Masih Ragu ke Surabaya? 9 Tempat Ini Bisa Jadi Alternatif Liburan Anda

Sebagai salah satu kota tersibuk di Indonesia, liburan ke Surabaya memang sering meragukan. Banyak wisatawan menghindari terjebak di tengah kesibukan Surabaya. Mereka cenderung memilih destinasi liburan lain yang relatif lebih tenang dan lebih hijau.

Keraguan tersebut masih ditambah iklim Surabaya yang menghasilkan cuaca lebih panas dan cerah sepanjang musim. Akan tetapi, kesibukan Surabaya ternyata bukan tanpa tujuan. Salah satu kabar baik dari kesibukan itu adalah dampaknya terhadap pengelolaan dan pengembangan objek wisata.

Dalam beberapa tahun terakhir Surabaya memang sedang berbenah. Meskipun tidak menempatkan diri sebagai kota wisata, namun pengembangan wisata di sana telah menjadi daya tarik para wisatawan. Tentu saja pengembangan ini juga memberi pengaruh langsung pada ketersediaan akses transportasi.

Selain memiliki pilihan transportasi laut dan udara, Kota Pahlawan juga bisa Anda jangkau menggunakan kereta api. Surabaya memiliki tiga stasiun kereta api yang akan menyambut liburan Anda. Untuk mulai melakukan pemesanan tiket kereta api, Anda bisa kunjungi situs Traveloka.com.

Dengan memesan tiket kereta api di Traveloka, Anda bisa menentukan stasiun tujuan, waktu keberangkatan, pilihan kereta, serta harga tiket per orangnya.

Layanan ini memudahkan Anda untuk mengatur rencana liburan di Surabaya. Mau turun di Pasar Turi, Gubeng, atau Wonokromo pun tidak akan membuat Anda kebingungan. Agar Anda semakin leluasa mengatur rencana liburan, berikut ini rekomendasi objek wisata di Surabaya yang harus Anda catat.

1. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe

Source – dispotmararmatim999

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan wujud kebanggaan masyarakat Surabaya terhadap kejayaan maritim Indonesia. Diresmikan pada 5 Desember 1996, monumen ini berisi koleksi kapal perang Angkatan Laut serta berbagai suvenir yang menandakan kebesaran armada laut Indonesia.

Anda dapat berkunjung ke Monumen Jalesveva Jayamahe setiap Senin-Jumat pada pukul 7.30-15.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Taruna 1, Dermaga Ujung, Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca : Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung

tugu pahlawan

Source – Wikipedia

Tugu Pahlawan adalah monumen yang dipakai untuk memperingati perjuangan tentara Surabaya melawan sekutu. Dibangun setinggi 41,15 meter, bentuk Tugu Pahlawan dirancang sesuai peringatan Pertempuran 10 November 1945.

Anda bisa menikmati perjuangan tersebut dengan berkunjung ke Jalan Tembaan No.19A, Alon-Alon Contong, Bubutan.

3. Kuliner Bratang Binangun

kuliner bratang binangun

Source – bisnissurabaya

Salah satu sentra kuliner yang bisa Anda kunjungi di Surabaya adalah Bratang Binangun. Berbaga

i sajian khas Surabaya yang tersebar dalam 50-an warung makan, siap memanjakan lidah dan melengkapi pengalaman liburan Anda.

Lokasinya dekat dengan Pasar Burung Bratang, yakni di Jalan Raya Manyar No. 80A, Baratajaya, Gubeng.

Baca : Tempat Wisata Danau Toba

4. Kelenteng Hong Tiek Hian

Kelenteng Hong Tiek Hian

Source – surabaya.panduanwisata

Selain menjadi sarana ibadah penganut Khong Hu Chu, daya tarik Kelenteng Hong Tiek Hian terletak pada pementasan Wayang Potehi. Kelenteng ini adalah kelenteng tertua di Surabaya. Nilai sejarah yang dimiliki kelenteng buatan Khu Bilai Khan ini, turut berperan juga meningkatkan kunjungan wisatawan.

Lokasi Kelenteng Hong Tiek Hian berada di Jalan Dukuh, Nyamplungan, Pabean Cantian.

5. Monumen Bambu Runcing

monumen bambu runcing

Source – inodesiakaya

Monumen Bambu Runcing didirikan untuk memperingati semangat perjuangan arek-arek Suroboyo dan masyarakat Indonesia dalam mengusir penjajah.

Bangunan ini berdiri gagah di Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, dengan 5 pilar besar yang mengalirkan air dari ujung bambu. Anda dapat berkunjung ke sini antara jam 4 sore sampai jam 9 malam.

6. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo

dinata.my.id

Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan pesona hutan alami yang mengagumkan. Berjalan menyusuri jembatan bambu akan menjadi pengalaman liburan yang berkesan bagi Anda. Hutan Mangrove Wonorejo berlokasi di Jalan Bozem Wonorejo, Wonorejo, Rungkut.

7. Kuliner Convention Hall

kuliner confention hall

Source –
Desainrumahkeren.com

Sentra kuliner ini menjadi salah satu bukti keseriusan Pemerintah Kota Surabaya dalam mengelola kesibukan jalanan. Di Kuliner Convention Hall Anda tidak hanya menemukan ragam menu khas Surabaya, tapi juga berbagai suvenir hasil kerajinan tangan yang terletak di Jalan Arief Rachman Hakim No.131- 133, Keputih, Sukolilo, Kuliner Convention Hall menawarkan harga makanan yang sangat ramah di kantong.

8. Monumen Kapal Selam

monumen kapal selam

Source – wikimedia.org

Monumen Kapal Selam merupakan objek wisata yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di dalamnya terdapat KRI Pasopati yang berjenis KRI SS dengan tipe Whisky Class, buatan tahun 1952, dari Vladi, Rusia.

Untuk mencapainya, Anda bisa melangkah ke Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng.

9. Surabaya Carnival Park

surabaya karnival park

Source – surabayarek.com

Taman bermain yang memiliki banyak wahana permainan ini juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk berburu kuliner Surabaya. Anda bisa menghabiskan senja hingga malam dalam pengalaman ceria dan melupakan sejenak kesan sibuk Surabaya. Surabaya Carnival Park bisa ditemukan di Jalan Ahmad Yani No. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan.

Liburan ke kota yang sibuk tentu memberikan pengalaman yang khas. Selain bisa membuktikan perkembangan pembangunan, Anda juga dapat merasakan pengalaman berkesan dari berbagai alternatif tempat wisata. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur, ya!

Leave a Reply