20 Tempat Wisata Garut yang Harus Anda Kunjungi

Di Garut Jawa Barat juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah banding dengan kota lain. bahkan garut menjadi salah satu wisata yang sering di kunjungi negara luar. Masyarakat garut di kenal dengan dengan budi pekertinya yang baik. Kita akan berbicara tentang keindahan alam di garut. Garut jawa barat ini memiliki banyak sekali keindahan alamnya.

Bagi anda yang masih merasa hobi travelling, tentu anda tidak akan menyianyiakan kesempatan untuk berkunjung ke Garut. Nah disini. kita akan melihat keindahan-keindahan apa saja yang tersembunyi di kota garut (jawa barat) itu.

 

1. Gunung Papandayan

gunungpapandayan

google.com

Tempat wisata Gunung Papandayan ini merupakan objek wisata yang paling di gemari pengunjung karena keindahannya yang luar biasa. Lokasinnya pun strategis yaitu di garut bagian selatan, kecamatan Cisurupan kabupaten Garut.

Puncak Gunung Papandayan ini mencapai ketinggian 2665 mdpl. Begitupun dengan letak nya tidak jauh dari pusat kotagarut. Dari terminal guntur garut bisa di tempuh menggunakan angkutan kota sampai tujuan alun-alun Cisurupan dengan mencapai waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Bagi anda yang hobi mendaki gunung jangan sampai melewatkan gunung Papandayan ini. Bermacam pemandang alam yang indah akan menghiasi perjalanan anda menuju puncak. Jalur pendakian gunung Papandayan ini sangat landai, jadi cocok juga didaki oleh pendaki untuk tahap pemula atau anak-anak juga dapat melaluinya.

 

2. Gunung Cikuray

gunung cikuday

pix.com

Mungkin bagi anda yang hobi mendaki gunung, menikmati indahnya matahari yang terbit di atas awan itu adalah hal-hal yang di tunggu. Dan keindahannya akan menjadi suatu keindahan bagi kasat mata yang melihatnya. Puncak gunung  Cikuray ini mencapai ketinggian 2821 mdpl.

Mungkin bagi anda yang belum berkunjung ke gunung Cikuray atau hanya masih melihat dari siaran yang muncul di Televisi itu salah satu keindahan yang di munculkan. Di gunung cikuray ini anda dapat melihat sendiri seperti yang pernah anda dengar “Negri Dongeng” negri di atas awan. Karena ketika pagi menjelang, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah tersebut.

Gunung cikuray merupakan gunung tertinggi di kabupaten garut. Untuk jalur pendakiannya lebih terjal apabila dibandigkan dengan jalur pendakian Papandayan. Namun puncak cikuray dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu yang berbeda dengan gunung papandayan bisa mencapai 4-6 jam.

3. Gunung Guntur

gunung guntur

pixabay.com

Gunung Guntur merupakan tempat wisata paling gersang, bahkan nyaris tidak ada tumbuhan di wilayah gunung yang satu ini. Maka dari itu jarang ada pendaki yang melakukan pendakian di siang hari. Biasanya di lakukan para pendaki pada sore hari atau malam hari.

Di kaki gunung guntur ini terdapat air terjun atau biasa disebut masyarakat setempat dengan sebutan Curug Citiis. Di tempat  ini pengunjung bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Guntur yang sangat indah. Dari atas puncak gunung Guntur kita dapat melihat gunung yang lain seperti: gunung Cikuray dan gunung situ Bagendit, begitu juga dengan rumah-rumah penduduk dan pertokoan di kota garut.

4. Situ Bagendit

situ bagendit

tumbler.com

Situ Bagendit memiliki pemandangan yang jauh lebih mempesona. Tempat yang satu ini lebih banyak di kunjungi dari berbagai macam wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk bisa sampai ke situ bagendit anda harus berjalan sekitar 30 menit dari pusat kota garut dengan extimasi jarak sekitar 13 KM.

Situ bagendit memiliki fasilitas bermacam-macam gaya serta memiiki daya tarik tersendiri dan lebih banyak di kunjungi, terutama pihak keluarga.  Di situ bagendit kita bisa menikmati berbagai macam permainan yang dapat menghibur diri dan keluarga seperti: rakit bambu, sepeda air, canoe, memancing atau dan jet sky.

5. Situ dan Candi Cangkuang

situ cangkuang

google.com

Tempat wisata yang satu ini merupakan danau kecil. Nama Cangkuang sendiri berasal di ambil dari sebuah pohon yang biasa di sebut dengan pohon Cangkuang yang sudah lama tumbuh di sekitar makam Mbah Dalem Arif Muhammad.

Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang merupakan sebuah candi yang konon katanya sebuah peninggalan umat hindu. Tempat wisata di Garut yang paling menarik yang masih terpelihara hingga saat ini.

6. Pemandian Air Panas Cipanas

cipanas

google.com

Tempat yang satu ini adalah tempat untuk anda menenangkan fikiran juga cocok untuk menyebarkan tubuh setelah menjalani rutinitas pekerjaan tentu tubuh kita sangat membutuhkan rileksasi. Pemandian air panas Cipanas ini menjadi tempat atau pilihan yang tepat. Selain menikmati pemandangannya kita juga sangat menikmati segernya air hangat ini.

Di Cipanas ini terdapat banyak penginapan atau hotel berbintang yang biasa di jadikan tempat untuk pelatihan atau diklat. Cipanas berlokasi tidak jauh dari alun-alun tarogong. Untuk bisa mencapai pemandian air Cipanas ini bisa menggunakan angkot berwarna cokelat.

7. Pemandian Air Panas Drajat.

pemandian air panas

bandunghotspot.com

Nah, selain pemandian Cipanas ada juga pemandian Air Panas Drajat. Pemandian air panas Drajat ini berada di daratan tinggi tepatnya di wilayah kecamatan Samarang kabupaten Garut. Di tempat pemandian air panas Drajat ini anda dengan mudah menemukan penginapan yang murah bila anda ingin beristirahat.

8. Kawah Putih Talaga Bodas

kawah bodas

google.com

Kawah putih ini merupakan tempat wisata yang keindahannya tidak jauh beda dengan kawah putih milik kota bandung ini. Udaranya yang segar dan juga perbukitan hijau yang sangat memikat para pengunjung.

Selain itu air panas kawah putih talaga bodas ini memiliki kadar balerang yang tinggi dan berkhasiat yang dapat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah.

9. Arung Jeram Cimanuk.

arung jeram

media.com

Sungai Cimanuk merupakan tempat wisata yang sangat cocok di kunjungi oleh para pecinta olahraga alam bebas. Bagi anda yang suka dengan olahraga extreme, di arung jeram Cimanuk ini anda bia mendapatkannya. Adrenalin anda akan tertantang dengan mengikuti olahraga extreme yang satu ini.

panorama alam di sepanjang sungai Cimanuk dan aliran airnya yang sangat deras dapat membawa anda tergila-gila bahkan dapat menghapus rasa jenuh anda setelah melakukan aktifitas sehari-hari.

10. Tebing Alam Batu Tumpang

cliff.com

cliff.com

Bagi anda pecinta panjat tebing, di Garut Jawa Barat ini juga menyediakan panjat tebing atau biasa di sebut Batu Tumpang yang berada di wilayah kecamatan Cikajang. Untuk menempuh tempat yang satu ini hanya membutuhkan waktu 1 jam dari kota Garut.

Tebing batu tumpang ini berada di wilayah perkebunan. Udaranya yang sejuk dan bebas polusi membuat anda akan merasa nyaman untuk berdiam sejenak. Begitu juga dengan pemandangan alam di sekitar Batu Tumpang hampir menyerupai dengan kawasan puncak Bogor.

Bagi para pengunjung tidak perlu khawatir bila merasa lapar karena di sekitar batu tumpang ini terdapat warung-warung milik warga sekitar yang menyediakan bermacam makanan yang harganya terjangkau murah.

11. Pantai Santolo

pantai santolo

flickr.com

Pantai Santolo ini adalah tempat wisata yang jangan pernah anda lewatkan. Karena keindahan tempatnya hamparan pasirnya yang putih dan bersih akan membuat anda terpikat untuk menghabiskan waktu anda. Pantai Santolo ini banyak di kunjungi dari berbagai kota juga mancanegara. Karena sangat tidak mungkin untuk di tidak di kunjungi. Pantai ini merupakan tempat wisata yang paling populer di Garut.

Di kawasan pantai Santolo juga terdapat banyak rumah makan yang menyediakan beberapa macam makanan seperti seafood Dan ikan bakar yang lezat untuk di nikmati bersama keindahan pantai Santolo.

12. Pantai Sayang Heulang

sayang heulang

wordpress.com

Pantai Sayang Heulang ini tidak kalah menarik dari pantai Santolo. Pasirnya yang bersih dan hamparan karang yang luas membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata yang satu ini. Dengan suasana ombak  laut yang menerjang angin di sekitarnya juga terdapat pohon-pohon yang rindang.

13. Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya

wisataalam.com

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai yang memiliki batu-batu karang yang besar. Objek wisata yang satu ini langsung berbatasan dengan samudra hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar.

Yang menarik di pantai Rancabuaya ini hanya di sekitar pantai terdapat tebing batuan yang tinggi dan yang menariknya lagi, banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap di karang-karang yang di bawa oleh ombak. Pantai ini terletak di Desa Purbayani, kecamatan Caringin, Kabupaten Garut Jawa Barat.

14. Taman Satwa Cikembulan

taman satwa

wisataalam.com

Tempat wisata yang satu ini biasanya menjadi salah satu pilihan keluarga untuk bermain bersama fauna. Taman satwa Cikembulan merupakan taman satwa pertama dan menjadi taman satwa yang satu-satunya. Tentu anda tidak akan melewatkan tempat ini juga. Biasanya di gemari oleh anak-anak. Selain itu juga menambah pengetahuan anak agar tau dengan fauna yang ada di dunia.

Bagi pengunjung yang merasa kelelahan dengan berjalan-jalan, di cikembulan juga menyediakan fasilitas berupa penginapan di sekitar taman satwa. Jadi anda tidak perlu ragu untuk berkeliling bersama keluarga anda untuk tempat yang satu ini.

15. Curug Citiis

curug citiis

wisataalam.com

Curug Citiis merupakan air terjun yang terletak di kaki gunung Guntur. Curug ini di sebut Citiis karena airnya yang sangat dingin. Dengan keindahan air terjun yang deras akan membuat anda lupa sejenak dengan rasa lelah yang ada di diri anda.

16. Curug Orok.

curug orok

tour.com

Curug ini merupakan curug yang jangan sampai anda lewatkan karena dengan keindahannya yang juga tidakkalah dengan curug yang lainnya. Curug ini memiliki 2 curug. Curug yang besar melambangkan sebagai ibu dan curug yang kecil melambangkan sebagai bayi.

17. Pantai Puncak Guha

pantai guha

google.com

Pantai yang satu ini dekat sekali dengan pantai rancabuaya, bisa anda jadikan satu paket perjalanan anda. selain itu pantai ini merupakan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan lautan. selain pemandangannya yang indah di pantai ini juga terdapat gowa kelelawar yang salah satu lobang masuknya bisa anda lihat secara jelas.

18. Pantai Cijeruk Indah

pantai cijeruk

carihotel.com

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang cocok untuk di kunjungi bersama keluarga. Dengan hamparan pasirnya yang putih dan airnya yang bersih membuat anda tergoda untuk bermain dan berenang.

19. Pantai Karang Paranje

pantai paranje

wikipedia.org

Pantai Karang Paranje ini memiliki keunikan yang tersendiri.  Biasanya pengunjung berkunjung kepantai ini juga untuk menikmati keindahan sunset. Pantai Paranje memiliki luas kurang lebih antara 9 hektar, namun pantai ini belum di sentuh berbagai jenis pembangunan, karena masih alami.

20. Kampung Sampireun

kampung sampireun

westjava hotel.bogspot

Kampung sampireun ini merupakan tempat wisata yang terakhir, karena biasanya para pengunjung datang hanya untuk beristirahat dan juga menikmati makan malam bersama keluarga. Di kampung Sampireun ini juga sering menjadi tempat pasangan untuk ber bulan madu.

 

Nah, cukup indah bukan ? Garut juga memiliki tempat yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan tempat wisata daerah lainnya. Bahkan Garut juga sudah menjadi kota terpopuler untuk di kunjungi. Akses jalannya yang mudah dan mendukung untuk kegiatan wisata. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas garut. Karena bukan cuma tempat wisata nya yang indah tapi juga anda bisa merasakan berbagai macam kuliner Garut yang akan memanjakan lidah anda juga keluarga anda.

Baca juga: 21 tempat wisata jepang yang harus anda kunjungi

One Response

  1. Vixalexa March 1, 2016

Leave a Reply