Mengenal Kandungan dan Khasiat Buah Merah Papua

 

manfaat buah merah

Bagi Anda yang sudah mengenal buah meral papua namun belum tahu apa khasiatnya, di sini kami akan berbagi informasi terkait Manfaat Buah Papua dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Buah Merah Papua

Buah merah merupakan tanaman sejenis buah tradisional dari tanah papua. Bagi sekelompok warga papua buah merah menyebutnya sebagai kuans. adapun nama ilmiahnya adalah Pandanus Conoideus mengapa? karena tanaman buah merah termasuk tanaman spesies tanaman pandan.

Setiap masyarakat papua (Wamena) buah merah disajikan dalam bentuk makanan pembuka disetiapo acara adat bakar batu.

Selain itu buah merah juga dimanfaatkan sebagai makanan obat tradisional yang dapat menghilangkan dan mencegah berbagai penyakit kronis yang diderita setiap orang.

Buah merah dibudidayakan sejak tahun 1983 oleh warga setempat Nicolas Maniagasi.

Kepada siapa saja yang membutuhkan buah merah papua ini Anda bisa mendapatkannya di beberapa daerah setempat Jayapura, Nabire, Manokwari, Wamena.

Potensi utama buah merah secara tradisional dimanfaatkan dalam bentuk minyak nabati oleh masyarakat yang bertempat tinggal didaerah pegunungan dan pantai.

Minyak buah merah juga bisa dipakai untuk penyedap rasa makanan pokok.

Buah merah papua kaya akan kandungan nutrisi dari omega 3, 6 dan mengandung asam lemak omega 9.

Beberapa kandungan lain diantaranya antioksidan berupa karotenoid yang cukup tinggi dan mineral Fe, Mg, Ca, dan Zn.

Khasiat Buah Merah Papua

Mencegah Kanker dan Tumor

Buah merah dipercaya dapat mencegah penyakit kanker dan tumor. Dua senyawa tokoferol adn betakaroten yang tinggi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah pelebaran sel kanker.

Tekanan Dara dan Stroke

Tekanan darah tidak stabil dan strok disebabkan karena aliran darah yang tidak normal sehingga terjadinya penggumpalan darah. Kandungan di dalam buah merah dapat mencegah gumpalan darah sehingga sirkulasi darah meningkat dan tekanan darah menjadi normal kembali.

Aids

HIV Aids merupakan penyakit berbahaya namun buah merah dipercaya dapat mengobati aids walau sebenarnya belum dilakukan penelitian secara mendalam. Hal ini hanya dipercaya oleh masyarakat papua.

Yang memungkinkan buah merah bisa mengobati aids yaitu di dalamnya mengandung tokoferol dan betakaroten yang cukup tinggi. Selain itu antioksidan di dalamnya juga akan menambah kekebalan tubuh karena aids merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus kemudian melumpuhkan sistem kekebalan tubuh.

Diabetes Melitus

Diabetes disebabkan karena kelenjar pankreas yang tidak akan sanggup memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Dampaknya adalah kandungan gula dalam darah menjadi meningkat.

Kandungan tokoferol dalam buah merah papua juga bisa meningkatkan sistem kerja kelenjar pankreas, sehingga kegunaan pankreas menjadi normal kembali.

Osteoporosis

Osteoporosis bisa terjadi pada siapa saja tak terkecuali wanita ataupun pria. Jenis penyakit ini disebabkan oleh kerapuhan tulang.

Dengan adanya buah merah papua masyarakat Jayapura meyakini bahwa tanaman ini dapat mencegah ternjadinya penyakit osteoporosis karena di dalamnya meyimpan kalsium yang cukup baik.

Gangguan Mata

Karoten menjadi peran penting dalam organ tubuh manusia selain penyakit berbahaya lainnya karoten juga bisa mencegah berbagai macam jenis penyakit mata yang biasanya ditimbulkan karena kurangnya mengonsumsi vitamin A.

Meningkatkan Vitalitas Tubuh Pria

Buah merah papua juga diperkaya oleh vitamin E yang sangat baik. Vitamin E berkhasiat meningkatkan vitalitas pria. Maka tak heran kalau masyarakat papua hanya mengandalkan buah merah untuk meningkatkan vitalitas. Selain aman buah merah juga tidak mengandung efek samping yang berbahaya.

Leave a Reply