Link Live Streaming Pengumuman PPKM Darurat, Diperpanjang atau Tidak?

Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang sebelumnya dinamakan PPKM Darurat akan berakhir Minggu (25/7/2021) hari ini. Pemerintah berencana menyampaikan pengumuman kebijakan lanjutan mengenai PPKM pada Minggu malam pukul 20.00 WIB. Sebelumnya diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut PPKM bisa saja dilonggarkan pada Senin (26/7/2021) besok, kalau perkembangan kasus Covid 19 menunjukkan penurunan.

Hal itu disampaikan Jokowi lewat konferensi pers pada Selasa (20/7/2021) lalu. Masyarakat pun masih menantikan seperti apa kebijakan pemerintah. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan direncanakan akan memberi pengumuman mengenai aturan lanjutan PPKM malam ini.

Diketahui Jokowi dalam pengumumannya Selasa lalu, sedikit memberikan bocoran pelonggaran PPKM secara bertahap mulai Senin (26/7/2021) besok. Jokowi menjelaskan, pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari hari, diizinkan buka sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas 50 persen. Sedangkan pasar tradisional yang menjual selain kebutuhan sehari hari, boleh buka sampai pukul 15.00 WIB.

"Tentu saja dengan penerapan prokes yang ketat," ungkapnya. Lalu usaha kecil dapat buka sampai pukul 21.00 WIB. Usaha tersebut antara lain pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asonan, bengkel kecil, cuci kendaraan, dan usaha kecil lain.

Selanjutnya, warung makan, PKL, maupun lapak di ruang terbuka diizinkan buka sampai pukul 21.00 WIB. "Maksimum waktu makan untuk tiap pengunjung 30 menit," ungkap Jokowi. Jokowi mengungkapkan, kegiatan pada sektor esensial dan kritikal, baik di pemerintahan, swasta, dan terkait protokol perjalanan akan dijelaskan terpisah.

"Saya minta kita semua bisa bekerja sama, bahu membahu dalam PPKM Darurat ini," ungkap Jokowi. "Kita harus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.