Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari

Rambut lepek merupakan kondisi rambut yang sangat mengganggu penampilan. Penyebab rambut lepek karena produksi minyak dan keringat berlebih di area rambut. Rambut yang lepek dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah yang membuat wajah terlihat kusam dan berminyak.

Rambut lepek sering terjadi pada kondisi rambut tipis dan lurus. Saat mengalami rambut lepek, rambut akan terlihat lebih tipis, akar rambut akan rontok dan volume rambut akan hilang. Rambut lepek juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan terasa panas.

Rambut lepek bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang penyebabnya jarang disadari oleh sebagian orang. Berikut beberapa penyebab rambut lepek:

Apa Saja Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari?

  1. Faktor Keturunan

Penyebab rambut lepek yang pertama, yaitu disebabkan oleh faktor keturunan. Jika Anda memiliki orang tua yang mempunyai kondisi kulit berminyak, maka Anda juga mempunyai jenis kulit yang sama dan mudah berminyak. Keturunan ini tidak bisa dihilangkan, namun Anda bisa mencegah produksi minyak berlebih di kulit kepala.

  1. Cuaca Panas

Saat cuaca terlalu panas, keringat dan minyak akan diproduksi secara berlebihan di kulit kepala. Sehingga cuaca panas menjadi salah satu faktor penyebab rambut lepek. Selain itu, cuaca panas akibat terik matahari dapat menyebabkan rambut patah, bercabang dan terlihat kusam

  1. Polusi Udara

Selain panas matahari, rambut lepek juga bisa disebabkan oleh polusi udara, seperti debu atau asap kendaraan. Polusi udara ini mempunyai partikel-partikel kecil yang bisa menempel di kulit kepala, memicu produksi minyak berlebih, dan secara perlahan menyebabkan kerusakan pada rambut.

  1. Salah Memilih Shampo

Tidak semua sampo bisa digunakan untuk jenis rambut. Ada beberapa bahan sampo yang tidak cocok untuk rambut lepek yang cenderung berminyak. Untuk rambut berminyak, sebaiknya gunakan sampo yang bisa memberi volume, dan hindari penggunaan sampo yang terlalu banyak mengandung deterjen dan pelembab.

  1. Tidak Bersih Saat Membilas Sampo

Penyebab rambut lepek selanjutnya, adalah karena tidak bersih saat membilas sampo. Sisa shampo yang menempel di kulit kepala, dapat memicu produksi minyak berlebih sehingga menyebabkan ketombe dan kerak.

  1. Penggunaan Kondisioner yang Salah

Kondisioner juga dapat menyebabkan rambut menjadi lepek serta berminyak. Padahal kondisioner mempunyai fungsi untuk menjaga kelembapan rambut, dan mencegah atau memperbaiki kerusakan rambut.

Agar kondisioner tidak menyebabkan rambut lepek, sebaiknya gunakan kondisioner hanya pada bagian ujung rambut saja, dan jangan sampai mengenai kulit kepala.

  1. Mencuci Rambut Dengan Air Panas

Kebiasaan keramas menggunakan air panas dapat menyebabkan rambut lepek. Karena air panas dapat membuka pori-pori, membuat produksi minyak berlebih, mengikis folikel rambut, menyebabkan rambut kusam, juga bisa menyebabkan rambut rontok.

  1. Menggunakan Sisir Kotor

Sering menggunakan sisir yang kotor juga bisa menyebabkan rambut lepek. Untuk itu, cucilah sisir yang sudah sering digunakan, minimal seminggu sekali. Karena banyak debu dan kotoran yang menempel di sisir.

  1. Stres dan Perubahan Hormon

Selain memicu kerontokan rambut, stres juga bisa membuat rambut terlihat lepek. Saat Anda stres, tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon kortisol. Hormon ini merangsang kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, salah satunya adalah kulit kepala. Jadi jangan heran jika rambut Anda lebih mudah berminyak saat sedang stres.

  1. Menggunakan Hijab dengan Bahan yang Tidak Menyerap Keringat

Penyebab rambut lepek yang terakhir adalah memakai hijab dengan bahan yang tidak menyerap keringat. Sebaiknya gunakan hijab dengan bahan katun, voile, paris hijab, atau pasmina. Selain menyerap keringat, hijab ini lebih mudah digunakan dan terlihat trendy.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.