Saham Blue Chip: Pengertian dan Tips Memilihnya

Istilah saham mungkin sudah tidak asing lagi di telinga terutama bagi Anda yang hobi melakukan jual beli saham. Tapi, sudahkah saham yang Anda perjualbelikan termasuk dalam golongan saham blue chip? Atau justru Anda baru pertama kali mendengar istilah tersebut karena alasan melakukan investasi saham pun hanya coba dan ikut-ikutan.

Pengertian Saham Blue Chip

Di dunia ini ada banyak sekali perusahaan yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap konsumen. Saking berpengaruhnya, sulit bagi perusahaan lain untuk menggoyang kedudukan mereka agar turun dari atas tahta.

Loyalitas yang diberikan oleh konsumen secara tidak langsung membuat berbagai perusahaan tersebut memperoleh laba yang sangat baik dan konsisten. Performa perusahaan juga selalu stabil dengan reputasi brand yang positif. Ketika Anda membeli saham pada perusahaan dengan semua kriteria tersebut maka saham yang Anda miliki adalah saham blue chip.

Secara global, ada banyak sekali jenis perusahaan yang mampu memperjualbelikan saham blue chip. Contohnya adalah Nike yang kita kenal sebagai brand sport internasional. Ada juga Apple hingga Starbucks yang gerainya hampir tersebar di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Satu hal yang perlu Anda ingat ketika ingin membeli saham blue chip adalah perbedaan harganya. Harga saham ini sangat memungkinkan jauh lebih tinggi bahkan 300 kali lebih tinggi dari jenis saham lainnya. Kondisi tersebut dipicu karena daya beli investor terhadap saham yang amat besar.

Cara Jitu Pilih Saham Blue Chip

Harga saham blue chip memang cenderung tinggi tapi bukan berarti Anda tidak bisa membelinya terlebih keuntungan yang ditawarkan juga amat menggiurkan. Agar tidak salah langkah ketika melakukan investasi saham blue chip, yuk ikuti sejumlah cara memilih sahamnya di bawah ini:

1. Mengenal dengan Baik Karakteristik Saham Blue Chip yang Diincar

Melakukan investasi di suatu perusahaan bukan perkara mudah mengingat salah satu faktor kenaikan dan penurunan saham terjadi karena campur tangan manusia. Misalnya ketika teknologi semakin maju secara otomatis manusia menginginkan produk yang lebih baik dan canggih.

Belilah saham pada perusahaan blue chip yang mampu bertahan di tengah gempuran perkembangan teknologi. Daripada membeli saham pada perusahaan yang reputasinya baik, kami anjurkan Anda memilih perusahaan yang mampu menjaga keuangan mereka dengan baik dan stabil.

2. Pilih Saham dengan Basis Bisnis yang Berlawanan

Di atas kami telah menyebutkan beberapa jenis saham blue chip internasional yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk belanja saham. Daripada membeli saham dengan basis bisnis yang sama akan lebih baik jika Anda berinvestasi secara merata ke sektor yang berlawanan.

Contohnya membeli saham Visa atau MasterCard yang dikenal sebagai perusahaan penyedia kartu kredit skala internasional. Selain saham dari perusahaan tersebut, Anda juga bisa membeli saham milik Nike atau Alphabet.

Membeli saham blue chip merupakan salah satu impian banyak investor Indonesia karena peluang keuntungannya yang menjanjikan. Anda yang memiliki kesempatan emas tersebut manfaatkanlah dengan baik supaya pembelian saham memperoleh keuntungan bukan kerugian. Jangan lupa, belilah saham blue chip melalui aplikasi trading saham yang terpercaya, seperti Nanovest. Nanovest telah bekerja sama degan broker yang tergabung dalam FINRA, sehingga telah terjamin keamanannya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.