Melihat Keindahan Obyek Wisata Kawah Domas Tangkuban Perahu Bandung

Wisata Kawah Domas merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di kota Bandung, Jawa Barat. Kawah Domas sendiri masih satu wilayah dengan Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal karena kisah percintaan terlarang Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Jarak Objek Wisata Kawah Domas hanya sekitar 1.2 km, namun kawah ini masih belum seterkenal wisata alam Gunung Tangkuban Perahu. Karena itu, tempat ini tidak terlalu ramai dikunjungi oleh pengunjung walaupun ada papan penunjuk kecil yang menunjukkan arah Kawah Domas.

Ada beberapa kemungkinan yang membuat para wisatawan tidak memilih untuk berkunjung ke Kawah Domas, diantaranya:

  1. Papan penunjuk yang kecil sehingga tidak terlihat oleh wisatawan.
  2. Wisatawan lebih memilih berkunjung ke Kawah Ratu atau Gunung Tangkuban Perahu yang sudah terkenal karena Kawah Domas dianggap tidak menarik.
  3. Wisatawan memiliki waktu yang terbatas sehingga hanya bisa mengunjungi objek wisata yang terkenal saja.

Padahal di Kawah Domas ini Anda bisa merebus telur sendiri menggunakan panas dari kawah. Harga telur yang dijual pun bervariasi, dari 2rb-5rb rupiah tergantung kepiawaian Anda dalam menawar dan memilih penjual.

Jarak perjalanan yang harus ditempuh dengan kaki hanya sejauh 1.2 km. Tentu bagi Anda yang sudah terbiasa mendaki gunung, jarak ini bukanlah masalah. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa mendaki gunung, sebaiknya atur napas dengan benar. Apalagi jalur yang digunakan terkenal curam dan licin.

Untungnya para wisatawan tidak perlu khawatir, karena jika memiliki uang lebih, Anda bisa kembali ke jalan aspal dan menggunakan angkot yang siap mengantar Anda sampai ke tempat tujuan atau pulang kembali ke Kawah Ratu.

Wisata Kawah Domas Tangkuban Perahu Bandung

menerjemahkan.com

Walaupun disebut kawah, namun pemandangan Kawah Domas ini jauh berbeda dengan Kawah Ratu maupun Kawah Upas. Pemandangan pada Kawah Domas didominasi oleh bebatuan dan longsoran tebing berwarna putih. Sementara pemandangan kawah lainnya biasanya hanya berbentuk kawah tanpa adanya longsoran tebing.

Jangan lama-lama main di kawah ini ya. cukup satu jam saja.

Beberapa rongga pada tebing terlihat berwarna kekuningan dan mengeluarkan asap belerang. Bau belerang di tempat ini cukup kuat, sehingga Anda yang tidak kuat dengan bau belerang sebaiknya membawa masker penutup hidung.

Pemandangan Kawah Domas tidaklah seindah Kawah Ratu yang memiliki panorama alam mengesankan. Tetapi Kawah Domas mempunyai sumber mata air panas yang tidak pernah berhenti bergejolak dan bisa digunakan untuk merebus telur.

Disini juga banyak ditemukan kawah atau kubangan kecil yang bisa digunakan untuk merendam kaki. Air belerang dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Untuk mengunjungi Kawah Domas, ada 2 alternatif jalur yang bisa Anda pilih, yaitu parkiran Kawah Domas dan parkiran Kawah Ratu. Kedua jalur ini merupakan jalan setapak. Jika fisik Anda pas-pasan, sebaiknya pilih parkiran Kawah Domas yang jalurnya datar dan hanya berjarak 500 meter.

Jika Anda termasuk orang yang gemar berpetualang, jalur Kawah Domas tetap direkomendasikan karena Kawah Ratu memiliki jalur yang lebih panjang, berbukit dan licin.

Jalur menuju Kawah Domas sudah pasti menurun, namun jangan lupa hitung stamina Anda ketika kembali naik nanti. Jangan sampai stamina Anda sudah habis ketika sampai kawah dan tidak bisa naik. Kalau itu terjadi, maka Anda harus bersiap merogoh kocek lebih untuk naik ojek seharga 60-100rb rupiah. Tentu harga itu sangatlah mahal, mengingat di tempat wisata bandung seperti ini sangat banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mencari makan dari memanfaatkan para wisatawan.

Jadi kapan Anda mau berwisata bandung ke Kawah Domas?

 

One Response

  1. fanny fristhika nila October 23, 2016

Leave a Reply