Cara Efektif Budidaya Ternak Jangkrik dalam Kotak

Jangkrik yaitu hewan liar yang dibudidayakan untuk diolah menjadi makanan hewan peliharaan lainnya. Menurut urutan rantai makanan hewan jangkrik berada diposisi bawah.

Sampai saat ini jangkrik menjadi bahan pembicaraan masyarakat umum. Banyaknya jumlah peminat burung sampai saat ini sehingga membuat permintaan jangkrik dipasaran semakin tinggi.

Sebagian orang juga ada yang ternak jangkrik sebagai alat aduan. Sebagian juga dijadikan sebagai peluang usaha jangkrik. Karena telah dibuktikan oleh beberapa orang usaha jangkrik adalah bisnis yang menguntungkan

Mengenal lebih Jauh tentang Jangkrik

cara ternak jangkrik dalam kotak

pixabay.com

Jangkrik merupakan jenis hewan tergolong pemakan tanaman (herbivora). Pada habitatnya serangga memakan daun-daunan muda seperti rumput dan tumbuhan lainnya. Dalam beternak jangkrik ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum pembahasan semakin jauh.

Jangkrik dalam bahasa ilmiah yaitu Gryllidae. Menurut penelitian para ilmiah di dunia ada sekitar 1000 spesies jangkrik yang hidup di daerah tropis.

Khususnya di Indonesia tercatat sekitar 100 spesies jangkrik yang sudah tersebar dibeberapa daerah, ini merupakan populasi jangkrik lumayan banyak.

Jenis jangkrik yang dibudidayakan di Indonesia adalah Gryllus Mitratus dan Gryllus Testaclus.

Inilah yang harus Anda persiapkan dalam beternak jangkrik

Kandang Jangkrik

cara membuat kandang jangkrik

tutorialbudidaya.blogspot.com

Pertama-tama yang dibutuhkan dalam beternak jangkrik adalah kandang jangkrik. Membuat kandang jangkrik tidak terlalu sulit, bahan-bahan yang digunakan bisa berupa triplek, papan kayu dan karton.

Tahap awal kita akan belajar membuat kandang jangkrik menggunakan bahan dasar kayu. Gambaran kandang jangkrik yang akan dibuat sama seperti kotak seperti berikut ini:

1# Gunakan papan atau triplek sebagai langkah awal dalam membuat kandang jangkrik. Tambahkan juga kayu reng sebagai tulang triplek. Pertama-tama bahan tersebut akan kita bentuk seperti kotak. Ukuran kotak yang akan dibuat yaitu. Panjang (P)  100 cm, Lebar (L) 60 cm dan tinggi (T)30 – 40 cm.

2# Pada bagian sisi kotak sebaiknya menggunakan lem agar dapat melindungi jangkrik yang sudah menetas. Biasanya jangkrik akan keluar dari celah sambungan kayu.

3# Proses membuat pintu kandang jangkrik, bisa menggunakan engsel. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengecek pertumbuhan kembang jangkrik.

4# Beri lubang Ventilasi dibagian kandang jangkrik setidaknya dua buah dengan ukuran 50 x7 cm. Terkait posisi lubang ventilasi berada diantara 10 cm dari atas.

5# Perlu bagi Anda untuk membuat pegangan di dua sisi kiri dan kanan. Hal semacam ini bertujuan untuk memindahkan atau menggeser kandang  jangkrik.

6# Kemudian di bagian ke empat sisi kotak juga diberi kaki dengan ukuran maksimal 10 cm. Setelah kaki kandang jangkrik selesai, letakkan didalam mangkuk yang sudah di isi air. Hal ini bertujuan untuk menghindari hama lain yang masuk kedalam kandang jangkrik.

Untuk Anda yang mempunyai ruangan yang seadanya bisa juga membuat kandang jangkrik bersusun agar dapat menghemat tempat. Hal yang kemudian perlu diperhatikan adalah jauhkan kandang yang sudah berisi jangkrik dari cahaya matahari agar pertumbuhan jangkrik semakin maksimal.

Bibit Jangkrik

ciri-ciri bibit jangkrik

pixabay.com

Dalam beternak jangkrik, bibit yang digunakan sebaiknya terdapat dari hasil buruan jangkrik alam. Paling tidak mendapatkan induk jantan dari alam. Karena jangkrik jantan yang didapatkan dari alam terlihat lebih agresif.

Ciri-ciri jangkrik yang bagus untuk dijadikan bibit yaitu:

  • Jangkrik mempunyai sungut dan antena yang masih panjang disertai dengan anggota badan masih sempurna. Maksud sempurna di sini adalah tidak cacat dan tidak ada yang hilang.
  • Jauhkan dari jangkrik yang mengeluarkan cairan ketika disentuh. Jangkrik seperti ini biasanya akan mengeluarkan cairan dari dubur maupun mulutnya.
  • Untuk induk jantan mempunyai derikan yang keras. Permukaan dibagian belakang bergelombang agak kasar.
  • Induk betina mempunyai ovipositor dibagian ekor. Pada bagian ekor mempunyai tiga bagian tengah yang merupakan ovipositor, ukurannya cukup besar.
  • Perbedaan jangkrik betina dan jantan yaitu dibagian ekornya. Jangkrik betina jika diperhatikan lebih dalam akan terlihat mempunyai tiga ekor. Sedangkan jangkrik jantan hanya mempunyai dua ekor. Pada bagian tengah ekor betina yaitu ovipositor.

Proses Ternak Jangkrik

bisnis ternak jangkrik

www.budidayaternakjangkrik.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam ternak jangkrik yaitu keadaan dibagian dalam kandang. Terkadang kandang terasa lembab dan jauhkan dari hewan yang lainnya. Keadaan kandang semestinya di perhatikan secara rutin.

Apabila bagian dalam kandang terlalu lembab sehingga mendatangkan hewan lain diantaranya adalah semut, kecoa, tikur atau mungkin laba-laba.

Maka dari itu diperlukan untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang jangkrik secara  rutin. Mungkin untuk lebih terjaga, tambahkan bahan lainnya seperti kain dan lain-lain.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah penyediaan makanan dengan baik. Hal ini apabila penyediaan makanan jangkrik tidak tercukupi maka antara jangkrik satu sama lain bisa saja memangsa sesamanya.

Cara Mengawinkan Jangkrik

cara mengawinkan jangkrik

tentreem.blogspot.com

Tempat yang digunakan untuk mengawinkan jangkrik yaitu harus terpisah dengan tempat perkembangan anak jangkrik. Tempat yang ekslusif untuk mengawinkan jangkrik yaitu kandang yang menyerupai dengan keadaan alam.

Pada bagian dalam dinding bisa ditambahkan tanah liat dan daun-daunan yang sudah kering. Bisa menggunakan daun pisang atau daun jati.

Dalam proses pengawinan jangkrik jantan dan betina yaitu jangkrik harus berasal dari spesies yang sama. Karena jika induk jantan dan betina berasal dari spesies yang berbeda maka sistem perkawinan akan menjadi sulit.

Proses pengawinan hanya membutuhkan perbandingan 10 : 2 di dalam tempat kawin dengan memasukkan induk betina dan jantan kedalam kandang. Kemudian di dalam kandang tambahkan satu bak tanah atau pasir yang akan dipakai untuk bertelur.

Seiring berjalannya waktu perkawinan jangkrik jantan akan mengeluarkan suara derik secara berkelanjutan.

Sedangkan induk betina yang sudah dibuahi akan mengeluarkan telur, biasanya telurnya akan ditata dibagian yang sudah terisi pasir.

Makanan Jangkrik

makanan sehat untuk jangkrik

pixabay.com

Untuk mendorong proses perkawinan jangkrik penuhi asupan makanan di dalam kandang. Contoh makanan yang dibutuhkan yakni sayuran bayam, kangkung, daun pepaya, sawi dan sayuran hijau lainnya.

Penting juga untuk memperhatikan bagian dalam kandang jangkrik karena, makanan yang tersisa harus segera dibersihkan. Karena kalau tidak dibersihkan kandang akan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mempengaruhi tumbuh kembang telur jangkrik.

Sebagian peternak jangkrik profesional mempunyai cara khusus selama proses perkawinan jangkrik.

Contoh: Selama proses perkawinan, peternak profesional menambahkan asupan makanan seperti campuran tepung ikan, bekatul dan kuning telur bebek yang telah dihaluskan.

Selain itu, penting juga untuk menambah asupan vitamin. Berdasarkan pengalaman para profesional dalam hal ini yaitu selama proses perkawinan jangkrik membutuhkan ramuan khusus agar kuantitas telur menjadi lebih terjamin.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik

cara menetaskan telur jangkrik

pixabay.com

Waktu yang dibutuhkan selama proses penetasan yaitu diperlukan waktu antara tujuh sampai sepuluh hari terhitung sejak perkawinan dilakukan.

Antara hari kelima sesudah induk betina bertelur, angkat telur tersebut ke tempat yang baru. Hal semacam ini berfungsi untuk menghindari sifat kanibal induk jangkrik.

Ciri-ciri telur yang sudah dibuahi akan berganti warna dari bening menjadi keruh. Warna keruh pada telur membutuhkan waktu antara empat sampai enam hari hingga akhirnya menetas menjadi jangkrik kecil.

Selama proses penetasan perhatikan kondisi kelembaban kandang. Jika perlu semprotkan air kedalam kandang atau gunakan karung goni yang sudah lembab.

Pakan Jangkrik

Kunci sukses beternak jangkrik yaitu dengan pemberian pakan yang cukup. Pemberian pakan yang cukup biasanya ditindak lanjuti setelah telur jangkrik menetas.Pada usia jangkrik yang berusia 1-10 hari beri asupan makanan berupa bahan pakan ayam (poor).

Poor yang digunakan yaitu terbuat dari kacang kedelai, beras merah dan jagung kering yang sudah dihaluskan.

Setelah berusia lewat 10 hari, anak jangkrik sudah mulai bisa diberi asupan makanan berupa sayuran dan jagung muda. Untuk proses selanjutnya bisa juga diberi pakan singkong dan mentimun sebagai variasi makanan.

Kandang Ternak Jangkrik

cara merawat kandang ternak jangkrik

ternak-jangkrik-martapura.blogspot.com

Kondisi kandang ternak jangkrik juga perlu diperhatikan dengan baik yaitu dengan memberi lingkungan yang baik akan memberikan dampak yang bagus terutama kualitas jangkrik yang diperoleh.

Maka dari itu, kandang jangkrik sangat penting untuk selalu dijaga kebersihan serta kelembabannya. Terlebih lagi dalam mencegah hewan lain yang masuk kedalam kandang. Jika kandang tidak dibersihkan hal ini adalah penyebab masuknya hewan lain kedalam kandang ternak jangkrik.

Kandang ternak jangkrik juga harus terhindar dari serangan cahaya matahari secara langsung. Biarkan kandang selalu dalam keadaan gelap. Persedian makanan juga perlu diperhatikan agar jangkrik agar tidak memangsa satu sama lain.

Dalam menjaga kebersihan jangkrik yaitu dengan membersihkan sisa makanan yang ada di dalam kandang ternak jangkrik. Hal seperti ini mencegah terjadinya bau busuk yang dikeluarkan dari sisa pakan jangkrik.

Penting juga untuk peternak jangkrik agar selalu mencuci kandang ternak jangkrik dengan cara melumuri lumpur dan kemudian dijemur hingga kering. Kemudian perhatikan juga cairan yang ada dimangkuk tempat kaki kandang. Jika perlu tambahkan air tersebut seperti semula.

Hal semacam ini untuk menghindari adanya hama yang masuk kedalam kandang sehingga dapat mengganggu pertumbuhan jangkrik.

Panen Jangkrik

cara memanen jangkrik

www.budidayaternakjangkrik.com

Ada beberapa pilihan dalam panen jangkrik yaitu:

  • Panen Telur Jangkrik

Biasanya telur jangkrik lebih mahal dibandingkan dengan harga jangkrik yang sudah dewasa. Pada biasanya telur jangkrik dipasarkan kepada para petani yang ingin beternak jangkrik.

  • Panen Jangkrik

Masa panen jangkrik dapat dilakukan ketika jangkrik berusia tiga puluh hari sejak jangkrik menetas.

Itulah tips beternak jangkrik yang dapat saya sampaikan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Saya selaku penulis mengucapkan terimakasih.

Leave a Reply