Mengenal Sejarah Permainan Kasti Dilengkapi dengan Peraturannya

Kasti merupakan salah satu cabang olahraga populer di Indonesia. Dalam bermain kasti yaitu mengutamakan kekompakan, ketangkasan kemudian kegembiraan. Tiga unsur tersebut perlu ditanamkan di dalam diri ketika melangsungkan permaina ini.

Di Indonesia sendiri bermain kasti sudah menjadi salah satu permainan tradisional karena pada umumnya, permainan kasti dimainkan oleh siapa saja dimulai dari anak sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP} bahkan orang dewasa sekalipun.

Permainan kasti dapat melatih kedisiplinan diri, meningkatkan rasa kekompakan antar sesama tim bermain.

Bermain bola kasti tersebut juga membutuhkan pemain yang mempunyai skil dalam memukul, melempar dan menangkap bola dan tak terkecuali bisa berlari secepat mungkin.

Sejarah Permainan Bola Kasti di Indonesia

Teknik bermain kasti

en.wikipedia.org

Permainan kasti sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan pada era penjajahan Belanda dan Jepang. Dimana setiap pelaksanaan olahraga ini dimainkan pada setiap sekolah khususnya anak-anak.

Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola dengan ukuran kecil (softball). Permainan ini dimainkan oleh “dua regu”.

Regu yang pertama berfungsi sebagai pemukul dan regu yang kedua berfungsi sebagai penjaga yang tujuannya adalah mematikan regu pemukul. Regu yang paling banyak mengumpulkan nilai, dialah yang menang.

Baca juga artikel olahraga lainnya:

Lapangan Permainan Kasti

Lapangan Kasti

conceptdraw.com

Cabang olahraga kasti tidak membutuhkan lapangan yang luas. Jika diperhatikan dari atas, Lapangan kasti cenderung berbentuk persegi panjang dengan ukuran lapangan 30×60 meter.

Filosofi permainan Kasti:

  • Pegang alat pemukul kasti
  • Berdiri dalam posisi menyamping dan pelempar berada di samping kiri pemukul
  • Buka kaki selebar bahu
  • Tekuk siku dan letakkan alat pemukul tepat di atas bahu
  • Lambaikan alat pemukul ketika bola mendekat
  • Kemudian lanjutkan dengan melangkahkan kaki belakang kedepan dengan tenaga pukulan

Dalam regu pemukul setiap pemain mendapatkan satu kesempatan memukul. Khusus pemain terakhir mendapatkan jatah memukul bola sampai tiga kali.

Setelah memukul, alat pemukul wajib diletakkan di dalam ruang pemukul. Jika alat pemukul berada di luar ruangan pemukul, regu yang pertama tidak mendapatkan poin.

Kemudian pukulan dinyatakan sah apabila bola melewati garis pemukul dan tidak boleh mengenai tangan pemukul.

Untuk regu yang berjaga, tugasnya adalah mematikan lawan dengan cara melempar bola kepada salah seorang regu pemukul atau salah seorang pelempar menangkap bola dari pemukul. Selain itu regu penjaga juga harus mengisi ruang yang kosong.

Teknik Dasar Bermain Kasti

Main Kasti

www.jenx67.com

Melempar Bola Kasti

Melempar bola adalah teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan kasti. Terutama bagi regu penjaga agar bisa melempar ke bagian tubuh regu pemukul dengan tepat. Melempar bola dapat dilakukan dengan cara melempar bola bawah, mendatar, dan melambung.

Cara Melempar Bola Melambung

teknik melempar bola lambung

www.bukupr.com

  • Pegang bola kasti menggunakan tangan kanan
  • Arahkan pandangan tepat pada sasaran lemparan
  • Condongkan badan sedikit kebelakang, kemudian lemparkan bola ke atas sehingga bola melambung

Cara Melempar Bola Mendatar

teknik melempar bola lurus

www.bukupr.com

  • Pegang bola kasti dengan tangan kanan
  • Fokus pandangan ke arah sasaran lemparan
  • Posisi badan tegak, kemudian lemparkan bola secara mendatar

Cara Melempar Bola ke Arah Bawah

teknik melempar bola bawah

sinauwerno-werno.blogspot.com

  • Pegang bola kasti dengan tangan kanan
  • Fokuskan pandangan pada sasaran lemparan
  • Posisi badan tegak, kemudian lemparkan bola ke arah bawah

Untuk teknik dasar ini, lakukan secara berulang agar dapat melakukannya secara handal dan profesional.

Permainan Bola Kasti dan Peraturannya

Permainan kasti terdiri dari satu regu yang di dalamnya berjumlah dua belas orang. Tiap-tiap regu memiliki satu orang yang akan memimpin permainan yaitu kapten. Setiap regu pemain kasti diharuskan menggunakan baju yang bernomor yang berfungsi sebagai tanda bagi tiap regu. Nomor yang akan dikenakan adalah satu sampai sepuluh.

Selain itu, permainan kasti juga dibutuhkan pemain inti dan juga cadangan. Total jumlah pemain cadangan dalam permainan kasti maksimal berjumlah enam orang.

Bermain Kasti

en.espn.co.uk

 

 

Waktu Permainan Kasti

Waktu permainan kasti memang berbeda dengan cabang olahraga lainnya. Mungkin di dalam cabang olahraga lain waktu yang sudah disahkan biasanya lebih dari 40 menit. Sedangkan dalam olahraga kasti lama waktu yang digunakan adalah berkisar antara 20 hingga 30 menit dalam satu babak.

Olahraga kasti juga mempunyai babak atau ronde. Sama halnya dengan olah raga sepak bola. Permainan bola kasti mempunyai babak yaitu berjumlah dua babak.

Dalam satu babak, setelah waktu bermain usai atau wasit meniup peluit, itu tandanya babak telah habis. Saatnya salah satu dari tim yang bermain beristirahat.

Adapun waktu istirahat yang diberikan wasit adalah 15 menit. Setelah waktu istirahat 15 menit habis, maka permainan akan segera dilanjutkan sesuai babak yang tersedia.

Wasit Permainan Kasti

Disetiap cabang olahraga kasti dibutuhkan seorang pembina lapangan atau biasa disebut dengan wasit lapangan. Hal ini bertujuan untuk kelancaran permainan kasti.

Di dalam cabang olahraga kasti terdiri dari satu orang wasit yang dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu.

Jumlah Pemain dalam Permainan Kasti:

Jumlah pemain dalam permainan kasti ini dibutuhkan dalam beberapa regu diantaranya:

A. Regu Pemukul

  • Setiap pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul hingga 3 kali
  • Setelah memukul, alat pemukul harus diletakkan di dalam ruangan pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan di luar ruangan, maka pemain tersebut tidak mendapatkan poin. Kecuali ia kembali dan meletakkan alat pemukul di dalam ruangan
  • Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas dan tidak mengenai tangan pemukul

B. Regu penjaga

  • Mematikan lawan dengan cara melemparkan bola kearah pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul
  • Mengisi ruang yang kosong

C. Regu Pelempar

  • Melemparkan bola sesuai permintaan pemukul
  • Jika bola dilemparkan tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul boleh untuk meminta tidak memukul bola. Jika hal ini terjadi tiga kali berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama

Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga dapat terjadi apabila:

  • Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola
  • Bola pukulan regu pemukul ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut
  • Alat pemukul terlepat dari tangan pemukul

Nilai Permainan Kasti

Penilaian dalam permainan kasti yaitu:

  • Jika pemain yang bertugas sebagai pemukul berhasil mengenai bola, kemudian lari ke kotak pertama, kedua dan ketiga sehingga sampai di ruangan bebas secara bertahap maka regu tersebut memperoleh nilai satu.
  • Pemain yang berhasil berlari melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri akan memperoleh nilai dua.
  • Bagi regu penjaga, menangkap langsung bola lambung yang dipukul oleh regu pemukul akan memperoleh nilai satu.
  • Regu yang mendapatkan nilai terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Hanya ini yang bisa kami rangkum mengenai permainan kasti. Semoga artikel permainan tradisional Indonesia ini dapat selalu dibudayakan oleh penerus kita khususnya anak-anak. Terimakasih

Video Permainan Kasti

 

 

One Response

  1. Mugniar May 7, 2016

Leave a Reply