Mengenal Sejarah dan Keindahan Tempat Wisata Danau Toba Sumatra Utara

Tempat Wisata Danau Toba – Sudah pernah ke Danau Toba atau wisata sekitar Sumatera Utara lainnya? Pilihan tempat liburan sekarang ini makin beragam. Apalagi aktivitas Liburan sudah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat masa kini. Tingginya mobilitas dan juga kebutuhan akan rekreasi menjadikan banyak fasilitas pendukung yang bisa Anda dapatkan.

Tempat wisata danau toba

wikimedia.org

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saat melakukan kunjungan ke Sumatera, tepatnya saat menuju ke Danau Toba. Perjalanan menuju ke Danau Toba ini bisa dibilang tanpa persiapan matang. Kebetulan saat itu mengambil waktu weekend dan akhirnya saya dan beberapa rekan kerja memutuskan untuk melancong ke wilayah di Sumatera Utara, tepatnya Danau Toba.

Siapa yang tak kenal Danau Toba, pesona keindahan alamnya telah membuat daya tarik semua pengujung, termasuk para wisatawan manca negara. Danau dengan luas keseluruhan mencapai sekitar 1145 km ini memberi kesan mendalam setiap kali memandangnya, nampak seperti lautan luas di hadapan mata. Airnya jernih, meskipun dari kejauhan akan terlihat seperti memiliki warna hijau kebiruan yang kental.

Danau serupa juga akan Anda temui di area lainnya, yakni Pulau Samosir. Danau tersebut bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Banyak hal menarik yang bisa Anda temui saat memasuki wilayah pulau Samosir yang berada di tengah danau. Pulau ini juga menjadi tempat domisili masyarakat suku Batak Samosir.

Desa yang sering menjadi incaran para wisatawan adalah Desa Tomok dan juga Tuktuk. Saat memasuki Desa Tomok, Anda akan menemukan Museum Batak yang kerap menjadi tujuan utama wisatawan, di sini ada beragam peninggalan sejarah masa kuno dari kerajaan yang pernah Berjaya. Tarian sigale-gale juga menjadi tontonan seru dan populer saat berada di Desa Tomok. Sedangkan di wilayah Tuk-tuk, Anda akan lebih leluasa memilih dan memesan hotel dan fasilitas penunjang lainnya.

Ada hal penting yang perlu Anda ingat saat memesan tempat penginapan, yakni sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari. Hal ini penting untuk menghindari adanya kemungkinan terburuk bahwa Anda menghadapi kenyataan tidak mendapat kamar hotel sesuai keinginan Anda. Namun, jangan khawatir traveler, karena kini sudah ada cara praktis dan mudah, semudah membuka layar handphone Anda saja.

Pemesanan hotel bisa dilakukan secara online melalui website dari Online Travel Agent (OTA). Bahkan transaksi ini bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone Anda. Hal ini saya lakukan juga saat mendadak memutuskan menuju ke Sumatera Utara, padahal saat itu saya masih buta sama sekalai tentang wilayahnya.

tempat wisata danau toba

Interisti17’sBlogWordPress.com

Selain keindahan danau dan kekhasan seni budayanya, wilayah sekitar Danau Toba ini juga memiliki kesejukan karena ditumbuhi banyak pohon pinus di sekelilingnya. Kesejukannya semakin terasa saat kamu berada di sekitar air terjun yang masih berada di dalam satu wilayah hutan ini.

Saat itu saya memutuskan untuk menuju ke Pulau Samosir. Jika menuju ke Samosir, harus menyewa kapal dari Pelabuhan Ajibata dengan muatan maksimal sebesar 20-25 orang selama satu hari. Perjalanan menggunakan kapal ini bisa menentukan titik mana saja yang menjadi tujuan Anda dan rombongan. Anda bisa juga mencoba permainan air yang asyik seperti bananan boat, jetski dan lainnya.

Rute Perjalanan bisa diawali dari Terminal Pinang Baris Medan, dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Kota Parapat. Namun, rute perjalanan ini akan menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 6 jam.

Cukup melelahkan memang perjalanan yang harus ditempuh, tapi rasa lelah akan segera lenyap, seketika Anda menyaksikan indahnya Danau Toba dan tradisi unik Desa Tomok. So, jangan ragu lagi telusuri keindahan Indonesia ya. Anda tetap bisa berwisata asyik tanpa perlu terusik hal-hal dan persiapan tekhnis. Happy traveling!

4 Comments

  1. alya October 17, 2016
  2. TUKANGCOLONG October 18, 2016
  3. Obatrindu October 22, 2016
  4. Obat Jerawatan March 7, 2017

Leave a Reply