Pelatih Ansan Greeners Kaget Sendiri Saat Jajal Asnawi Mangkualam Main di Dua Posisi Berbeda

Pelatih Ansan Greeners, Kim Gil sik, mengaku dibuat terkejut oleh Asnawi Mangkualam di laga melawan Gyeongam pada Senin (12/7/2021). Ansan Greeners tampil menghadapi Gyeongnam pada pekan ke 20 K League 2. Pada laga tersebut bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mendapat kesempatan tampil sebagai starter.

Ini adalah penampilan perdana Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners usai absen dua bulan lebih. Sebelumya, Asnawi memang terpaksa absen karena cedera hamstring dan membela timnas Indonesia. Meski sudah lama absen, Asnawi tetap berhasil tampil memukau.

Di laga ini sendiri Asnawi dipercaya tampil selama 90 menit. Asnawi membantu Ansan Greeners melibas Gyeongnam dengan skor 3 1. Menariknya, Kim Gil sik menurunkan Asnawi di dua posisi yang berbeda.

Pada awal laga pemain berusia 21 tahun itu bermain sebagai bek kanan. Di pertengahan babak kedua, Kim Gil sik memutuskan untuk menggeser Asnawi ke posisi gelandang bertahan. Gelandang bertahan memang diketahui sebagai posisi asli Asnawi sebelum berevolusi menjadi bek kanan.

Usai laga, Kim Gil sik pun membeberkan alasannya memainkan Asnawi di dua posisi yang berbeda. Kim Gil sik mengaku telah mendapat masukan dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong. "Ketika kita bicara soal Asnawi, coach Shin Tae yong selalu muncul," kata Kim Gil sik dikutip dari Sports G, Senin (12/7/2021).

"Saya banyak mendapat saran dari Shin Tae yong, dan dia juga selalu berkomunikasi dengan Asnawi," imbuhnya. Pelatih berusia 42 tahun itu mengatakan dirinya teringat cerita Shin Tae yong yang pernah melihat Asnawi bermain sebagai gelandang bertahan saat di usia junior. "Dia pernah berkata dirinya melihat gelandang bertahan yang sangat muda (pada diri Asnawi)."

"Tiba tiba saya teringat hal tersebut dan langsung mencobanya," ungkap pelatih asal Korea Selatan itu. Penampilan Asnawi saat menjadi gelandang rupanya membuat Kim Gil sik terkejut. Kim Gil sik menyebut bahwa penampilan Asnawi sebagai gelandang lebih baik dari perkiraannya.

"Dia melakukannya lebih baik ketimbang perkiraan saya," ujar Kim Gil sik. "Ini adalah kali pertama saya memainkannya sebagai gelandang bertahan." "Saya pikir Asnawi juga telah menunjukkan penampilan bagus saat menyerang," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.