Tips Mengatasi Mobil Tidak Bertenaga

Walau tak secepat mobil balap, sejumlah pengemudi berharap mobil mereka mampu berjalan dengan lancar dan stabil di berbagai medan bukannya kehilangan tenaga. Sesungguhnya, ada banyak faktor yang menyebabkan mobil tidak bertenaga. Pertama, karena kualitas bahan bakar yang kurang bagus. Penyebab kedua bisa jadi karena adanya kotoran pada filter bahan bakar atau karena alasan lainnya.

Inilah Tips Mengatasi Mobil Tidak Bertenaga

Mobil tak bertenaga membuat momentum mengemudi Anda menjadi kurang menyenangkan terutama jika terjadi pada area yang sulit seperti tanjakan. Supaya kondisi tersebut tidak menimpa Anda, atasi mobil tak bertenaga dengan beberapa tips berikut ini:

1. Biasakan Memanaskan Mobil Sebelum Mengendarainya

Konstruksi mobil mungkin tidak sama seperti tubuh manusia tapi di beberapa aspek ada sejumlah kesamaan yang tak bisa dihindari contohnya pemanasan. Pemanasan perlu dilakukan ketika kita berolahraga agar otot tidak terkejut atau cedera parah.

Sementara itu, memanaskan mobil sebelum mengendarainya bermanfaat untuk mencegah mobil dari kejutan.  Kinerja mesin mobil juga menjadi lebih maksimal jika mobil dikendarai usai dipanaskan terlebih dahulu. Dan yang paling penting, Anda tidak lagi menaglami mobil tidak bertenaga ketika mengemudikannya.

2. Bersihkan Filter Udara secara Teratur

Alasan utama mobil tak bertenaga ketika di tanjakan adalah kondisi filter udara yang tersumbat karena kotoran. Semua debu dan kotoran yang semakin menumpuk juga perlahan-lahan membuat mesin mobil menjadi rusak.

Solusi mengatasinya sangat mudah yakni dengan melakukan pembersihan rutin pada filter udara atau komponen mobil lainnya. Anda yang memahami dengan baik komponen-komponen mesin mobil bisa membersihkan filter udara seorang diri. Tapi jika tidak mampu melakukannya, mintalah bantuan profesional.

3. Rawat Busi agar Tidak Aus

Setiap komponen mesin mobil memiliki manfaat dan fungsi tersendiri termasuk busi. Busi yang kurang dirawat akan mudah sekali rusak atau aus. Jika dibiarkan berlarut-larut, mobil akan kehilangan tenaga terutama untuk melintasi tanjakan yang curam.

Cara termudah mengetahui kondisi busi adalah dengan melakukan maintenance secara berkala. Dari perawatan yang dilakukan, Anda akan mengetahui kondisi terkini dari mesin mobil. Apakah hanya bagian businya saja yang aus atau justru ada komponen lainnya yang juga perlu diperbaiki atau diganti.

4. Lakukan Service Berkala/ Tune-up

Service berkala atau tune-up membantu merawat berbagai komponen mesin mobil dari kerusakan. Anda tidak hanya mengetahui kondisi terkini busi atau filter udara, tapi juga memahami seluruh komponen dalam mobil.

Bedanya, service berkala atau tune-up hanya bisa dilakukan di tempat service. Ada teknisi profesional dan ahli yang bertanggung jawab untuk melakukan perawatan tersebut. Semakin rajin dirawat atau tune-up semakin kecil pula resiko mobil mengalami gejala tak bertenaga.

Kecelakaan di tanjakan curam seringkali memakan banyak korban dan salah satu penyebabnya adalah mobil tidak bertenaga. Hindari kondisi error tersebut dengan senantiasa menjaga dan merawat kesehatan mobil. Jika mobil sudah terawat dengan baik, Anda bisa mendaftarkan mobil untuk memperoleh car insurance, seperti yang bisa Anda lihat pada link berikut https://www.msigonline.co.id/motor-vehicle-insurance.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.