Songket Palembang: Keistimewaan, Sejarah, Harga, & Bahannya

Batik mungkin menjadi satu pakaian resmi dari Indonesia yang banyak terkenal baik domestik maupun luar negeri. Jika digali lebih jauh lagi, kita bisa menemukan banyak sekali pakaian khas dari kota lainnya, dan salah satu jenisnya adalah kain tenun yang paling terkenal yakni Songket. Songket berasal dari kata Sungkit, dalam bahasa Melayu dan Indonesia memiliki arti mencungkil atauapun mengait. Mengingat cara membuat kain tenun dikaitkan dan diselipkan dengan benang emas.

Sejarah Songket Palembang

Pada jaman dahulu, tradisi mengharuskan bangsa Indonesia menggunakan kain khas ini. Songket sendiri mencerminkan masa keemasan dari kerajaan Sriwijaya. Dimana kerjayaan perdagangan Kerajaan tersebut memang termashur dan menjadikan Kota Palembang sebagai pusat kerajinan songket ternama di negara kita. Dengan begitu, Songket Palembang dianggap peninggalan budaya yang berharga.

Orang Tionghoa menyediakan benang sutera sedangkan orang India menyumbang benang emas dan perak, maka jadilah Songket. Kain Songket ditenun oleh alat tenun bingkai Melayu, maka dari itu Songket bagi masyarakat Indonesia merupakan kain mewah karena menggunakan kain emas. Dokumentasi mengenai Songket ini sendri memang belum jelas, kemungknan tentun mencapai semenanjung Malaya melalui perkawinan serta persekutuan antara bangsawan Melayu dan masyarakat.

jual songket

www.kelambit.com

Keistimewaan Songket Palembang

Jika dikatakan istimewa, Songket Palembang sangatlah bagus dan istimewa. Songket Palembang memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan songket Indonesia lainnya. Namun jika dibandingkan lebih teliti, maka memiliki kualitas terbaik. Songket dari Palembang ini mendapat julukan Ratu Segala Kain. Dimana songket memang ditenun khusus dan memakan waktu hingga tiga bulan. Songket yang biasa hanya dibuat dalam waktu 3 hari saja, sangat jauh berbeda bukan ?

Berbeda dengan Medan, Palembang menggunakan songket untuk acara perkawinan atau pesta pernikahan saudara dekat. Songket dianggap kain berhistory yang tidak sembarangan dan hanya bisa digunakan di acara besar. Sedangkan di Medan kain Songket digunakan untuk upacara kematian, pernikahan, arisan, acara besar keluarga dan lainnya. Memang banyak songket yang ada di Indonesia namun Palembang termasuk yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia untuk Songket berkualitasnya.

Bahan Songket Palembang

Jika ditinjau dari bahan Songket khas dari kota Palembang yaitu, tenun, rungsen, benang emas, benang merah, baliro, lidi, bulu, pleting dan lain sebagainya. Sebagaimana penenun umumnya, ketika membuat Songket Palembang sangat dibutuhkan sikap teliti dan juga kesabaran. Jika dikerjakan dengan tergesa-gesa maka hasilnya akan jelek dan umumnya tidak sesuai keinginan.

Apakah anda tahu bahwa kain Songket Palembang yang memiliki usia tua maka akan semakin mahal harganya ? Hal ini karena adanya Songket yang dibuat dengan waktu yang sudah lama memang terbukti kualitas dan juga motif yang dimiliki dinilai langka. Selain itu, Songket Palembang menggunakan benang khusus sehingga tidak perlu khawatir dimakan usia.

Harga Songket Palembang

Karena kualitasnya yang tidak diragukan, Songket Palembang memang perlu mengocek uang lebih dalam. Dimana pengrajin menjualnya 3-5 juta per songket. Hal ini karena bahan baku yang digunakan sangatlah bagus dan diimpor dari luar, jika menggunakan benang lokal akan sulit ditenun. Selain itu pembuatan motif mempengaruhi harga yang dimiliki.

Songket Palembang juga memiliki harga yang mahal karena waktu buat yang digunakan para pengrajin. Dimana mereka hanya bisa menghasilkan dua kain dalam 2 atau 3 bulan saja. Jika dijual dengan harga murah, maka hal tersebut menghilangkan mata pencaharian mereka dan tidak bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Tempat Jual Songket Palembang

Kalau anda tertarik mengoleksi kain bernilai seni tinggi ini, anda bisa langsung datang ke Kota Palembang, tepatnya di Pasar 26 ilir, di mana terdapat banyak sekali toko yang menjual songket palembang di sana.

Tapi, kalau anda tidak sempat mampir ke kota palembang, atau jarak yang terlalu jauh dari kota palembang sehingga malas dan khawatir akan menghabiskan uang yang lebih banyak untuk ongkos ke kota palembang, kini anda bisa coba membelinya di SongketPalembang.id

jual songket

songketpalembang.id

SongketPalembang.id menjual songket palembang asli secara online. Jadi cukup dengan melakukan pemesanan dari rumah, maka songketnya lah yang akan mendatangi pintu rumah anda, tentunya dengan fasilitas GRATIS ONGKIR ke seluruh Indonesia yang mereka tawarkan. Keren kan?

Leave a Reply