Nama Lain Hari Kiamat Menurut Al Quran

Mengingat akidah seorang muslim yaitu percaya dengan adanya hari kiamat. Hari kiamat mempunyai nama lain yaitu hari berbangkit, dimana setiap orang yang sudah mati akan dibangkitkan kembali di hari yang sudah ditentukan Allah Subhanahu Wataala.

Perkara kiamat adalah salah satu bentuk tauhid rububiyah. Karena, kaum kafir Quraisy termasuk orang yang rusak dalam hal tauhid rububiyah. Dengan artian “kaum kafir Quraysi mendustai adanya hari berbangkit (kiamat)”.

Apa itu Hari Kiamat?

nama lain hari kiamat

pixabay.com

Kiamat yaitu tragedi yang akan terjadi di alam semesta, sehingga menimbulkan seluruh isinya hancur berkeping-keping dan tak seorangpun yang bisa lari perkara ini. Terjadinya hari kiamat ditandai dengan suara terompet sangkakala yang dimiliki oleh Malaikat Israfil.

Malaikat Izrafil meniupkan terompet sangkakala tidak semata karena keinginannya sendiri melainkan atas izin Allah Subhanahu Wataala.

Setelah semua makhluk yang hidup mati, kemudian Allah Subhanahu Wataala memerintahkan kembali untuk ditiupkan terompet sangkakala kedua. Suara terompet kedua fungsinya adalah untuk membangunkan makhluk yang sudah tak bernyawa.

Macam-macam Kiamat

Kiamat yaitu terdiri dari dua macam jensis diantaranya:

1. Kiamat kubro (kiamat besar)

Gambaran hari kiamat besar

tolongshare.beritaislamterbaru.org

 

Kiamat kubro yaitu kiamat (tragedi) yang dapat menyebabkan hancur leburnya dunia dan seisinya. Tidak seorang pun yang dapat menghindar dari kiamat kubra.

Ketika kiamat kubra sudah terjadi maka selanjutnya manusia akan masuk dalam tahap berikutnya yaitu alam barzah (alam kubur).

Kiamat kubro atau kiamat besar hanya akan terjadi satu kali. Setelah kiamat kubro terjadi, semua makhluk di muka bumi akan beterbangan layaknya kapas yang ditiup. Tak terkecuali gunung-gunung akan merasakan hancur karena kiamat kubro.

2. Kiamat Sugra (kiamat kecil)

tanda-tanda kiamat sugra kecil

abuibrahim.blogspot.com

Kiamat sugra yaitu kiamat (tragedi) kecil yang ada disekitar kita sampai saat ini. Sudah tak jarang bagi kita mendengar bentuk kiamat kecil yang terjadi disekitar kita.

Pada umumnya, kiamat sugra yang terjadi sampai saat ini merupakan sebuah tanda yang berikan Allah Subhanallahu Wataala kepada umat manusia supaya menyadari bahwasannya hal tersebut terjadi atas kuasanya.

Selain itu, kiamat sugra juga bisa dikategorikan sebagai “teguran” bahwa mungkin kita sebagai umat manusia telah lupa kepadanya bahkan tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikannya.

Nah, sedikit pengertian dan penjelasan tentang hari kiamat. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini kami selaku penulis akan membahas tentang nama-nama lain yang menyangkut dengan hari kiamat. Apa saja itu? Yuk sekilas kita simak.

#1. Yaumul Qiyamah

tanda-tanda hari kiamat

pixabay.com

Allah Subhanahu Wataala berfirman dalam surat Ghafir ayat 59 yang berbunyi:

إِنَّ السَّاعَةَ لَآتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (QA. Gahfir: 59)

Yaumul Qiyamah yaitu hari kiamat. Yaumul Qiyamah ditandai dengan hancurnya seluruh benda hidup maupun benda mati. Semua makhluk hidup akan merasakan hari kiamat. Terkecuali orang yang beriman kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

#2.  Yaumul Ba’ats

hari kebangkitan alam kubur

pixabay.com

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Ar-rum ayat 56 yang berbunyi:

وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَالْإِيمَانَ لَقَدْ لَبِثْتُمْ فِي كِتَابِ اللَّـهِ إِلَىٰ يَوْمِ الْبَعْثِ ۖ فَهَـٰذَا يَوْمُ الْبَعْثِ وَلَـٰكِنَّكُمْ كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir), Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit, maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakininya”. (QS. Ar-Rum: 56)

Hari berbangkit (Yaumul Ba’ats) merupakan hari dimana seluruh umat manusia dimatikan, kemudian dibangkitkan kembali dalam keadaan semula.

Setelah orang-orang itu dibangkitkan, maka salah seorang diantara mereka saling bertanya satu sama lain.

#3. Ad Darul Akhirah

alam akhirat

pixabay.com

وَمَا هَـٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman”.

Ad Darul Akhirah (negeri akhirat). Ketika manusia telah mati, maka terputuslah semua perkaranya di dunia. Ia hanya memiliki urusan akhirat.

#4. Yaumul Jaza

hari pembalasan atau pertanggungjawaban

pixabay.com

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-Fatihah ayat 4 yang berbunyi:

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

“Yang menguasai di Hari Pembalasan”. (QS. Al-Fatihah:4)

Yaumud jaza diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah hari pembalasan. Di alam akhirat setiap amal yang dikerjakan di dunia, akan dipertanggungjawabkan di hari pembalasan. Apakah itu amal baik ataupun amal buruk.

Maka Beruntunglah bagi orang yang mengerjakan amalan baik, sehingga balasannya adalah Surga. Namun, celakalah bagi orang yang beramalan buruk tempat kembalinya adalah Neraka

#5. Yaumul Tanad

jeritan manusia

pixabay.com

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Ghafir ayat 32 yang berbunyi:

وَيَا قَوْمِ إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ يَوْمَ التَّنَادِ

“Wahai kaumku, Sesungguhnya aku takut kepada kalian pada hari saling memanggil’”. (QS. Ghafir: 32)

Di alam akhirat seluruh umat manusia akan dikumpulkan bersama-sama. Sehingga mereka menyeru satu sama lain. atau disebut dengan “Ad Darul”.  Dan tak seorangpun yang dapat menjawabnya.

#6. Yaumul Hasrah

nama lain hari kiamat

pixabay.com

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Maryam ayat 39 yang berbunyi:

وَأَنذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الْأَمْرُ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ وَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman”. (QS. Maryam:39)

Setiap makhluk hidup akan merasakan mati. Maka di saat itu pula Malaikat penjaga kubur akan bertanya tentang amalan-amalan mereka selama di dunia.

Dan telah datang rasa penyesalan bagi mereka tentang amalan-amalan yang mereka kerjakan selama hidup di dunia.

#7. Yaumul Fashl

hari pemisah bagi islam dan kafir

pixabay.com

هَـٰذَا يَوْمُ الْفَصْلِ الَّذِي كُنتُم بِهِ تُكَذِّبُونَ

“Inilah hari pemisahan yang dahulu kamu dustakan”. (QS. Ash Shaffat: 21)

Yaumul Fashl adalah hari pemisah. Akan datang suatu masa terpisahnya hubungan antara yang beriman dengan orang kafir.

Pada saat itu seluruh umat manusia akan terbagi menjadi dua kelompok yaitu mengikuti apa yang mereka anut selama di dunia Islam dan Yahudi.

Bagi pengikut Islam tempatnya adalah Surga, sedangkan yahudi tempatnya adalah Neraka.

#8. Yaumul Jama’

hari berkumpulnya seluruh umat

pixabay.com

Allah Subhanahu Wata’ala befirman dalam surat Asy-Syura ayat 7 yang berbunyi:

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لِّتُنذِرَ أُمَّ الْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚفَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ

“Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam”. (QS. Asy-Syura: 7)

Yaumul Jama’ adalah hari berkumpul. Dimana seluruh umat manusia, mulai dari sejak zaman Nabi Adam Alaihissalam sampai pada umat Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam akan dikumpulkan untuk dimintai pertanggungjawaban atas semua yang dikerjakan selama di dunia.

Tak terkecuali itu amal baik maupun buruk. Setiap manusia akan mendapatkan pertanyaan dari Allah Subhanahu Wata’ala.

#9. Yaumul Hisab

hari perhitungan amal manusia

pixabay.com

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Shad ayat 53 yang berbunyi:

هَـٰذَا مَا تُوعَدُونَ لِيَوْمِ الْحِسَابِ

“Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari berhisab” (QS. Shad :53)

Yaumul hisab adalah hari perhitungan. Di alam akhirat semua amalan-amalan akan dilaporkan kepada Allah Subhanahu wata’ala. Hingga pada akhirnya diperhitungkan kembali.

Tak satu pun amalan yang terlewatkan, karena Allah subhanahu Wata’ala maha teliti. Setelah amalan manusia dihitung, semua akan dipertimbangkan.

Jika baik amalannya maka Allah Azza Wajalla akan memberikan balasan yang setimpal (Surga). Begitu juga sebaliknya, apabila buruk amalan tersebut, maka balasannya juga akan sama dengan apa yang dilakukannya (Neraka).

#10. Yaumul Wa’id

tiupan terompet sangkakala

pixabay.com

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Qaf yang berbunyi:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ ۚ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْوَعِيدِ

“Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang dijanjikan.” (QS. Qaf: 20)

Yaumul Wa’id adalah hari yang dijanjikan. Pada hari yang dijanjikan ini (Yaumul Wa’id) semua orang yang mendustakan hari kiamat akan terkejut ketika mendengar suara terompet sangkakala malaikat Izrafil.

Namun hal itu tidak akan dapat mengubah imannya, semua yang ada dimuka bumi akan hancur begitu juga setelahnya, semua yang mati akan dihidupkan kembali layaknya manusia biasa.

#11. Yaumul Khulud

kebahagiaan akhirat kekal

pixabay.com

ادْخُلُوهَا بِسَلَامٍ ۖ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْخُلُودِ

“Masukilah ke (dalam surga) dengan keselamatan. Itulah hari yang kekal.” (QS. Qaf: 34)

Yaumul Khulud adalah hari kekal. Di dalam ayat tersebut bahwasannya janji Allah Subhanahu Wata’ala kepada hamba itu adalah benar-benar nyata. Dimana pada hari tersebut semua hamba Allah yang beriman akan dimasukkan kedalam surga yang pernah di janjikan.

Maka, berseri dan berbahagialah orang yang beriman tersebut. Lain halnya dengan orang kafir, Allah menjanjikan tempat baginya neraka, sesungguhnya janji Allah itu nyata.

#12. Yaumul Khuruj

hari bangkitnya manusia dari kubur

pixabay.com

يَوْمَ يَسْمَعُونَ الصَّيْحَةَ بِالْحَقِّ ۚ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْخُرُوجِ

“Pada hari ketika mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)”. (QS. Qaf: 42)

Yaumul khuruj adalah hari berbangkitnya seluruh manusia dari alam kubur. Setiap manusia yang sudah mati akan datang masa dimana semua makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wata’ala khusunya manusia akan dibangkitkan dari kubur.

#13. Al Waqi’ah

menimbulkan kerusakan di bumi

pixabay.com

إِذَا وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ

“Apabila terjadi hari kiamat”. (QS. Al-Waqiah: 1)

Al Waqiah adalah hari kiamat. Filosofi hari kiamat yaitu tragedi yang menyebabkan banyak kerusakan di muka bumi. Semua umat manusia tidak akan pernah tahu kapan terjadinya hari kiamat. Akan tetapi hari kiamat itu pasti datang.

#14. Al Haqqah

menghancurkan kaum 'adn dan tsamud

pixabay.com

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحَاقَّةُ

“Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu? (QS. Al-Haqqah: 3)

Dalam firman Allah tersebut, Allah bertanya kepada hambanya mengenai hari kiamat. Kemudian Allah juga menjelaskan tentang gambaran hari kiamat tersebut. Karena, di zaman kaum ‘Adn dan Tsamud mereka telah mendustakan hari kiamat, sehingga Allah Subhanahu Wataala melenyapkan kaum itu sendiri.

#15. At Thammatul Kubra

kiamat besar

pixabay.com

فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَىٰ

“Maka apabila bencana yang sangat besar (hari kiamat) telah datang.” (QS. An-Nazi’at: 34)

At Thammatul Kubra adalah bencana yang dahsyat. Bencana dahsyat ini hanya akan terjadi sekali. Tak seorang pun yang bisa menghindar dari bencana ini. Semuanya akan hancur luluh bagaikan kapas yang bertaburan.

Bencana ini terjadi tepat pada waktu yang sudah ditetapkan Allah Subhanahu Wata’ala. Tak seorangpun yang dapat mengubahnya termasuk Malaikat dan Nabi Muhammad Salallahu alaihi wasallam.

#16. Yaumul Thagabun

pintu surga dan neraka

pixabay.com

Hari kiamat yaitu akan datang hari untuk dibukakan semua kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan manusia selama hidup di dunia.

Jika amalan yang dibukakan itu baik, maka Allah akan membukakan baginya pintu surga. Apabila amalan yang dibukakan Allah Subhanahu Wataala buruk maka tempat yang hina bagi orang itu adalah neraka.

#17. Darul Qarar

dunia hanya kebagagiaan sesaat

pixabay.com

يَا قَوْمِ إِنَّمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَإِنَّ الْآخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ

“Wahai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah kesenangan sementara. Dan sesungguhya akhirat itu adalah negeri tempat kembali”. (QS. Ghafir: 39)

Darul Qarar adalah tempat kembali. Semua yang diciptakan Allah Subhanahu Wataala pasti akan kembali. Semua yang hidup akan merasakan mati dan yang mati akan kembali kepada Allah Subhanahu Wataala.

#18. As Saah

tidak ada keraguan tentang alam akhirat

pixabay.com

إِنَّ السَّاعَةَ لَآتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (QS. Ghafir: 59)

As Saah adalah waktu yang dirahasiakan. Sejak Nabi Adam hingga Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Tak terkecuali umat manusia.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Selain itu juga dapat meningkatkan keimanan kita sebagai umat muslim. Yang salah datangnya dari saya dan yang benar hanya milik Allah semata.

Akhirul Kalam Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

Leave a Reply