gatal gatal

4 Cara Menghilangkan Gatal-Gatal pada Kulit dengan Bahan Alami

Menghilangkan gatal gatal pada kulit sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Namun, meski begitu tak sedikit orang yang beranggapan bahwa gatal-gatal tak bisa dihilangkan begitu saja, melainkan harus ditangani dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gata-gatal yakni dapat dihilangkan dengan bahan alami.

Terdapat beberapa bahan alami yang direkomendasikan dalam artikel ini untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Beberapa bahan alami tersebut seperti, cuka apel, minyak kelapa, air dingin, kunyit, minyak mentol, dan lidah buaya. Sementara untuk penjelasan dari beberapa bahan alami diatas, berikut ini dapat anda simak ulasannya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Gatal-Gatal pada Kulit dengan Bahan Alami ?

 

  1. Oleskan cuka apel

Cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit dengan bahan alami yang pertama oleskan cuka apel. Kandungan asam asetat pada cuka apel ini telah digunakan sebagai bahan alami disinfektan dan antiseptik untuk luka.

Selain itu, cuka apel ternya juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal di kulit. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:1.

Kemudian oleskan larutan tersebut pada kulit dan biarkan sampai kering, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Cara tersebut cukup efektif, tapi perlu di ingat, cuka apel dapat mengiritasi luka terbuka. Sebaiknya hindari mengoleskan cairan ini pada kulit yang pecah-pecah atau berdarah.

 

  1. Menggunaka Minyak Kelapa

Cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit dengan bahan alami selanjutnya menggunakan minyak kelapa. Sudah tak asing lagi bahwa kelapa sendiri banyak memiliki manfaat, begitu juga dengan minyak kelapa ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Minyak kelapa tersebut ampuh dalam memngatasi masalah pada kulit, termasuk gatal karena peradangan akibat alergi.  Selain juga bisa digunakan untuk menmghilangkan rasa sakit karena peradangan, ternyata minyak kelapa juga meiliki sifat antiinflamasi.

Cara menggunakan minyak kelapa ini cukup mudah, tinggal mengoleskan kebagian kulit yang terasa gatal. Cara ini cukup ampuh, dengan mengoleskan minyak kelapa ini dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan. Yang mana antioksidan tersebut memiliki fungsi untuk menstabilkan radikal bebas dan juga untuk mengatasi peradangan pecimu gatal-gatal.

  1. Gunakan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang sudah tak asing lagi bagi anda. Selain dikenal sebagai salah satu bahan bumbu dapur ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit.

Kunyit ini memiliki kandungan senyawa aktif yang dikenal sebagai kurkurim. Senyawa aktif tersebut memiliki sifat bakterisida dan antiinflamsi. Selain itu, senyawa ini dapat membantu untuk mengobati peradangan dan gatal yang terjadi pada kulit anda.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit dengan bahan alami yang terakhir yakni dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini tanaman yang dikenal banyak memiliki manfaat, selain dikenal bagus untuk kesehatan rambut ternyata lidah buaya ini juga bisa menghilangkan gatal pada kulit.

Dengan mengoleskan gel lidah buaya ini dapat membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh kulit gatal atau kulit kering.

 

Tanaman ini memiliki kandungan yang dapat membantu melembabkan dan menjaga tingkat air dalam kulit agar tetap tercukupi. Pada umumnya, obat alami yang satu ini tentu sangat aman untuk digunakan.

Namun, sebaiknya anda biasakan untu menguji reaksi alergi sebelum mengoleskannya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit lidah buaya pada telapak tangan.

Demikian artikel tentang 4 cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit dengan bahan alami ini dibuat, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.