Wajib Baca! 5 Amalan Ringan dengan Pahala yang Berlipat Ganda

Setiap amal perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Entah itu amal baik ataupun amal buruk. Barang siapa yang mengerjakan amal baik selama hidupnya, maka beruntunglah ia. Begitu juga sebaliknya, apabila amalan yang dilakukannya itu buruk maka tempatnya adalah yang terburuk dan hina yaitu Neraka.

Nah, pada kesempatan kali ini saya selaku penulis ingin berbagi ilmu tentang amalan ringan namun tak semua orang yang mengerjakannya.

Pada umumnya, manusia khusunya umat muslim terlalu menyepelekan amalan-amalan ringan. Wajar, semakin besar amalan yang dikerjakan maka besar pula pahala yang didapatkan sebagai balasannya. Akan tetapi, tidak semestinya juga amalan ringan tersebut harus diabaikan.

Dari sekian banyak umat muslim hal ini sering kita jumpai dimanapun. Nah, amalan-amalan apa saja yang ringan tersebut sehingga manusia banyak yang mengabaikan amalan tersebut?

1# Menyempurnakan Wudhu

mensucikan diri dengan air wudhu

pixabay.com

Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, kemudian selesai wudhu ia membaca: 

اشْهَدُ انْ لّآ اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً اعَبْدُه وَرَسُولُه

“Maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya delapan dan dia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia sukai”. (HR. Muslim)

Dari amalan yang pertama memang terlihat sepele jika kita perhatikan. Namun mempunyai banyak pahala jika kita melaksanakannya. Hal seperti ini ada saja disekitar kita yang meyepelekan amalan ini.

Pada kesempatan berikutnya, marilah kita mengerjakan amalan-amalan kecil ini. Sebesar apapun amalan yang dikerjakan akan Allah ganti dengan pahala.

2# Menghadiri Shalat Jumat di Awal Waktu

berjalan menuju masjid

pixabay.com

Shalat Jum’at merupakan kewajiban bagi setiap laki-laki. Namun, kebanyakan dari manusia menyepelekan amalan ini. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang membasuh kepalanya dan mencuci seluruh tubuhnya di hari Jum’at (mandi besar), lalu berangkat ke masjid di pagi-pagi, dan di mendapatkan khutbah dari awal, dia berjalan dan tidak naik kendaraan, dia mendekat khatib, konsentrasi mendengarkan khutbah dan tidak berbicara, maka setiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan shalat malam selama setahun”. HR. Abu Dawud At Tirmidzi)

Terkait hal ini, berapa banyak orang disekitar kita yang masih meyepelekan amalan ringan ini. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui amalan-amalan ini agar kita bisa lebih semangat berangkat ke masjid untuk shalat Jumat berjamaah.

3# Melaksanakan Shalat Dhuha Empat Rakaat

mengerjakan sholat dhua empat rakaat

pixabay.com

Dari Abu Dzar, Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Setiap ruas tulang kalian wajib disedekahi, setiap tasbih, tahmid, tahlil dan takbir bernilai sedekah, amal ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat shalat dhuha”. (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Sholat dhuha termasuk amalan yang ringan namun tak semua umat muslim yang dapat memenuhinya. Maka dari itu, sebagai umat muslim ada baiknya untuk menyempatkan waktu dhuha kita untuk melaksanakan shalat.

4# Membaca Al Quran

manfaat membaca Al Quran

pixabay.com

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat”. (HR. At Tirmidzi)

Al Quran adalah mukjizat yang diturunkan Allah Subhanahu Wata’ala ke dunia. Sekaligus menjadi pedoman hidup bagi setiap umat islam. Makna disetiap ayat yang ada di dalam Al- Quran dapat menyembuhkan penyakit diantaranya adalah penyakit hati.

Amalan ringan ini juga disepelekan. Selain membaca Al Quran, ada baiknya untuk mentadabburinya juga. Membaca ayat Al Quran dapat mendatangkan pahala sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abdullah Bin Mas’ud Ra.

5# Melaksanakan Shalat Berjama’ah di Masjid

pentingnya shalat berjamaah

pixabay.com

Dari Abu Umamah berkata bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah, maka pahalanya seperti orang yang sedang haji dalam keadaan ihram”. (HR. Abu Dawud)

Berangkat kemasjid untuk melaksanakan shalat berjamaah adalah hal yang sulit bagi seorang umat muslim. akan tetapi, amalan ini sebenarnya tergolong ringan apabila kita memahami pahala yang didapatkan.

Marilah kita meningkatkan keimanan kita untuk melaksanakan shalat berjamaah terpenting lagi di dalam masjid.

Mungkin cukup sampai disini penjelasan tentang amalan-amalan yang sering dilupakan. Semoga artikel yang saya tulis bermanfaat sehingga menambah keyakinan kita kepada Allah dengan meningkatkan keimanan yang ada di dalam diri masing-masing.

Setiap amalan yang kita kerjakan akan berimbal pahala. Semoga amalan-amalan yang selama ini kita kerjakan dapat di hisab di akhirat kelak. Yang benar datangnya dari Allah yang salah itu dari saya sendiri. Saya selaku penulis mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya. Akhirul Kalam, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

2 Comments

  1. fanny fristhika nila April 5, 2016
  2. Hengkie October 20, 2016

Leave a Reply