Cara Membedakan Kurma Asli dengan Kurma Palsu

Kurma adalah tanaman palma dalam genus Phoenix, bunya dapat dimakan. Tak seorang-pun yang mengetahui asal pokok kurma tersebut sehingga ada yang berasumsi bahwa tanaman kurma ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.

Kurma menjadi salat satu makanan pokok di negara Timur Tengah. Kebiasaan ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu.

Di jaman berikutnya orang Arab memperkenalkan tanaman kurma di beberapa wilayah Asia, Afrika, Spanyol dan Italia.

Kurma dikenal pertama kali oleh bangsa Spanyol kepada masyarakat Mexico dan California Mission San Ignacio yaitu pada tahun 1765.

Nah, sebaiknya Anda perlu waspada dalam membeli jenis kurma karena sudah tak aneh bahwa kurma di jaman saat sekarang ini dikenal palsu

1. Kurma Ajwa

Kurma asli

ransial.qsite.dk

Kurma Ajwa berasal dari kota Madinah Saudi Arabia. Kurma Ajwa mempunyai predikat harga yang cukup tinggi. Adapun karakter kurma Ajwa tersebut adalah buah kurma Ajwa berukuran kecil dengan warna kulit yang cukup hitam.

Dapat dipercaya oleh masyarakat Arab sendiri bahwa jenis kurma Ajwa ini menjadi kurma favorit Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

Pada saat itu, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam selalu makan kurma ketika hendak berbuka puasa. Kemudian beliau memilih kurma Ajwa dari sekian banyak kurma yang ada di hadapannya.

Dikisahkan oleh Ajwah, nama seorang anak dari Salman Alfarisi seseorang yang memeluk agama Nasrani hingga akhirnya berpindah dan memeluk agama Islam dan mewakafkan kebun kurmanya di jalan Islam untuk perjuangan Islam.

2. Kurma Deglet Noor

kurma asli

www.beabeeinc.com

Pada umumnya Kurma jenis ini disukai oleh orang Amerika Serikat dengan alasan kurma deglet noor menyimpan rasa yang sangat berbeda dibandingkan kurma lainnya.

Jika pada umumnya kurma lain yang ada dipasaran diburu karena rasanya yang manis, kurma deglet noor malah sebaliknya. Kurma deglet noor tersebut disukai oleh orang Amerika karena rasanya yang tidak terlalu manis.

Selain di Amerika Serikat, jenis kurma deglet noor ini juga menjadi idaman negara Aljazair, Tunisia dan libya.

Sedangkan di negara Indonesia jenis kurma yang satu ini memang kalah banding peminatnya, karena lidah orang Indonesia cenderung dengan yang manis-manis.

3. Kurma Amer Hajj

kurma asli

www.datecoop.com

Kurma jenis ini dapat kita temui di negara Irak. Masyarakat Irak sendiri menyebut kurma tersebut dengan sebutan Amir Haji.

Adapun karakter dari buah kurma ini yaitu buah kurma Amer Haji memiliki daging yang lembut dan juga tebal. Pada beberapa tradisi di Irak kurma jenis ini memiliki nama tren “welcome kurma”.

Makna dari welcome kurma adalah kurma khusus disajikan kepada tamu yang datang untuk naik haji.

4. Kurma Mozafati

kurma asli

www.imagejuicy.com

Jenis kurma ini banyak tumbuh di Irak. Dalam beberapa tradisi kurma ini biasa dikenal dengan “welcome kurma” untuk menyambut tamu. Kurma ini memiliki masa ketahan yang sangat lama, bahkan disimpan selama 2 tahun di dalam suhu -5 derajat. Sesuai dengan namanya, kurma ini dikembangkan di daerah Mozafati.

5. Kurma Umelkhashab

kurma asli

en.academic.ru

Kurma yang satu ini memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Jenis kurma ini berasal dari Saudi Arabia. Selain rasanya yang unik, kurma ini juga banyak dibeli pengunjung. Umelkhashab memiliki warna sedikit kemerahan

6. Kurma Saidi

kurma asli

egypttoday.com

Kurma ini merupakan kurma yang paling populer di Libya. Karena, bentuknya tidak jauh beda dengan kurma sekkeri

7. Kurma Sekkeri

kurma asli

rahadiona.blogspot.com

Kurma ini memiliki warna coklat kegelapan, namun buah nya memiliki daging yang sangat lembut dan rasa manis yang khas.

8. Kurma Zaghloul

kurma asli

elsaqr2008.com

Kurma yang satu ini memiliki bentuk yang panjang dan agak sedikit lonjong. Warnanya merah gelap, rasanya yang manis akan tetap melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang ekslusif dan harganya sangat mahal di Mesir. Bahkan kurma ini hanya orang-orang tertentu saja yang mengkonsumsinya.

9. Kurma Thury

kurma asli

pinrizal.blogspot.com

Kurma thuri merupakan yang paling populer di Algeria. Karakter warnanya sedikit coklat kemerahan dan kulit cenderung kering dan keriput.

10. Kurma Halawi

madu asli

vustudents.ning.com

Kurma halawi yang di dalam Bahasa Arab adalah Holwah yang artinya manis. Kurma ini memang memiliki rasa yang sangat manis jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Leave a Reply