Sejarah Ukuran Lapangan dan Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Permainan Bola Voli  – Bola Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang berbeda (berlawanan). Tiap-tiap regu terdiri dari enam orang pemain.

Olahraga bola voli berada dalam pengawasan FIVB (Federation Internationale de VolleyBall) sebagai induk organisasi bola voli nasional, sedangkan di negara Indonesia dilindungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.)

Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli

forum.maxmanroe.com

Permainan bola voli pertama kali ditemukan kemudian diberinama Mintonette oleh seseorang yang bernama William G. Morgan. Mintonette (Volley Ball) diciptakan oleh William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke Massachusetts (Amerika Serikat).

William G. Morgan berasal dari New York yang dilahirkan di Lockport pada tahun 1870.  William G. Morgan meninggal dunia pada tahun 1942.

William G. Morgan menciptakan Mintonette empat tahun sesudah James Naismith menciptakan permainan basketball.

Pergantian nama dari Mintonette menjadi bola voli terjadi pada tahun 1896.

Pada saat demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Education Training School sekaligus menjadi Executive Director of Department od PhysicalEducation of the International Commitee of YMCA mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang sudah ia ciptakan di stadion kampus yang baru.

Dalam sebuah konferensi yang berada di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh smua instruktur pendidikan jasmani.

Pada kesempatan itu, Morgan mengajak dua tim yang mana tiap timnya berjumlah lima orang. Dikesempatan itu pula Morgan memaparkan pendapatnya tentang permainan bola voli “permainan bola voli dapat dimainkan di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan bebas”.

Dengan penjelasan tersebut kemudian menambahkan pendapatnya yaitu “permainan bola voli dapat dimainkan oleh banyak tim”. Tak ada halangan dalam jumlah pemain yang menjadi peraturan standar dalam permainan bola voli.

Adapun target dari permainan bola voli yaitu mempertahankan bola supaya tetap berpindah melewati net yang tinggi, dari pihak tim sendiri ke tim lawan.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

sejarah permainan bola voli indonesia

pixabay.com

  • Permainan bola voli di Indonesia memang sangat cepat perkembangannya, karena bermain bola voli tidak membutuhkan lapangan yang luas layaknya sepak bola. Selain itu, permainan bola voli dapat dimainkan oleh siapa saja.
  • Alat yang digunakan dalam permainan bola voli juga tidak terlalu berat dan sangat sederhana. Hanya membutuhkan bola dan net.
  • Permainan bola voli dapat menghibur penontonnya bahkan pemainnya sekalipun. Permainan ini sangat menghibur dikalangan publik saat ini.
  • Bermain bola voli jauh dari yang namanya kecelakaan keras. Adapun kecelakaan dalam bermain bola voli hanya luka ringan. Jadi resiko kecelakaan juga sangat kecil.
  • Permainan bola voli bisa dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. dan dapat dimainkan oleh siapa saja tak terkecuali anak berusia 17 tahun kebawah.

Masuknya permainan bola voli ke Indonesia sejak masa penjajahan belanda melewati jalur perdagangan yaitu pada tahun 1928. Perkembangan permainan bola voli berjalan dengan cepat, hal ini dikarenakan kebutuhan olahraga rakyat Indonesia yang begitu besar.

Untuk itu, permainan bola voli di Indonesia masuk dalam pertandingan pekan olahraga nasional (PON) kedua pada tahun 1952 yang diresmikan di Jakarta. Sampai saat ini voli termasuk salah satu cabang olahraga resmi yang selalu hadir dalam setiap kejurnas (kejuaraan nasional).

Persatuan bola voli diseluruh Indonesia (PBVSI) merupakan induk organisasi bola voli di Indonesia yang berdiri pada tanggal 22 januari 1955.

Kala itu yang menjabat sebagai ketua yaitu W. J. Latumenten. Kemudian setelah berdirinya persatuan bola voli di seluruh Indonesia (PBVSI) maka diadakan untuk pertama kalinya kongres dan kejuaraan nasional pada tanggal 28 – 30 Mei 1955 yang dihadirkan di Jakarta.

Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli

www.volimaniak.com

Permainan bola voli terdiri dari:

  • Bola
  • Lapangan
  • Net

Sesuai standar nasional dan internasional Ukuran bola voli, net dan juga lapangan telah ditentukan sejak terciptanya Sama halnya dengan olahraga bola lainnya.

Bola voli juga mempunyai ukuran standar tersendiri, baik standar nasional yang sudah ditetapkan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh  Indonesia) atau standar Internasional yang ditetapkan oleh FIVB (Federation Internationale Volley Ball).

Ukuran Bola Voli

  • Bola Voli mempunyai ukuran keliling lingkaran 65 hingga 67 cm
  • Tekanan bola voli mencapai 294,3 sampai dengan 318,82 mbar atau hpa
  • Berat bola voli 260 sampai 280 gram

Ketiga keterangan diatas mesti terpenuhi dalam pelaksanaan permainan bola voli.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Lapangan bola voli bentuknya persegi panjang yang dibagi menjadi dua bidang. Pada dua bidang tersebut dipisahkan oleh sebuah net (jaring) pembatas.Ditengah lapangan terdapat sebuah garis tengah yang berada dibagian bawah net.

Selain itu, masing-masing bidang terdapat sebuah garis serang. Garis yang dinamakan garis serang ini membagi tiap-tiap bidang menjadi dua zona yakni zona belakang dan zona depan (wilayah serang).  Maka dari itu FIVB (Federation Internationale de Volley Ball) menetapkan ukuran lapangan sesuai standar.

  • Panjang ukuran lapangan bola voli yaitu 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli yaitu 9 meter
  • Jarak antara garis tengah dan garis serang di luar belakang lapangan bola voli yaitu 1,75 meter
  • Zona bebas luar lapangan bola voli yaitu minimal 3 meter
  • Tebal garis yang terdapat dalam lapangan voli yaitu 5 cm
  • Tinggi jarak atas atau langit-langit lapangan bola voli yaitu minimal 7 meter (in door)

Tinggi Net Bola Voli

Tinggi net bola voli terdiri dari dua bagian yaitu tinggi net bola voli pria berbeda dengan tinggi net putri.

  • Tinggi net lapangan bola putra yaitu 2,43 meter
  • Tinggi net lapangan bola voli putri yaitu 2,24 meter
  • Tinggi antena atas net yang terdapat dalam lapangan voli yaitu 80 cm
  • Tinggi tiang net yang terdapat pada lapangan voli yaitu 2,55 cm
  • Jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli yaitu 1 meter
  • Pita tepian atas net yaitu 5 hingga 1 cm
  • Pita tepian samping net yaitu 5 cm dengan panjang maksimal 1 meter
  • Mata jala net berbentuk persegi dengan ukuran maksimal 10 cm

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dasar adalah salah satu faktor utama yang dapat mengukur tingkat skil kamu dalam bermain bola voli, selain faktor kondisi fisik mental seorang pemain ditambah dengan penyusunan strategi.

Maka dari itu setiap pemain bola voli wajib mengenali teknik-teknik dasar kemudian mempelajarinya. Apabila dalam sebuah tim atau regu paham dengan teknik dasar, sudah dipastikan bahwa tim atau regu itu memiliki kualitas yang bagus.

Secara umum dalam melakukan teknik dasar bermain bola voli yaitu terdiri dari empat jenis.

1# Teknik dasar service

Teknik dasar passing adalah pukulan bola yang dilakukan salah seorang tim yang bertugas di area belakang garis lapangan permainan dengan melewati batas net ke area tim lawan.

Teknik service dilakukan pada saat awal permainan dan sesudah terjadinya kesalahan yang dilakukan masing-masing tim.

Pukulan service bisa berupa serangan apabila bola dipukul keras dan terarah dengan memakai teknik smash.

2# Teknik dasar passing

Teknik dasar passing adalah sebuah usaha dalam anggota tim pemain dengan menggunakan teknik tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan bola sehingga dilanjutkan ke salah satu teman lainnya yang berada di area lapangan tim sendiri.

3# Teknik dasar spike

Teknik dasar smash atau smash adalah serangan yang seringkali dipakai dalam permainan bola voli agar salah satu tim dapat menambah poin dari wasit.

4# Teknik dasar block

Teknik dasar block adalah sebuah upaya untuk mencegah serangan lawan dengan cara menutup serangan (membendung). Teknik membendung merupakan bagian dari pertahanan yang dilakukan oleh tim lawan.

Pada permainan bola voli dibutuhkan pengetahuan yang baik mengenai teknik-teknik dasar supaya pelaksanaan permainan dalam tiap tim bisa bermain lebih efektif.

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa teknik dasar bola voli yang telah dijelaskan sebelumnya.

Teknik Dasar Service Bola Voli

Service adalah teknik dasar awal yang harus diketahui oleh pemula. Teknik service dilakukan dengan cara berdiri di garis belakang lapangan dengan memukul bola ke udara hingga bola yang dipukul mampu melewati net ke arah lapangan tim lawan.

Tujuan dilakukannya service adalah untuk mendapatkan poin dengan melempar bola ke arah lawan yang lemah, sehingga tidak mampu diterima oleh tim lawan.

  • Teknik Dasar Passing Bola Voli

Passing biasa dikenal dengan sebutan reception yaitu sebuah upaya yang dilakukan oleh masing-masing tim pemain untuk menerima bola.

Teknik passing terbagi menjadi dua yakni passing atas dan passing bawah.

  • Teknik Dasar Spike atau Smash Bola Voli

Smash ialah teknik dasar bola voli yang dilakukan memukul bola menggunakan seluruh kekuatan dengan cara melompat, lalu bola yang dipukul diarahkan ke area tim lawan yang kosong. Teknik ini dalam permainan bola voli biasanya dilakukan dalam pukulan ketiga setelah passing.

Mainset dalam menerima bola yaitu pukulan pertama biasanya dilakukan dengan memakai teknik passing bawah. Kedua yaitu pukulan yang dilakukan dengan passing atas dan yang ketiga yaitu melontarkan bola smash dengan dengan teknik smash atau spike.

Seorang yang bertugas sebagai spiker atau penyerang dalam tiap tim biasanya mempunyai postur tubuh dan loncatan yang baik. Hal ini karena saat melakukan teknik smash salah seorang pemain wajib melakukan lompatan dan memukul ketika bola berada di puncak ketinggian.

  • Teknik Dasar Block Bola Voli

Teknik Block dalam bermain bola voli berguna untuk menahan serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dapat dilakukan dengan menggunakan kedua tangan yang disertai dengan lompat tinggi yang seimbang. Setelah itu menahan bola supaya tidak masuk ke dalam wilayah tim sendiri.

Pada permainan bola voli, teknik seperti ini penting untuk dilakukan oleh masing-masing tim. Maka dari itu, setiap pemain penting untuk menguasai teknik block dengan sempurna. Langkah yang dilakukan dalam melakukan teknik block yaitu berdiri dengan kaki yang sejajar. Di waktu yang bersamaan kedua tangan di depan dada dengan posisi tangan menghadap ke arah net lawan.

Posisi Permainan Bola Voli

Terkait permainan bola voli, pelatih masing-masing tim mesti menyusun strategi yang baik agar salah satu tim bisa menguasai permainan dalam pertandingan yang dilaksanakan. Termasuk kepada posisi pemain yang satu dengan yang lainnya.

Berikut ini tim pemain yang berperan penting dalam setiap pertandingan bola voli.

1# Posisi Pemain Bola Voli Tosser (setter)

Tosser yaitu salah seorang dari tim yang bertugas untuk mengoper bola kepada teman satu timnya dengan mengatur ritme jalan permainan voli.

2# Posisi Pemain Bola Voli Spikker (smash)

Spikker yaitu salah satu dari tim yang bertugas sebagai pemukul bola supaya jatuh di wilayah pertahanan lawan.

3# Posisi Pemain Bola Voli Libero

Libero yaitu salah seorang tim yang bertugas sebagai pertahanan dengan cara menahan bola atau serangan dari tim lawan. Pemain tersebut dapat bebas keluar masuk pertandingan voli, hanya saja dilarang untuk melakukan teknik smash.

Pemain libero hanya dapat menggunakan passing bawah atau passing atas apabila bole dapat melewati net.

4# Posisi Pemain Bola Voli Defender (pemain bertahan)

Defender yaitu pemain yang bertugas dalam misi pertahanan dalam menyambut serangan yang dilontarkan tim lawan.

Demikianlah ulasan tentang teknik dasar permainan bola voli dilengkapi dengan teknik dasar serta sejarahnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply