Panduan Lengkap Cara Budidaya Pinang Bersama dengan Manfaatnya

Budidaya Pinang – Pinang menurut Wikipedia adalah tanaman sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik Asia dan Afrika bagian Timur. Pinang merupakan salah satu nama brand yang digunakan untuk diperjual belikan.

Seiring berjalan waktu dan berkembangnya zaman seperti saat ini sehingga meningkatnya pembangunan, budidaya tanaman pinang menjadi sulit untuk dikembangkan. Sehingga persediaan buah pinang menjadi menjadi terbatas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Adapun yang bisa diperjual belikan dari tanaman pinang sendiri yaitu bibit serta buahnya. Bahkan pohon pinang yang sudah dewasa pun menjadi incaran beberapa warga khususnya di Indonesia untuk digunakan sebagai bahan permainan menyambut 17 Agustus 1945.

Harga pinang yang ada di pasaran saat ini bentuknya juga bervariasi. Tergantung jenis pinang Anda inginkan. Bagi Anda yang butuh bibit pinang bisa juga melalui kami.

Kami Jual Bibit Pinang Betara / Kecambah Pinang Super

jual bibit pinang

Kontak Kami

Watsapp appWatsapp 081297417222

1. Customer Service kami akan segera membalas jumlah total dan no rekening kami untuk pembayaran.

2. Setelah pembayaran kami terima, barang akan kami segera kami kirim melalui JNE atau POS (Sesuai pilihan anda) 

Pembayaran / Pengiriman

pembayaran dan pengiriman

Menerima Pemesanan Keseluruh Indonesia

NOTE : Pemesanan di atas jam 2 akan diproses keesokan harinya, dikarenakan batas pengiriman barang dari kurir JNE dan POS adalah jam 2 siang.

jual bibit pinang super

doc pribadi

jual bibit pinang murah

doc pribadi

jual bibit pinang super murah

doc pribadi

Baca : Cara Praktis Budidaya Pisang Agar Panen Berlimpah

Video Tutorial Budidaya Pinang

Jenis-Jenis Pinang

Habitat Budidaya Pinang

rustadhie.blogspot.com

Kami Jual Bibit Pinang Betara/ Kecambah Pinang Super

jual kecambah pinang

Kontak Kami

Watsapp appWatsapp 081297417222

1. Customer Service kami akan segera membalas jumlah total dan no rekening kami untuk pembayaran.

2. Setelah pembayaran kami terima, barang akan kami segera kami kirim melalui JNE atau POS (Sesuai pilihan anda) 

Pengiriman / Pembayaran

pembayaran dan pengiriman

Menerima Pemesanan Keseluruh Indonesia

NOTE : Pemesanan di atas jam 2 akan diproses keesokan harinya, dikarenakan batas pengiriman barang dari kurir JNE dan POS adalah jam 2 siang.

jual kecambah pinang super14689311_1765396503718038_272576748_o14724077_1765396510384704_1717911028_o

Pinang Betara

budidaya pinang betara

gaharu84.blogspot.com

Keunikan pinang betara yaitu pinang betara mulai berbunga di usia 4 – 5 tahun. Masa panen buah pinang betara yaitu berkisar antara 6 – 7 tahun.

Dalam usia 6 – 7 tahun pinang betara dapat menghasilkan 131,35 buah pertangkainya.

Berat buah pinang betara ini cukup besar dan padat bisa mencapai 47,06 gram perbuah. Sedangkan berat biji kering perbutir berkisar antara 8,68 gram.

Adapun kadar tanin yang terkandung di dalam buah pinang betara yakni 9,79%. Produksi kernel kering perpohon setiap tahunnya bisa mencapai 5,70 kg, memiliki potensi hasil kernel kering perha 7,81 ton.Tinggi pokok betara mencapai 10,28 m.

Baca :  20 Jenis Pisang Terlaris di Indonesia

Pinang Sirih

Budidaya pinang sirih

travel.detik.com

Pinang sirih berasal dari kata biji pinang dan daun sirih sehingga biasa disebut dengan pinang sirih. Nama tersebut merupakan sebuah tradisi yang ada di Indonesia yaitu tradisi makan sirih.

Tradisi makan pinang campur sirih seperti ini telah ada sejak jaman nenek moyang mereka. Maka dari itu, pinang campur sirih masih dilakukan hingga saat ini. Karena khasiat pinang campur sirih tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pinang Super

budidaya pinang super

supplierpinang.blogspot.com

Pinang super (pinang Thailand) nama ini berasal dari masyarakat Desa Mekar Jaya kota (Jambi). Bentuk Buah pinang  super ini memiliki ukuran buah yang lebih besar dibandingkan dengan buah pinang yang ada di propinsi lain di Indonesia.

Keistimewaan pinang super sendiri adalah dalam satu pokok pinang dapat menghasilkan buah 0,9 hingga 1,2 ton perbulan per-ha.

Pemasaran pinang super lebih lebih cepat dibandingkan dengan jenis pinang lainnya yang ada di Indonesia. Karena, pasca panen pinang super lebih cepat dibandingkan jenis pinang lain yaitu berkisar antara waktu 1 – 1 setengah tahun dari masa tanam.

Baca : Cara Efektif Budidaya Jangkrik Dalam Kotak

Pinang Unggul

budiaya pinang unggul

hasanzainuddin.wordpress.com

Pinang unggul adalah salah satu pinang kebanggaan Indonesia. Pokok pinang ini menjadi salah satu incaran warga Indonesia di hari kemerdekaan Indonesia.

Ukuran pokok pinang unggul ini lebih kokoh dibandingkan dengan jenis pokok pinang lainnya. Maka dari itu, pinang ini dinamakan dengan pinang unggul. Pohonnya yang unggul dan tidak dapat disaingi dengan pokok pinang lainnya.

BACA : Cara Jitu Budidaya Jahe Merah dalam Karung

Pinang Merah

budidaya pinang merah

www.openbar.jp

Tanaman palem pinang merah (Cyrtostachys lakka) berasal dari daerah Kalimantan Barat, Sarawak dan Emenanjung Malayu. Tanaman pinang merah ini sering ditemukan area hutan dan rawa-rawa.

Keunggulan pinang merah ini yakni pokok pinang merah dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai ketinggian 500 mdpl.

Adapun bentuk dan ciri-ciri pohon pinang merah yaitu bentuk batang lebih kecil kecil dibandingkan dengan pinang lainnya dan juga berdaun cukup tebal.

Karakter palem ini yaitu daunnya bersirip namun sedikit melengkung, anak-anak daun sangat  normatif. Pelepah daun pinang merah yakni menyerupai seludang berwarna merah.

Bagi Anda yang ingin serius dengan tanaman hidroponik, main-main di “Tempat Ngumpul Pecinta Hidroponik“. Di sini Anda akan belajar mengetahui tempat dan peralatan hidroponik

A. Tips Budidaya Tanaman Pinang

Budidaya Pinang

bibittanamanmurah.blogspot.com

1. Lahan (lokasi)

Langkah pertama yang harus diperhatikan ketika akan melakukan budidaya tanaman pinang adalah “lokasi tanam yang tepat”.

Lokasi tanam pinang yang tepat harus benar-benar aman dari hewan liar seperti gajah. Dimana setiap gajah yang datang akan menimbulkan kerusakan pada pinang yang akan Anda tanam nantinya.

Menentukan lahan cocok dan juga tepat dalam budidaya pinang merupakan hal yang utama dan terpenting. Jika lahan tidak sesuai, proses tanam pinang akan gagal.

Jika lahan tanam cocok dan tepat proses pertumbuhan pinang akan meningkatkan masa proses pinang secara optimal.

2. Suhu Tanah

Perlu Anda ketahui bahwa tanah juga menjadi hal yang penting. Anda perlu meriset kembali suhu tanah sebelum penanaman pinang terlaksana.

Perhatikan suhu tanah dibawah ini:

  • berkisar antara 600 sampai 1000 meter di atas permukaan laut
  • Tanah lahan harus memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi
  • Tanah lahan juga membutuhkan iklim dengan curah hujan
  • Tanah lahan juga harus mempunyai tingkat keasaman yang berkisar antara 4-8 PH

Proses Budidaya Tanaman Pinang Terdiri dari:

  • Proses Penuaian Kecambah Pinang
  • Proses Pembibitan Pinang
  • Proses Penggalian Lubang Tanam Pinang
  • Proses Penanaman Pinang

B. Proses Penuaian Kecambah Pinang

Menuaikan biji-biji pinang agar menjadi kecambah. Taburkan biji pinang pada area lahan yang akan kita tanam, lobangi tanah dengan jarak kedalaman minimal setengah meter, berikan ruang jarak antara kecambah satu dengan bibit lainnya.

Awali dengan memberikan asupan air pada kecambah yang sudah ditebarkan secara teratur, maksimal dua kali sehari pada pagi dan sore harinya.

Hal yang terpenting pada tahap ini adalah lakukan sesuatu untuk menjaga pertumbuhan kecambah pinang yakni dengan membuat penaung agar dapat menaungi tumbuh kembang kecambah.

Kemudian menjaga lahan dari gangguan hama atau gulma dengan cara memberi pagar pada lahan tersebut. Terapkan proses ini maksimal selama 1.5 hingga 2 bulan.

C. Proses Pembibitan Pinang

Pembibitan Pinang Menggunakan Polybag

Sediakan polybag dengan ukuran 15 cm, lobangi bagian bawanya. Kemudian, isilah polybag dengan tanah minimal 2/3 bagian. Jika polybag sudah di isi dengan tanah, lalu kita tanam bibit di dalam polybag yang ada.

Setelah bibit mencapai usia 5 bulan, pindahkan bibit ke dalam polybag baru,  Kemudian isi ulang polybag dengan tanah yang baik dan subur hingga memenuhi 2/3 bagian. Jangan lupa disiram dan diberi pupuk NPK 20 gram per polybag.

D. Proses Menanam Pinang

Pada tahap ini Anda masuk dalam proses yang terakhir. Memindahkan Bibit dari dalam Polybag ke Lahan yang Tersedia. Pada tahap ini, perlu untuk diperhatikan cara memindahkan bibit yang sudah jadi ke lahan yang sudah tersedia.

Ketika bibit pinang siap untuk dipindahkan, di awal sudah kita ketahui bahwa, polybag yang sudah kita lobangi itu menandakan bahwa, Anda tidak perlu merobek lagi. Untuk itu, polybag di lobangi bagian bawahnya untuk memudahkan Anda dalam memindahkan bibit ke lahan yang tersedia.

E. Proses Penggalian dan Pemupukan Lubang Tanam Pinang

Jarak kedalaman lubang tanam yakni dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Lubang tanam pinang harus sudah digali sebelum 1 bulan penanaman. Karena lubang lahan tanam perlu untuk dibiarkan sinar matahari dapat masuk kedalam penggalian.

Setelah itu lubang juga perlu di isi tanah lapisan atas yang sudah diaduk dengan kompos atau pupuk kandang sebanyak 1 kg. Selain itu, tanah lapisan atas juga bisa dicampur pupuk NPK sebanyak 50-75 g pergalian. Saatnya proses pemupukan tanah, masukan ke lubang hingga 1/3 bahagian saja.

Cara Menanam Pinang

Jarak tanam pinang sebaiknya juga diperhatikan. Masih banyak yang keliru tentang jarak tanam yang baik. Minimal jarak tanam yang baik adalah 2,7 m X 2,7 m.

Jarak tanam yang demikian dianggap cukup efisien untuk pertumbuhan tanam pinang berikutnya. Selain itu Anda juga perlu memberi pancangan tiang bambu disekitar tanaman tersebut agar jarak ditiap-tiap pohon tidak saling berdempetan.

Sistem penanaman pinang bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

1. Sistem Monokultur

Penanaman sistem monokultur artinya tanaman yang ditanam dalam satu lahan hanya satu jenis tanaman. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada musim penghujan. Bibit yang ditanam harus yang sudah diseleksi.

2. Sistem Tumpang Sari

Penanaman sistem tumpang sari bisa mendatangkan nilai plus bagi petani. Karena, tanaman pinang baru berproduksi di usia 5 tahun. Tanaman tumpang sari berupa palawija seperti Jagung, kacang dan lain sebagainya.

Dengan adanya tanaman tumpang sari petani sudah mendapat pendapatan sebelum tanaman pinang berproduksi.

Kedua sistem ini hanya bisa digunakan dalam budidaya pinang saja. Jangan samakan dengan tanaman hidroponik.

Pinang biasanya dipanen dalam 2 bentuk yakni :

  • Pinang Muda
  • Pinang Tua

Dua bentuk pinang tersebut biasa dilakukan selama pasca panen

Manfaat Pinang Muda

1. Menghentikan Pendarahan

Buah pinang muda bermanfaat untuk menghentikan darah yang keluar secara berlebihan seperti, mimisan, bisul, kudis, mencret dan juga diare.

Caranya adalah dengan merebus buah pinang muda dan mulai untuk mengkonsumsi air buah pinang secara teratur.

2. Mencegah Encok

Daun buah pinang muda juga bermanfaat untuk mengobati encok.

Caranya adalah pilih daun pinang muda yang masih bagus sekitar 1 lembar, lalu tumbuk secukupnya lalu rebus untuk menghangatkan. Setelah itu, daun pinang siap untuk di kompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan seterusnya cara ini setiap malam sebelum tidur.

3. Mengobati Gatal-gatal

Caranya adalah pilihlah satu biji buah pinang muda, parut atau blender. Setelah itu, aduk hasil parutan dengan dengan ¼ sendok teh dan 2 gelas air, kemudian aduk hingga menyatu. Ramuan buah pinang muda siap untuk digunakan.

4. Mencegah Difteri

Caranya yaitu pilih 2 buah pinang muda, lalu rebus dalam panci. Gunakan 2 gelas air untuk takaran air, tunggu hingga mendidih sisakan didalam panci 1 gelas saja. Apabila ingin di minum, tambahkan dulu madu sebanyak 1 sendok makan, aduk merata. Konsumsi secara berkelanjutan minimal 1 kali sehari.

5. Merampingkan Rahim

Pinang muda sudah terkenal sejak zaman nenek moyang bahwa sering dijadikan obat yang yang mujarab. Manfaat yang kelima yaitu dapat merampingkan rahim setelah melahirkan. Caranya yaitu : Rebus buah pinang muda hingga mendidih, setelah medidih tambahkan 1 sendok madu. Ramuan buah pinang muda siap untuk di konsumsi.

B. Manfaat Pinang Tua

Pinang tua memiliki banyak zat yang terkandung didalamnya yakni, Arecaidine, Arecolidine, Guvacoline, Guracine dan zat lain sebagainya. Manfaat yang diberikan buah pinang tua yakni tak jauh beda dari pinang muda, hanya saja pinang tua lebih sering  dijadikan sebagai penjaga kondisi tubuh diantaranya :

1. Mengobati Sakit Gigi

Nah, ini yang biasa dilakukan nenek moyang. Dengan mengkonsumsi buah pinang tua akan dapat menjaga kesehatan mulut terutama gigi dan gusi.

Caranya adalah belah terlebih dahulu buah pinang muda yang akan di makan. Kemudian tambahkan daun sirih guna untuk penghapus rasa pahit pada pinang. Kemudian kunyahlah pinang  dan daun sirih secara bersamaan hingga halus.

2. Menambah Nafsu Makan

Dikatakan bahwa pinang tua juga dapat menambah nafsu makan, entah itu cara di rebut atau di makan secara langsung, namun hal ini tak banyak yang melakukan cara ini. Anda boleh saja melakukan cara ini, namun jangan terlalu sering. Sama halnya dengan tahap pertama.

Cukup sudah rangkuman mengenai cara budidaya pinang secara rinci. Semoga artikel ini menambah ilmu pengetahuan kita semua. Sekian dan Terimakasih.

15 Comments

  1. Enny Law March 14, 2016
  2. Lia Nurmalasari May 21, 2016
  3. akbar July 30, 2016
    • Abu Hafsin July 31, 2016
  4. Surya August 2, 2016
    • Abu Hafsin August 2, 2016
  5. jo August 2, 2016
    • Candra August 13, 2016
    • retthe August 17, 2016
      • Abu Hafsin August 20, 2016
  6. hengki October 6, 2016
  7. yudha December 4, 2016
    • Andika Perdana December 4, 2016
      • Sony June 4, 2017
  8. NOVI July 4, 2017

Leave a Reply