10 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal Air Tawar

Ikan Buntal – Ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan asal famili tetrodontidae. Ikan buntal mempunyai banyak sekali spesies yang telah tersebar di 19 negara di seluruh dunia.

Keunikan dari ikan buntal ini adalah ikan dapat menggembungkan badannya ketika berhadapan dengan predator lain ditambah lagi dengan gigi yang kuat yang fungsinya untuk mencabik mangsa di bawah karang dan lain-lain.

Ikan buntal merupakan ikan yang memiliki racun di dalam kulitnya, racun yang ada pada ikan buntal tersebut lebih mematikan dibandingkan racun lainnya.

Namun, meskipun ikan ini beracun, ikan buntal memiliki kenikmatan yang luar biasa sehingga ikan tersebut dijadikan menu sampingan makanan favorit di Jepang.

Apabila kamu berlibur ke Jepang jangan lupa menyicipi ikan buntal ini, mungkin ada yang bertanya “Bagaimana dengan racunnya, katanya berbahaya?”

Kamu tidak perlu takut, karena sebelum ikan buntal tersebut dimasak, ikan buntal sudah dipastikan dalam keadaan bersih dari racun.

Mengapa demikian? Karena ikan yang akan disajikan harus benar-benar bersih dari racun. Hal ini ditangani langsung oleh master koki yang telah lulus uji dan sudah tidak diragukan lagi pekerjaannya.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi ketika akan menikmati makanan ikan buntal tersebut. Kenikmatan ikan buntal akan menggugah selera makan Anda.

Nah, berikut ini penulis akan menyebutkan 10 fakta unik tentang ikan buntal.

1. Ikan Buntal Mempunyai 1000 Jenis Spesies

ikan buntal

www.fish-species.org.uk

Telah diteliti oleh pakar hewan laut bahwa ikan buntal mempunyai 1000 jenis spesies yang sama. Karena ikan buntal mempunyai tingkat perkembang biakan yang cepat dibandingkan ikan jenis lain.

Nama ikan buntal tidak hanya dikenal di negara Indonesia saja, melainkan di negara-negara yang ada di dunia juga mengenali ikan tersebut.

Akan tetapi nama ikan tersebut beda penyebutannya di tiap-tiap negara diantaranya yaitu Ballonfish, Blowfish, Globerfish dan Toadfish.

2. Ikan Buntal Tumbuh Hingga 2 Meter

ikan buntal

http://a-z-animals.com/

Jenis ikan buntal terbesar pertama ditemukan didalam perairan laut Jepang dan Afrika. Ikan buntal terbesar yang pernah ada atau dikenal dengan sebutan ikan stella.

Ikan stella merupakan ikan buntal terbesar di dunia. Adapun ukuran ikan buntal stella yaitu mencapai  47 Inc atau 120 cm.

Kemudian ikan buntal yang berasal dari sungai Kongo. Ikan ini dikenal dengan ikan jenis air tawar. Ikan ini masih dikategorikan sebagai ikan terbesar di dunia karena panjang ikan buntal ini diperkirakan mencapai 26 Inc atau 66 cm.

Ikan buntal berikutnya adalah ikan asal India. Ikan ini mempunyai rekor tersendiri. Ikan buntal India ini dikategorikan sebagai ikan terkecil di dunia. Ukuran ikan buntal India tersebut mencapai 1 Inci atau 2,5 cm.

3. Ikan Buntal Mempunyai Racun yang Berbahaya

ikan buntal

www.nbcnews.com

Keunikan yang dimiliki ikan buntal salah satunya adalah  racun yang dimiliki di kulitnya, bukan di dalam tubuhnya.

Racun ini disebut dengan Tetrodotoxin atau TTX. Tetrodotoxin atau THX adalah neurotoksin bekerja untuk merusak sistem saraf sehingga menyumbat saluran komunikasi antara tubuh dengan otak dalam waktu singkat.

Maka dari itu racun yang ada pada ikan buntal tersebut lebih berbahaya dibandingkan dengan racun sianida.

4. Ketika Terancam, Selain Beracun Ikan Buntal Juga Dapat Menggembungkan Tubuhnya Hingga 3 Kali Lipat dari Ukuran Normalnya

ikan buntal

solosoloku.com

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada di dunia, satu sama lain akan saling memangsa demi melangsungkan kehidupan. Sama halnya seperti ikan buntal.

Namun keunikan yang ada pada ikan buntal adalah ketika mulai terancam oleh predator lain, ikan tersebut akan menggembungkan tubuhnya sehingga duri-duri tajam yang beracun di bagian kulitnya akan membuat predator minggat.

Lebar ikan buntal setelah menngembungkan tubuhnya yaitu melebihi 3 kali lipat dari ukuran biasanya.

Jika diperhatikan lebih jauh ketka ikan buntal menggembungkan badannya, bentuk ikan ini hampir menyerupai bentuk bola dan di bagian tubuhnya akan mengeluarkan duri-duri tajam lagi beracun. Sehingga dengan adanya duri beracun tersebut akan membuat predator lain menghindar.

5. Ikan Buntal Mampu Berubah Warna

ikan buntal unik

kids.nationalgeographic.com

Ikan buntal juga mempunyai keunikan lainnya salah satunya adalah kemampuan untuk berkamungflase dengan kondisi area disekitar.

Ikan buntal mampu mengubah warna tubunya dengan tingkat kecerahan, kecerahan tersebut terkadang terlihat lebih terang dan terkadang terlihat lebih gelap. Keunikan tersebut bereaksi mengikuti kondisi yang ada di area sekitar ikan.

Selain itu, ikan buntal juga mempunyai keunikan lainnya yaitu ketika predator lainnya mengancam, ikan buntal dapat melarikan diri dengan cepat. Karena ikan buntal mempunyai penglihatan yang jauh lebih baik dibandingkan ikan lainnya.

6. Ikan Buntal Mempunyai Gigi yang Kuat

ikan buntal

www.petinfoclub.com

Seperti yang telah penulis sampaikan tadi di atas bahwa ikan buntal adalah keluarga dari Tetraodontidae. Istilah semacam ini diambil dari bahasa Yunani yaitu “tetra” yang berarti empat dan “odous” bermakna gigi.

Apabila dilihat sekilas, keempat gigi tersebut hampir menyerupai bentuk paruh, padalah itu bukanlah paruh!

Namun, gigi ikan buntal mempunyai karakter seperti gigi hewan pengerat yang selalu tumbuh memanjang.

Untuk mengatasi tumbuhnya  gigi, ikan buntal memotong giginya dengan cara menggesekkan gigi pada terumbu karang dan bebatuan.

Gigi yang teramat kuat tersebut biasanya digunakan oleh ikan buntal untuk memangsa ikan dan cacing yang bersembunyi di bawah batu karang dengan cara mencongkel karang.

7. Ikan Buntal Dapat Membuat Tempat Tinggal Sendiri

ikan buntal

voices.nationalgeographic.com

Dari sekian banyak spesies ikan buntal, ada sebagian ikan yang dapat membuat tempat tinggal sendiri. Misalnya seperti ikan buntal putih dan buntal masked. Kedua jenis ikan ini dapat membuat tempat persembunyian atau rumah sendiri.

Ikan buntal putih membuat sarangnya dengan menggunakan bahan dasar pasir. Adapun gambaran rumah yang biasanya dibuat oleh ikan tersebut yakni berbentuk bulat seperti lapangan stadion dengan diameter 6 kaki atau 3 meter.

Hal seperti ini akan mereka lakukan untuk menarik perhatian ikan buntal betina untuk bisa bertelur di dalam rumahnya.

8. Ikan Buntal Bisa Dijadikan Sebagai Ikan Peliharaan

ikan buntal peliharaan

kriznoy.wordpress.com

Ikan buntal memang ikan yang beracun, akan tetapi tak jarang bagi pecinta ikan untuk memelihara ikan beracun tersebut.

Berikut daftar ikan buntal yang aman untuk dipelihara:

  • Buntal Spotted Green
  • Buntal Bronze
  • Buntal Pignose

Ketiga ikan buntal di atas acapkali dijadikan sebagai ikan peliharaan. Karena telah terbukti aman jika dipelihara.

Dari ketiga daftar ikan buntal di atas, proses perawatan ikan juga penting diperhatikan dengan cara:

  • Ikan buntal membutuhkan banyak air maka wajib bagi pemelihara ikan ini untuk mengganti airnya sewaktu-waktu.
  • Mengingat gigi ikan buntal yang mudah tumbuh panjang, maka ikan tersebut sangat membutuhkan batu karang atau cangkang siput untuk bahan pengerat.
  • Ikan buntal cenderung agresif ketika berbaur dengan ikan lainnya.

9. Ikan buntal Menjadi Makanan Terlezat di Jepang

ikan buntal

www.pbase.com

Selain menjadi ikan peliharaan rumah ikan ini juga menjadi santapan lezat. Di restoran Jepang, ikan buntal menjadi santapan yang lezat. Namun, dibutuhkan skil yang baik dalam mengolah ikan buntal sebelum diolah menjadi makanan yang lezat.

Dalam hal ini membutuhkan master koki hebat untuk mengolah ikan tersebut agar racun yang adala pada ikan buntal dipastikan sudah bersih dan steril sehingga aman untuk dimakan.

Adapun koki yang memasak ikan buntal tersebut harus terbukti lulus seleksi terlebih dahulu.

Nah, dampak dari pelanggan yang belanja di restoran abal-abal menyebabkan insiden yang cukup mengharukan.

Masyarakat Jepang pernah digemparkan dengan insiden keracunan makanan setelah menikmati ikan buntal fugu tersebut. Pada tahun 1996 dan 2006 tercata 44 kasus yang mengalami insiden keracunan ikan fugu.

Maka dari itu, ketika Anda benar-benar ingin menyicipi makanan ikan fugu tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa restoran yang akan kamu tempati telah mempunyai reputasi yang baik. Sehingga terbukti bahwa ikan buntal fugu terbukti steril dari racun.

Jika tidak, maka nyawa ikut menjadi taruhannya.

10. Ikan Buntal Menjadi Daftar Ikan yang Terancam Punah

ikan buntal

solosoloku.com

Apabila dibandingkan dengan ikan jenis lainnya, ikan buntal mempunyai nilai tinggi dalam perkembangbiakan sebagaimana yang telah diamati oleh para pakar peneliti ikan.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa penyebab kerusakan alam ditambah dengan perburuan yang berlebihan sehingga menjadikan beberapa ikan buntal terancam punah.

Contohnya saja ikan buntal yang tersebar di perairan laut China, Jepang dan Korea. Dalam waktu kurang dari 40 tahun terakhir, populasi ikan buntal menjadi berkurang hingga 99%.

Kemudian ikan buntal Canthigaster Cyanetron, ikan yang hidup di perairan pulau Paskah juga ikut dinyatakan punah karena rusaknya terumpu karang di area pantai pulau Paskah.

Selanjutnya ikan buntal readline dan ikan kerdil yang terdapat disungai salib Nigeria juga ikut masuk dalam daftar ikan yang terancam punah.

Jika Anda seorang traveling terutama ke negara Jepang. Anda perlu untuk menyicipi masakan Jepang yang terbuat dari ikan buntal.

Semoga artikel ini menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih. Wassalam.

One Response

  1. lisa October 17, 2016

Leave a Reply