Tips Jitu Kembangkan Bisnis Salon dan Spa agar Lebih Untung

Prospek bisnis salon kecantikan dan spa bisa terbilang sangat bagus karena kebutuhan akan perawatan tubuh semakin meningkat, terutama bagi wanita. Kembangkan bisnis salon kecantikan kamu dengan pinjaman bunga rendah.

Berkembangnya prospek bisnis kecantikan juga diikuti dengan semakin banyaknya kompetitor. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan bisnis kecantikan yang tepat agar bisnis kamu tidak kalah dari kompetitor.

Tips Mengembangkan Bisnis Salon Kecantikan dan Spa

Di bawah ini adalah beberapa tips mengembangkan bisnis salon kecantikan dan spa yang bisa kamu coba.

●              Meningkatkan Pelayanan

Kamu perlu selalu meningkatkan pelayanan salon sehingga pengunjung semakin senang menggunakan jasa kamu. Peningkatan pelayanan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, meningkatkan skill karyawan dalam melayani pelanggan, sehingga kualitas pelayanan selalu terjaga dengan baik. Kamu bisa memberikan pelatihan kembali pada karyawan supaya skill yang sudah dimiliki semakin baik.

Pengetahuan karyawan akan layanan salon juga harus baik karena selain melakukan perawatan pada klien, karyawan juga bertugas sebagai konsultan. Sebagai konsultan, karyawan harus bisa memberikan saran perawatan sesuai dengan yang dibutuhkan klien.

Karyawan juga harus bersikap profesional dan ramah sehingga tercipta suasana perawatan yang nyaman. Kamu bisa memanfaatkan review dari pelanggan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pelayanan.

Peningkatan layanan lainnya yang bisa dilakukan yaitu menggunakan produk perawatan yang berkualitas dan meningkatkan kualitas alat kecantikan yang digunakan.

●              Buat Strategi Pemasaran yang Tepat

Berikutnya yaitu meningkatkan strategi pemasaran yang tepat. Sebagus apapun kualitas bisnis kamu, jika tidak diikuti strategi pemasaran yang tepat, maka usaha kamu tidak akan banyak diminati pelanggan.

Strategi pemasaran tidak hanya berfungsi untuk menarik pelanggan baru, namun juga mempertahankan loyalitas pelanggan. Berikut ada beberapa strategi pemasaran yang bisa kamu coba terapkan:

–                Promosi melalui Influencer

Influencer seperti selebgram atau selebriti memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mempromosikan produk atau jasa, mengingat influencer memiliki ratusan ribu bahkan sampai jutaan pengikut di media sosial.

Oleh karena itu, banyak sekali pemilik bisnis yang menggunakan influencer untuk memasarkan jasa atau produk mereka. Tentunya, kamu tidak boleh memilih influencer secara sembarangan untuk mempromosikan bisnis kamu.

Pastikan bahwa influencer yang kamu pilih memang berkecimpung di dunia kecantikan atau sering membuat konten kecantikan. Ketahui juga rekam jejak influencer apakah pernah bermasalah atau tidak. Kamu bisa manfaatkan pinjaman bunga rendah untuk menggunakan jasa influencer.

–                Memaksimalkan Fungsi Media Sosial

Di era yang serba digital ini, media sosial memiliki peran yang sangat penting untuk mengenalkan suatu jasa pada pelanggan, termasuk jasa salon kecantikan dan spa kamu. Apalagi jika target pasar kamu adalah kaum anak muda.

Kamu perlu membuat konten media sosial yang menarik sehingga audiens mau berinteraksi dengan akun media sosial kamu dan tertarik untuk menggunakan jasa salon kecantikan dan spa.

Selain membuat konten hard selling, kamu juga bisa membuat konten soft selling dan informatif. Misalnya, tips merawat rambut, macam-macam gaya rambut, tips merawat kulit, dan sebagainya. Konten tersebut bisa dibuat dalam bentuk gambar maupun video.

Jangan lupa untuk selalu meningkatkan profil akun media sosial kamu! Misalnya dengan menambahkan ulasan pelanggan pada sorotan Instagram dan hasil perawatan rambut dari klien. Kamu juga bisa menarik audiens akun media sosial kamu dengan memberikan giveaway.

Sumber : https://unsplash.com/photos/black-iphone-4-on-brown-wooden-table-EQSPI11rf68

–                Program Loyalitas

Berikutnya, kamu perlu membuat program loyalitas supaya pelanggan mau menggunakan kembali jasa kecantikan kamu secara terus menerus. Kamu bisa memberikan diskon atau potongan harga pada hari ulang tahun pelanggan.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo cashback atau diskon pada pelanggan yang melakukan perawatan dalam jumlah tertentu.

–                Tawarkan Diskon

Kemudian, kamu juga bisa menawarkan program diskon untuk tanggal atau hari tertentu, seperti event tanggal kembar, promo akhir tahun, promo akhir bulan, promo hari raya, atau promo untuk calon pengantin.

Kamu bisa mengumumkan penawaran tersebut di akun media sosial bisnis kamu, sehingga orang-orang mengetahui adanya diskon yang kamu berikan.

●              Jaga Kebersihan Salon

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan salon dengan baik. Meski terdengar sepele, namun kebersihan salon sangat berpengaruh pada ketertarikan klien terhadap salon kecantikan dan spa kamu. Apalagi, bisnis ini menyangkut kebersihan dan kecantikan tubuh.

Jika salon kecantikanmu kotor, tentu klien akan berpikir dua kali untuk berkunjung kembali, terlebih karena kesadaran masyarakat akan kebersihan dan penyebaran virus terus mengalami peningkatan.

Selain memperhatikan kebersihan salon, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan karyawan. Karyawan harus berpenampilan bersih dan rapi mulai dari pakaian maupun gaya rambutnya.

●              Tambahkan Layanan Baru

Kamu bisa menambahkan perawatan dan layanan baru yang belum pernah kamu sediakan. Tambahkan perawatan baru yang sedang tren, misalnya menambahkan layanan nail arts, menambah pilihan gaya rambut, dan sebagainya. Soal modal tidak perlu pusing, karena kamu bisa mengandalkan pinjaman bunga rendah.

●              Kelola Anggaran dengan Tepat

Terakhir, kelola semua anggaran dengan bijak. Pastikan untuk memantau semua pengeluaran dengan baik, mulai dari pengeluaran untuk pembelian peralatan salon sampai kebutuhan salon lainnya.

Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi tertentu untuk membantu membuat laporan keuangan yang akurat.

Itulah beberapa tips jitu mengembangkan bisnis salon kecantikan dan spa supaya lebih banyak untung. Mengelola dan mengembangkan bisnis memang tidak mudah, sehingga diperlukan perencanaan yang matang.

Kamu bisa mengembangkan bisnis salon dan spa kamu supaya lebih maju dengan mengajukan KTA bunga rendah paling recommended, DBS KTA. Produk pinjaman ini menawarkan dana berlimit sampai Rp300 juta hanya dengan syarat yang mudah, cukup lampirkan dokumen fisik seperti fotocopy NPWP, e-KTP, dan kartu kredit bank lain dengan limit minimal 10 juta. Tidak hanya itu, bunga flat mulai dari 0.88%, serta cicilan bisa dilakukan sampai 36 bulan.

Siapkan rencana dan kembangkan bisnis salon dan spa kamu segera dengan mengajukan pinjaman bunga rendah DBS KTA sekarang juga! Informasi lebih lengkap mengenai pengajuan pinjaman bisa diakses di sini!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *