pisang mulai matang akan memancarkan warna buah berwarna merah jingga, inilah yang membuat uniknya pisang tongkat langit.

Pada umumnya pisang tongkat langit dimanfaatkan untuk ramuan obat, karena menurut mereka dapat mencegah penyakit kuning Berat.

Berat satu tandan pisang tongkat langit berkisar antara 1,2 kg pertandannya dengan panjang mencapai 20 cm dan berdiameter 13 cm.

17. Pisang Ambon Putih

ciri-ciri pisang ambon putih

masakanpraktis.com

Pisang merupakan pisang terpopuper di salah satu di Filipina, masyarakat Filipina menyebutnya dengan pisang ambon,.

Sedangkan masyarakat Malaysia menyebut pisang ini dengan nama pisang embun dan kluai hom dok mai di Thailand.Ukuran buahnya juga mengalahkan pisang ambon lumut.

Setelah buah mulai matang, warna buah akan memancarkan warna  kuning keputih-putihan dan daging buah berwarna putih kekuningan. Rasa daging buahnya manis walau sedikit masam dengan aroma harum.

Di samping itu, pisang ini cenderung menjadi makanan penyaji tamu dan dijadikan sebagai makanan pemula untuk bayi.

Satu tandan pisang ambon putih berisi 10 – 14 sisir, beratnya 15 – 25 kg. Setiap sisir terdiri dari 14 – 24 buah. Pisang ambon putih dapat dipanen dalam jangka waktu 163 hari setelah berbunga. Suhu penyimpanan optimum 14 C. Daya simpannya 14 – 17 hari.

18. Pisang Badak

ciri-ciri pisang badak

kpcipaku.wordpress.com

Pisang badak mempunyai ciri yakni berwarna hijau kekuningan apabila buah mulai matang. Kulit hampir menyerupai dengan pisang kapok yang cukup tebal. Dari segi bentuk, pisang ini agak melengkuk dan ujung buah berbentuk seperti cerucup.

Pisang badak bersifat rasa manis dan tanpa biji. selain itu juga baik dikonsumsi langsung setelah matang. Tiap pohon pisang badak terdapat 180 buah setelah pasca panen. Pada tiap buahnya mempunyai berat hingga 75 gram.

19. Pisang Kidang

ciri-ciri pisang kidang

rinaldimunir.wordpress.com

 

Pisang ini terkenal dengan bentuk daging buah yang berwarna putih dan warna merah jingga.

Pada umumnya jenis pisang kidang disajikan sebagai makanan penutup karena, pisang ini sifat aroma yang wangi rasa manis dan nikmat.

Pada tiap tangkainya pisang kidang menghasilkan buah hingga 5 – 7 sikat. Tiap satu tandan terdiri dari 13 buah dengan berat  buah 120 gram.

Ukuran perbuahnya mencapai hingga 12 cm.

20. Pisang Raja Uli

ciri-ciri pisang raja uli

berita.suaramerdeka.com

Satu spesies lagi yang menyerupai pisang raja yaitu pisang raja uli. Pada umumnya pisang ini diolah menjadi bahan olahan makanan camilan, karena, buah pisang raja uli mempunyai rasa yang lebih manis.

Buah ini juga memancarkan aroma bau harum dan sedap ketika buah sudah mulai matang.

Pada tiap tangkai buah pisang ini akan menghasilkan buah 5-8 sisir. Pada tiap buahnya mempunyai berat 120 gr. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan cemilan.

Selesai sudah pejelasan tentang jenis pisang terbaik di Indonesia. Semoga penjelasan ini mudah dipahami sehingga menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply